Dunia Bisnis

Uncategorized

Tips Memilih Kurma yang Baik dan Berkualitas

Kurma ataupun yang mempunyai nama ilmiah Phoenix dactylifera merupakan tumbuhan palma( Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya bisa dimakan. Meski tempat asalnya tidak dikenal sebab sudah semenjak lama dibudidayakan, mungkin tumbuhan ini berasal dari tanah dekat Teluk Persia. Pohonnya berdimensi lagi dengan besar dekat 15–25 meter, berkembang secara tunggal ataupun membentuk rumpun pada beberapa batang dari suatu sistem pangkal tunggal. Daunnya mempunyai panjang 3–5 meter, dengan duri pada tangkai daun, menyirip serta memiliki dekat 150 pucuk daun mud, daun mudanya berdimensi dengan panjang 30 centimeter serta lebar 2 centimeter. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6–10 meter.

Kurma dipercaya mempunyai nutrisi yang diperlukan oleh badan semacam karbohidrat, lemak, protein, air, vit C, dan mangan. Dalam tiap 100 gr buah kurma, tercantum tenaga sebesar 230 kcal, yang sangat sesuai buat disajikan selaku menu pembuka puasa.

Buah satu ini identik dengan bulan Ramadan. Tidak hanya lezat dimakan tanpa dimasak ataupun diolah lebih lanjut, biasanya buah kurma pula dicampurkan ke dalam sebagian menu masakan serta pula kerap diolah jadi minuman.

Sayangnya, tidak seluruh buah kurma yang dijual higienis serta serta layak buat disantap. Sebab terdapat pula buah kurma yang memiliki pasir serta penyimpanannya kurang baik sehingga telah terkontaminasi bermacam- macam kuman. Gimana metode memilah kurma yang bermutu. Berikut tipsnya.

Buah kurma merupakan kurma ajwa madinah tipe buah yang tahan lama ditaruh tanpa membutuhkan zat pengawet. Terlebih kurma yang sudah hadapi proses pengeringan. Sebab itu, kurma kering relatif nyaman disantap walaupun usianya telah berbulan- bulan.

Tetapi, bila Kamu membeli kurma dalam kemasan, tidak terdapat salahnya buat memerhatikan kemasannya. Jangan hingga Kamu memilah kurma dalam kemasan yang telah rusak ataupun terbuka. Cermat pula bertepatan pada kedaluwarsanya serta terdapatnya izin dari Kementerian Kesehatan. Karakteristik kurma yang telah kedaluwarsa merupakan tumbuhnya semacam jamur ataupun kapang pada bagian buah kurma itu.

Tidak hanya terdapatnya kapang, karakteristik lain kurma yang telah kedaluwarsa merupakan aromanya yang tidak fresh. Waspada bila Kamu membeli kurma curah tanpa kemasan sehingga kita tidak ketahui bertepatan pada kedaluwarsanya. Bau yang tidak nikmat berasal dari racun yang dikeluarkan oleh jamur.

Memilih kurma yang ukurannya besar. Bukan berarti buah kurma yang kecil itu tidak baik buat dimakan. Tetapi, buah kurma yang telah kecil umumnya telah lama mengering. Jadi, hendaknya Kamu memilah buah kurma yang besar.

Memilih buah kurma yang tidak lengket dikala dipegang. Kurma sesungguhnya tidak membutuhkan bonus apa juga buat buatnya manis. Sebagian orang dagang meningkatkan madu ataupun gula cair pada kulit kurma supaya terasa manis. Mereka pula bisa jadi meningkatkan gula ataupun madu buat menutupi rasa buah kurma yang telah tidak baik lagi kualitasnya. Jadi, kita wajib lebih teliti dalam membeli buah kurma.

Memilih kurma yang masih utuh kulit arinya. Kulit ari yang mengilat ini melindungi kesegaran kurma. Kulit ari yang terkelupas membolehkan serangga bersarang di dalamnya. Jamur juga dapat tumbuh tanpa nampak oleh mata. Bila membolehkan, seleksi kurma dengan batang yang masih utuh. Ini dipercaya bisa mempertahankan rasa manis buah kurma.

Memilih kurma yang bercorak cokelat, merah ataupun kekuningan. Kurma yang menghitam merupakan kurma yang telah lama dipanen serta dipasarkan. Kurma yang sudah menghitam merupakan kurma yang telah lama dipanen serta dipasarkan.