Dunia Bisnis

Informasi

Wajib Dicatat! 4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir

Si kecil yang baru saja dilahirkan di dunia, memiliki tubuh yang sangat lemah dan masih sangat rentan sehingga harus ditangani dengan hati hati. Bahkan jika terjadi suatu kelalaian sedikitpun itu, bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Karena hal inilah, anda perlu melakukan tips perawatan bayi dengan baik serta memperhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan berikut.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Si Kecil yang Baru Lahir

1. Menggoyangkan Badan Si Kecil dengan Keras

Salah satu hal yang menjadi pantangan untuk dilakukan pada si kecil yakni menggoyangkan badannya dengan keras. Hal ini kerap dilakukan oleh banyak orang tua yang mana menggoyang goyangkan anaknya untuk menenangkan dan menghentikan tangisan mereka. Tapi apakah anda tahu, bahwa menggoyangkan badan si kecil yang baru lahir ternyata berdampak sangat berbahaya.

Pasalnya, menggoyangkan badannya bisa menyebabkan pendarahan di otak dan mengakibatkan kematian. Serta menyebabkan shaken baby syndrome karena organ dalam yang rapuh bisa rusak. Bila ingin membangunkan dari tidurnya, jangan menggoyangnya. Sebagai gantinya, anda bisa melakukan tips perawatan bayi baru lahir yakni dengan menggelitik kaki atau meniup lembut pipinya.

2. Menghentikan Menyusui dengan Cepat

Ada kalanya si kecil yang sedang menyusui tidak ingin terlepas dari puting payudara ibunya. Biasanya hal ini lantaran, mereka merasa nyaman dan ingin terus menghisap ASI. Anda bisa melepaskannya secara perlahan. Hindari menghentikan menyusui lebih awal atau secara cepat, karena bisa menyebabkan malnutrisi dan gangguan pencernaan bagi si kecil.

3. Memberikan Susu Sapi pada Si Kecil

Menurut sebuah kanal yakni Hello Motherhood, menjelaskan untuk menghindari pemberian susu sapi untuk bayi yang baru lahir atau kurang dari 12 bulan. Bukan hanya sekedar susu sapi saja, ada beberapa produk susu lainnya yang tidak boleh diminum yakni susu rendah lemak, almond, kedelai, ataupun beras. Si kecil hanya boleh minum susu yang berasal dari ibunya.

Atau memberikan susu formula yang telah disetujui oleh FDA ASI. Meski tidak selengkap ASI, susu formula diyakini menyediakan vitamin dan mineral penting untuk perkembangan si kecil. Hanya saja, anda perlu memastikan bahwa puting atau botol yang digunakan harus bersih. Upayakan menggunakan air steril ketika menyiapkan susu formula untuk bayi.

4. Menengkurapkan Bayi

Hindari membaringkan si kecil yang baru lahir di atas perut atau sisi tubuh mereka, karena akan menghalangi saluran udara dan menyebabkan komplikasi kesehatan yang fatal. Yang mana komplikasi kesehatan tersebut dikenal dengan istilah sudden infant death syndrome (SIDS) atau sindrom kematian bayi mendadak. Jadi lebih baik memperhatikan tips perawatan bayi dengan benar.

Agar si kecil bisa berkembang dengan baik, beberapa pantangan atau hal yang harus dihindari perlu diperhatikan. Dengan begini, anda bisa menjalankan tugas sebagai orang tua. Jangan khawatir jika merasa kewalahan, karena produk dari Mitu Baby Care dihadirkan untuk membantu dalam proses perawatan si kecil karena telah dirancang khusus demi kenyamanannya.