Dunia Bisnis

Informasi

Tips Memilih Pipa dan Rekomendasi Distributor Pipa di Jakarta

EELIC PIA-PVC4I PIPA PVC UKURAN 4 INCH 40 CM PIPA SALURAN AIR DAN COCOK  UNTUK KERAJINAN TANGAN | Shopee Indonesia

Apa itu pipa?

Pipa adalah benda yang berbentuk silinder yang memiliki lubang di tengahnya. Pipa ini terbuat dari baja, logam maupun bahan lainnya yang bermanfaat untuk mengalirkan fluida yang berbentuk cair, udara, atau gas. 

Selain itu, fluida sendiri memiliki temperatur serta tekanan yang berbeda-beda. Pada umumnya pipa ditentukan oleh nominalnya, sedangkan ‘Tube’ adalah salah satu jenis pipa berdasarkan diameter luarnya. 

Nah, sebelum membeli pipa untuk kebutuhan di rumah, maka sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu berbagai jenis pipa beserta keunggulan dan fungsinya. Dengan demikian, anda pun dapat menyesuaikan dengan mudah jenis pipa yang akan anda gunakan di rumah. 

Tips Memilih Pipa Air

  • Kenali Jenisnya

 

Secara garis besar, ada dua jenis pipa yang bisa anda gunakan. Yang pertama adalah pipa HDPE, dan yang kedua adalah pipa PVC. Yang mana, pipa HDPE memiliki tekstur yang lebih lentur dibandingkan PVC, sehingga anda pun bisa menggulungnya. Sedangkan, pipa PVC memiliki tekstur yang lebih keras dan kaku.

 

  • Sesuaikan Kekuatan Pipa Dengan Kebutuhan

 

Untuk mengetahui kualitas kekuatan sebuah pipa, anda bisa coba menekan bagian atas pipa hingga bersentuhan dengan bagian bawah pipa. Disana, pastikan apakah pipa tersebut elastis atau tidak. Semakin elastis, maka kualitas kekuatan pipa tersebut semakin bagus. 

 

  • Pilih Ukuran Sesuai Kebutuhan

 

Perlu anda ketahui bahwa setiap pipa tentunya memiliki ukurannya masing-masing. Normalnya ukuran sebuah pipa untuk kebutuhan rumah tangga adalah berkisar ½ hingga 1 1 ½ inci. Namun, bisa juga yang membutuhkan ukuran lebih dari itu. Pasalnya, ukuran pipa ini sangat tergantung pada ukuran rumah anda juga. 

 

  • Tentukan Fitting dan Jenis Perekat

 

Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan saat memilih pipa adalah fitting atau yang biasa disebut dengan penyambungan pipa. Untuk proses fitting dengan hasil yang terbaik, maka sebaiknya kedua jenia pipa mempunyai kriteria yang sama. 

 

Selain fitting, jenis perekat juga harus diperhatikan dengan baik. Secara garis besar, ada dua jenis perekat yang bisa digunakan. Yang pertama adalah lem khusus pipa, sedangkan yang kedua adalah solvent comment. 

 

  • Sesuaikan Saluran Pipa Dengan Kondisi Air

 

Kondisi atau suhu air yang melintasi pipa, tentunya berbeda-beda. Ada suhunya yang tinggi (panas), dan ada juga suhunya yang rendah (dingin). Nah, untuk memudahkan anda dalam menyesuaikan, pipa PVC menjadi pilihan yang tepat. Sebab, pipa jenis ini sangat tahan pada suhu tinggi maupun rendah.

Distributor Pipa di Jakarta

Untuk mendapatkan pipa anda bisa membelinya di distributor pipa terdekat. Berikut beberapa distributor pipa rucika di Jakarta