Wilayah Pulau Kecil dan Paling luar Mempunyai potensi Jadi Objek Rekreasi

Pulau Elok Dekat Bali

Pulau Kecil ya Kementerian Dusun, Pembangunan Wilayah Ketinggalan dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melangsungkan rapat koordinir, publikasi, dan pengaturan program peningkatan wilayah pulau kecil dan paling luar pada Senin (25/2) di Makasar, Sulawesi Selatan.

Dalam rapat koordinasi, Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Anwar Sanusi mengungkapkan jika Indonesia sebagai sepotong tanah surga yang di turunkan Tuhan dari muka bumi ini berpotensi besar sekali. Tetapi, dalam rencananya masih partial dan belum terpadu.

1. Dibutuhkan masterplan atau gagasan induk

Pada proses pengaturan rencana yang terpadu dibutuhkan masterplan atau gagasan induk yang menggambarkan peningkatan pulau kecil dan paling luar yang berbasiskan dari bawah dan sesuai keperluan.

“Kita perlu mengikutsertakan swasta dan beberapa pebisnis supaya lebih mengakselerasi peningkatan di daerah-daerah ini,” ucapnya.

baca : Harus Didatangi, 6 Museum Unik Ini Hanya Berada di Pulau Jeju

2. Wilayah 3T sebagai nawacita perhatian khusus dari pemerintah

Direktur Jenderal Peningkatan Wilayah Tertentu (Dirjen PDTu) Aisyah Gamawati menjelaskan jika status wilayah paling depan, paling kecil dan paling luar (3T) seperti disebut dalam nawacita jadi perhatian khusus dari pemerintah.

“Tidak saja cuman lewat pendekataan keamanan tetapi perlu memerhatikan pendekatan kesejahteraan, di mana wilayah 3T sebagai teras depan NKRI yang bersebelahan langsung dengan negara lain” tutur Aisyah.

baca : Melihat Cantiknya Pulau-Pulau Kecil di Belitung

3. Meningkatkan dusun rekreasi dan memberi 4 unit kapal

Untuk tahun ini, unit kerjanya akan meningkatkan fasilitas dan prasarana dusun rekreasi di 8 kabupaten dan memberi 4 unit kapal yaitu kapal penumpang atau kapal barang. Disamping itu, memberi pengadaan fasilitas air bersih untuk warga di pulau kecil dan paling luar, peningkatan produk rumput laut, gula kelapa dan sumber daya garam.

“Menyambung apa yang disebutkan oleh Sekjen, kekuatan Indonesia besar sekali, apa lagi beberapa daerah ini simpan kekuatan kekayaan pariwisata yang bagus sekali, oleh karena itu semenjak 2015 lalu peningkatan dusun rekreasi telah kita kerjakan secara menggamit Kementerian Pariwisata” ucapnya.