Dunia Bisnis

Uncategorized

Tips Memandikan Bayi dengan Aman dan Nyaman

Dot bayi – Untuk Anda yang punya bayi, urusan memandikan bayi memang bukan perkara mudah. Jika awalnya Anda mungkin takut memandikan bayi baru, namun seiring ia bertambah besar, ada saja masalah yang harus dihadapi saat ingin memandikan bayi, mulai dari menangis hingga mengamuk.

Nah, kali ini The Asian Parent akan berbagi informasi seputar tips memandikan bayi yang benar agar mereka mau menurut dan menikmati kegiatan membersihkan badan ini sebagai kegiatan yang menyenangkan. Yuk dicoba.

1. Pilih Waktu yang Tepat
Pilih waktu mandi di mana bayi sedang merasa gerah atau kepanasan, misalnya sepulang bermain dari luar rumah. Setelah itu, Anda sebaiknya menjadwalkan mandi sebagai kegiatan rutin pada jam tertentu setiap harinya agar ia terbiasa.

2. Ajak Bayi Mandi Bersama Mainannya
Ketakutan bayi dengan kegiatan mandi kadang didasari oleh rasa takut. Oleh karena itu, Andas bisa mengajak bayi untuk membawa mainannya saat mandi. Ajak pula bayi bernyanyi lagu ceria yang ia sukai.

3. Bermain Air sebelum Mandi
Jika bayi Anda sudah bisa duduk dengan baik, Anda bisa mengajaknya untuk bermain air agar ia tidak takut lagi dengan kegiatan mandi. Pangku bayi atau dudukkan ia di depan baskom air untuk bisa mengenali air dan bermain dengannya terlebih dahulu. Ajarkan ia untuk menepuk air atau bermain dengan cara lain agar ia menjadi bersemangat dan senang mandi.

4. Tidak Memaksa Bayi untuk Mandi
Untuk pertama kali, gunakan lap basah untuk membersihkan tubuh bayi. dengan cara seperti ini, bayi mulai belajar mengenali mandi sebagai kegiatan untuk membersihkan diri.
Setelah ia terbiasa dengan cara ini, Anda bisa mulai untuk memandikan bayi dengan bak mandi khusus bayi dengan air yang sedikit.

5. Mandikan dengan Volume Air yang Sedikit untuk Permulaan
Menggunakan air yang terlalu banyak saat mandi bisa memicu ketakutan bayi. Cobalah untuk mengisi bak mandi bayi dengan tinggi air maksimum 5 cm saja, atau paling tidak jangan sampai menyentuh telinganya saat ia berendam di dalamnya.