Tips Saat Pemasangan Panel Surya

Sebelum memasang panel surya, terlebih dahulu tentukan jenis panel apa yang akan anda gunakan. Pilih jenis panel energi surya yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian simak hal yang wajib diketahui saat akan memasang panel energi surya. Pastikan Anda tidak salah memasang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pemasangan PLTS

  1. Pemilihan Lokasi Pemasangan Panel Energi Surya

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah lokasi pemasangan. Instalasi pemasangan panel energi surya sebaiknya diletakkan di atap rumah. Hal ini karena lokasi tersebut terkena paparan sinar matahari secara langsung daripada bagian yang lain.

Perlu dipastikan juga bahwa lokasi atap rumah atau atap bangunan tersebut tidak terkena bayangan dari pohon maupun bangunan-bangunan yang ada di sekitarnya. Hal ini karena jika ada bayangan yang menutupi, panel surya akan mengalami penurunan performa. Survey terlebih dahulu lokasi yang akan digunakan sebelum dijadikan tempat pemasangan panel energi surya.

Jika ada ada pohon yang mengganggu, Anda bisa memotongnya agar panel bisa berfungsi dengan baik. Pastikan juga tempat pemasangan panel aman dari benda lainnya, jangan sampai ada runtuhan benda atau bangunan yang menimpa panel energi surya Anda. Pastikan atap aman dan jauh dari benda yang dapat merusak sel surya.

 

  1. Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Agar PLTS dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, pastikan terlebih dahulu Anda membeli komponen-komponen PLTS yang berkualitas. Hal ini nantinya akan mempengaruhi performa panel energi surya tersebut, pilih kualitas yang baik agar panel energi surya bisa tahan lama.

Anda membutuhkan inverter dudukan panel di atap alat proteksi kelistrikan seperti circuit breaker dan kabel. Anda juga memerlukan peralatan pertukangan seperti bor listrik obeng dan kunci L. Panel surya ini dipasang di atap dengan menggunakan dudukan panel yang terbuat dari aluminium. Selanjutnya panel tersebut disambung secara seri.

Sambungan dari panel energi surya ini kemudian digabungkan dengan inverter di mana arus listrik searah (DC) yang dihasilkan bisa dikonversi menjadi arus listrik bolak-balik (AC). Inverter lalu dihubungkan dengan instalasi listrik rumah menggunakan kabel. Sebelum titik interkoneksi dengan kelistrikan rumah, terlebih dahulu dipasang alat proteksi circuit breaker.

Setelah semua tahapan pemasangan selesai dan instalasi dipastikan aman, selanjutnya akan dilakukan testing dan commissioning untuk memastikan sistem PLTS dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Setelah semua tahap berhasil, maka sistem PLTS sudah bisa digunakan untuk menghasilkan listrik yang bisa Anda manfaatkan.

Pastikan Anda memilih produk sel surya yang berkualitas dengan performa yang baik. SUN Energy menawarkan produk Panel Energi Surya/PLTS/Solar Panel yang terbaik. Hanya dengan DP 0%, Anda bisa langsung mendapat produknya. Selain itu, SUN Energy juga memberikan garansi kinerja 25 tahun kepada para pelanggan. Cek situs SUN Energy untuk lebih lengkapnya.