Tips Lulus Dengan Predikat Cumlaude!

Tips Lulus Dengan Predikat Cumlaude!

 

Cumlaude merupakan istilah yang diberikan kepada mahasiswa yang lulus dengan nilai yang bagus, cumlaude itu semacam predikat istimewa atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa semasa kuliah.

Cumlaude berasal dari bahasa Latin yaitu Cum Laude yang artinya dengan pujian.  Artinya mahasiswa yang lulus dengan status cumlaude adalah mahasiswa yang mendapatkan pujian karena nilai akademik yang diraihnya tinggi dan bagus. 

Jenis-Jenis Cumlaude

Predikat Cumlaude

Seseorang dapat dikatakan cumlaude jika nilai IPK yang diraih berada pada kisaran 3,51 hingga 3,79. Selain itu, tidak boleh ada mata kuliah yang mengulang dan lulus tepat waktu.

Magna Cumlaude

Selain cumlaude ternyata ada predikat yang lebih tinggi lagi yaitu magna cumlaude, Mereka yang lulus dengan nilai IPK 3,80 hingga 3,99 akan mendapatkan predikat magna cumlaude. Syarat lainnya serupa yakni tidak ada mata kuliah yang mengulang serta lulus dengan tahun yang telah ditetapkan.

Summa Cumlaude

Predikat kelulusan yang paling tertinggi adalah summa cumlaude, yaitu mereka yang lulus sempurna dengan IPK 4,00. Lulus dengan waktu yang ditentukan serta tidak ada mata kuliah yang mengulang. Summa cumlaude merupakan jenis predikat cumlaude terbaik yang menunjukkan kualitas kejeniusan seseorang.

Beberapa Cara Agar Bisa Lulus Dengan Predikat Cumlaude

 

Memaksimalkan Semua Mata Kuliah

Usahakan semua nilai mata kuliah minimal mendapat nilai B sejak semester pertama, Atur pikiran seolah-olah semua mata kuliah itu menyenangkan, tidak boleh diabaikan agar tidak ada nilai yang jatuh.

Perhatikan Waktu Kelulusan

Ingat bahwa salah satu syarat untuk memperoleh predikat cumlaude adalah waktu kelulusan, Jangan menyepelekan waktu yang tersedia, usahakan semua mata kuliah berhasil dilampaui.

Cara Belajar Inovatif

Cara belajar yang inovatif dapat membantu mahasiswa untuk mendapatkan nilai yang terbaik, seperti mencari referensi belajar yang lebih banyak dibandingkan teman yang lain, diskusi langsung dengan dosen, dan sebagainya.

Selektif Organisasi Kampus

Menjadi cumlaude memang bukan berarti harus absen dari semua organisasi kampus, tetapi pilihlah organisasi yang memang terbaik dan paling sesuai dengan diri sendiri.

Optimalkan Semua Mata Kuliah di Setiap Semester

Usahakan untuk selalu maksimal dalam memahami semua mata kuliah. Jangan hanya berfokus pada mata kuliah tertentu saja yang akhirnya menyebabkan mata kuliah yang lain nilainya jatuh.

Jangan Menunda Proposal dan Kelanjutannya

Biasakan diri untuk selalu segera menyelesaikan tugas-tugas kuliah, segera menyelesaikan proposal penelitian dan sebagainya. Ada beberapa mahasiswa dengan akademik yang bagus tetapi karena kurang fokus dengan target waktu akhirnya tidak bisa memperoleh predikat cumlaude.

Minta Saran Kepada Penasihat Akademik

Cobalah untuk meminta saran dan nasihat dari dosen pembimbing atau penasihat akademik di kampus. Dekat dengan pembimbing akademik dapat menguntungkan dalam hal akses informasi maupun kebutuhan akademik lainnya.

Berdoa

Teruslah berdoa agar selalu dimudahkan urusan selama masa kuliah. Berdoa agar ilmu yang diraih dapat bermanfaat baik itu dengan predikat cumlaude ataupun tidak.

 

Mengapa mahasiswa berlomba dalam mengejar predikat cumlaude? Karena keistimewaan bagi yang berhasil lulus dengan predikat ini cukup banyak seperti peluang untuk melanjutkan kuliah melalui jalur beasiswa sangat terbuka lebar, Apalagi bagi mereka yang ingin lanjut ke dunia kerja, ada banyak perusahaan yang siap menampung mahasiswa cumlaude sebagai pekerjanya.

Peluang lulus sebagai mahasiswa cumlaude memang sangat istimewa, tetapi jika seandainya tidak berhasil meraih predikat tersebut pun bukanlah suatu masalah. Karena pendidikan pada dasarnya adalah pembentukan karakter yang akan melekat pada diri seseorang. Nilai yang bagus diharapkan mampu memberikan nilai kebaikan pada pribadi seseorang.