Dunia Bisnis

Tips sukses memulai usaha sampingan modal kecil
Bisnis

Tips sukses memulai usaha sampingan modal kecil

Sekarang ini mencari kerja sangatlah susah, apalagi jika anda sudah memasuki usia kepala 3 maka rasanya mendaftar mencari kerja tidak ada yang menerima karena umumnya perusaahaan akan mencari pekerja dengan batas maksimal usia 25 tahun.

Kondisi ini tentu saja jangan membuat anda patah semangat, karena ada keluarga yang harus anda nafkahi setiap hari. Maka dari itu cobalah memulai usaha sampingan cari yang modalnya kecil saja cocok untuk pemula.

Beberapa tips sukses dalam menjalankan usaha sampingan ini akan coba kami bahas siapa tau sangat berguna bagi anda yuk simak apa saja tipsnya.

  • Memilih jenis usaha

Yang harus anda lakukan pertama kali adalah menentukan mau usaha apa. Dalam kasus ini yang modalnya kecil banyak sekali mislakan usaha menjual gorengan di pinggir jalan, kemudian usaha jualan es di dekat fasilitas umum seperti pasar.

Usaha es ini memang sangat menguntungkan asalkan anda bisa membuat cita rasa yang menyegarkan dan tetap menjaga kebersihan packing anda. Misalkan saja menjual es buah di dekat pasar disana sudah jelas marektnya sangat banyak mulai dari pedangang, kemudian buruh panggul, tukang ojek, tukang becak yang semuanya kalau haus pasti membutuhkan minuman segar.

  • Strategi pemasaran

Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menarik pelanggan. Kita lanjut dalam bahasan usaha jualan es tadi. Misalkan anda menawarkan jasa antar ke pembeli. Biasanya pedangan di pasar saking sibuknya melayani pembeli tidak bisa meninggalkan lapaknya.

Nah dalam kondisi ini anda tawarkan jasa mengantarkan es jualan anda ke mereka. Dengan cara ini anda akan bisa mendapatkan banyak pelanggan tetap.

Kemudian juga dari sisi rasa, usahakan pertahankan kualitas rasa dengan menggunakan bahan bahan yang berkualitas misalkan menggunakan gula pasir yang penuh dengan tidak menyampurnya dengan pemanis buatan.

Tidak masalah anda untung hanya sedikit mislakan untung 1000 rupiah per satu gelasnya. Kalau satu hari anda bisa menjual 50 gelas saja maka sudah dapat profit bersih 50 ribu perhari itupun anda jualan hanya dari jam 09 pagi sampai dengan jam 02 siang.

  • Manjemen hasil jualan

Ini yang terpenting yang harus anda pahami. Banyak sekali bisnis modal kecil yang sebenarnya memiliki profit besar namun karena kurangnya kepekaan terhadap bagaimana mengelola hasil jualan akhirnya untung hanya habis dan mutar saja tanpa ada tabungan yang tersisa.

Maka dari itu cara paling sederhana adalah anda memisahkan uang hasil jualan anda dengan uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari hari. Selanjutnya jangan cepat cepat menggunakan keuntungan anda untuk membeli barang yang tidak anda butuhkan.

Mulailah menata dengan cermat kelola keungan anda dengan baik dan rasakan manfaatnya ketika anda melakukan hal ini selama 3 bulan misalkan dengan cara yang konsisten.

  • Memutar untung jadi modal

Yang terakhir adalah tips sukses dalam usaha sampingan yang harus anda lakukan tetap melakukan pemutaran modal secara berkala.

Misalkan dalam 3 bulan anda sudah bisa mengahsilkan keuntungan bersih yang lumayan banyak katakanlah ada 10 juta bersih dari usaha jualan es ini. Maka saatnya anda mengembangkan usaha es ini dengan menyandingkan dengan kebutuhan apa yang kiranya banyak di cari pembeli anda.

Misalkan mereka minum es sambil ngemil, minum es sambil makan siang maka cobalah anda jualan jajajan kering, seperti lemper, tahu isi dan yang lainya bersamaan dengan jualan es dimana modal semua itu anda dapatkan dari usaha pertama anda.