Tips Jualan Online Sukses dan Makin Laris

Jualan on line menjadi salah satu solusi menambah uang di technology milenial sekarang ini. Tidak hanya lewat online save, jualan on-line bisa dilakukan di platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. Nah, kamu mau sukses bisnis on-line? Yuk, simak guidelines serta cara panduan jualan on line agar makin laris di artikel berikut ini.

Canggihnya teknologi ditambah mudahnya akses internet membuat transaksi on line semakin digemari. Salah satu yang menjadi trend saat ini adalah jual beli on line. Apalagi semenjak pandemi, transaksi on line nampaknya menjadi kewajiban dalam rangka mengurangi kegiatan di luar rumah.

Nah, buat kalian yang menjajal bisnis on-line baik skala besar maupun kecil, mending simak dulu tips serta panduannya melalui postingan kali ini.   

Panduan Sukses Jualan online 

Panduan jualan online kali ini berupa tempat jualan yang dianggap masih sangat berpotensi mencapai kesuksesan di tahun 2023 bahkan seterusnya.

Bagi Anda yang masih bingung ingin berjualan apa secara on-line, silahkan baca 20 ide peluang usaha menjanjikan.

Jika sudah dapat idenya, yuk simak gimana cara memulainya.

 

Jualan on line di marketplace

Langkah pertama  yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara jualan online di market, berikut ini kami berikan contoh jualan di beberapa market yang sangat populer saat ini. Tapi sebelum itu, ketahui dulu yuk apa itu markeptlace dan bedanya dengan ecommerce dan online store.

Jualan di Tokopedia

Pasti Anda sudah tau kan dengan Tokopedia, dimana penggunanya sudah tembus ninety juta. Ini merupakan angka yang fantastis.

Tepat rasanya jika Anda mulai membuka toko dan berjualan di platform raksasa yang satu ini, caranya cukup mudah dan selain itu gratis.

Sudah memiliki pelanggan yang banyak dan beberapa fitur pendukung jualan secara current, hal ini akan membuat jualan Anda di Tokopedia semakin laris.

Nah, beberapa hal yang harus di ketahui supaya jualan di Tokopedia makin sukses terutama bagi Anda yang baru saja ingin memulainya. Penasaran? Lanjut bacanya di sini ya.

Jualan di Lazada

Sama seperti halnya jualan di Tokopedia, jualan di Lazada juga merupakan langkah yang tepat untuk memulai bisnis on-line.

Siapkan produk atau jasa yang akan Anda jual, kemudian buat toko di Lazada. Dengan jumlah pengguna yang banyak akan sangat memungkinkan barang dagangan Anda laku terjual setiap harinya.

Ada baiknya gunakan beberapa strategi yang akan membuat produk jualan mudah ditemukan oleh calon pembeli di Lazada. Salah satunya buat tampilan semenarik mungkin dan gunakan berbagi fitur unggulan yang ada disediakan oleh Lazada untuk para penjual.

Hal ini akan menjadikan toko on line Anda selalu mendapatkan pembeli, bahkan bukan tidak mungkin akan mendapatkan penlanggan setia loh. Buat kalian yang tertarik bisnis online di Lazada, simak Panduan Sukses Jualan di Lazada.

Jualan di Bukalapak

Selain jualan di Tokopedia dan Lazada, kami sarankan juga mulailah bisnis Anda dengan berjualan di Bukalapak.

Kenapa? Yah, jelasnya semakin banyak membuka toko maka peluang produk terjual akan semakin banyak. Itu sih logikanya,

Apalagi mengingat bahwa Bukalapak juga merupakan market besar yang terbai dengan urutan ke-three khususnya di Indonesia.

Bebagai macam suggestions jualan on line di Bukalapak supaya barang dagangan cepat laku harus Anda gunakan. Yah, walaupun seperti yang kita tau bahwa Bikalapak selalu ramai pengunjung setiap bulannya.

Apalagi jiga ada hari-hari besar, pasti banyak sekali para calon pembeli berdatangan karena Bukalapak memberikan diskon maupun promo besar-besaran untuk para penggunanya.

Hal ii sama dengan market lainnya juga yang selalu tidak mau kalah saing dalam memberikan pelayanan dan menarik perhatian para penggunanya.

Nah, jika Anda berminat silahkan mulai buka toko di Bukalapak. Silakan baca Panduan Sukses Jualan di Bukalapak untuk Pemula [Lengkap].

Jualan di Shopee

Walau terbilang baru, marketplace yang satu ini sangat pesat pertumbuhannya. Samapi-sampai sanggup menyetaria bahkan lebih unnggul dari para pendahulunya.

Berjuata-juta barang terjual dengan cepat di Shopee sehingga para vendor kebanjiaran orderan setiap harinya dan tidak hanya itu berbagai macam promo menarik juga didapatkan oleh para pembeli di Shopee.

Seperti halnya diakhir tahun, pasti ada penawaran menarik yang diberikan Shopee untuk para pelannggannya. Sangking banyaknya pengguna Shopee samapai-sampai menduduki peringkat satu sebagai marketplace terpopuler di Indonesia loh.

Maka dari itu, tidak salah jika Anda memutuskan untuk membuka toko di Shopee lalu mulai berjualan on-line. Upload produk terbaik dan dapatkan orderan pertama dengan mudah. Lanjut Baca: Panduan Sukses Jualan di Shopee untuk Pemula [Lengkap].

Jualan on line di Sosial Media

Anda termasuk pengguna sosial media yang aktif bukan?

Jika iya, mafaatkan sosial media sebagai lahan Anda untuk menjajakan barang dagangan. Daripada kepoin akun orang lain yang gak jelas. Mending buat bisnis on-line, iya kan..

Suda banyak kok zaman sekarang orang yang sukses jualan on line hanya di sosial media saja, fb dan Instagram misalnya.

Ini  enjadi gambaran jika berjualan di sosmed itu sangat bisa laku keras. Itupun karena pengguna akun sosmed telah mendunia.

Nah, gimana sih caranya jualan di sosmed fb dan Instagram supaya laris?

Jualan di fb

Terdapat banyak sekali cara yang digunakan untuk berjualan di fb, mulai dari berjualan di laman profil facebook pribadi, group jual beli hingga menggunakan yang namnya facebook ads.

Demi meningkatkan penjualan, banyak strategi yang digunakan dalam berjualan di facebook, mulai buat Copywriting yang menjual, foto atau video yang menarik hingga menggunakan iklan fb.

Ternyata banyak juga kok yang berhasil bahkan terbilang sukses dengan hasil penjualan mencapai jutaan hingga ratusan juta dan ada juga loh yang mendapatkan penghasilan milyaran dalam satu hari. Coba liat, gila gak tuh mendapat penghasilan segitu hanya dengan facebook saja.

Nah jika Anda berminat untuk memulai jualan di facebook untuk saat ini hingga seterusnya masih sangat memungkinkan kok. Tenang saja, Anda tidak bakalan ketinggalan untuk menjadi orang yang sukses jualan online berikutnya.

Jualan di Instagram

Sama halnya dengan berjualan di fb, jualan di Instagram lagi-lagi masih sangat menjadi peluang bisnis on-line yang menjanjikan untuk saat ini hingga kemasa yang akan datang.

Sering kali kita temui banyak orang yang menjajakan barang dagangannya di akun Instagram pribadi mereka. Bahakan sebagian pelaku bisnis tidak segan-segan untuk mengeluarkan sedikit modal untuk promosi melaui influencer yang memiliki follower yang banyak.

Oh iya, untuk mendukung dan memajukan jualan on line di Instagram. Pihak Instagram sampai-sampai meluncurkan fitur Instagram purchasing yang dapat digunakan untuk jualan di Intagram.

Tidak hanya itu, Instagram juga memiliki layanan pemasang iklan yang dikenal dengan Instagram commercials. Dimana telah terbukti banyak pelaku usaha bisnis online yang menggunakannya dan hasilnya pun memuaskan sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, silahkan coba memanfaat akun Instagram Anda untuk memulai bisnis on-line. Info lebih lengkap, simak artikel Cara Jualan di Instagram untuk Pemula agar Laris Manis.

Tips Memulai Jualan online

Jika Anda ingin pintar jualan on line, tidak kalah pentingnya selain belajar dari pengalaman dengan cara terjun langsung berjualan online juga belajar dari situs-situs tempat belajar pintar jualan.

Banyak sekali di net yang memberikan cara bisnis on line yang bisa Anda jalankan, pastinya hal ini akan menambah wawasan terkait jualan on-line sehingga menjadi pintar jualan.

Tak heran, kebanyakan orang yang sukses selalu terus belajar tanpa mengenal lelah dan bosan demi mencapai sebuah impinannya. Tertarik? Lanjut baca suggestions Pintar Jualan on-line Dengan Singkat Cocok Bagi Pemula.

Silahkan baca dan gunakan beberapa guidelines berikut untuk kesuksesan bisnis on-line Anda.

 

1. Jualan online Perlu Persiapan yang Matang

Mempersiapkan perencanaan yang tepat akan berdampak baik pada awal bisnis on line Anda. Anda harus memikirkan dengan baik segala aspek mulai dari ide bisnis sampai sejauh mana kemampuan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut nantinya. Sebaiknya untuk hal ini anda menggunakan jasa digital marketing terbaik.

Anda dapat memulai bisnis dengan memanfaatkan keahlian yang Anda miliki, ataupun menjadi reseller apabila tidak memiliki keahlian khusus. Baca lebih lengkap tentang reseller dan dropship: Arti Reseller dan Dropship.

Jangan remehkan tips jualan online nomor satu ini, ya…

 

2. Menentukan target Pasar

Recommendations jualan online kedua yaitu buatlah goal pasar se-spesifik mungkin! Target pasar disesuaikan dengan produk yang Anda jual.

Misalnya Anda menjual hadiah wisuda, maka goal pasar Anda adalah seluruh pelajar dan mahasiswa yang berada di kota tersebut. Penting untuk menentukan goal pasar agar jualan Anda tepat sasaran.

 

3. Memetakan Kompetitor

Dalam setiap bisnis pasti ada saingan dan ancaman. Namun berita baiknya setiap bisnis memiliki potensi masing-masing. Maka setiap bisnis pasti mempunyai kekuatan dan kesempatan yang berbeda-beda.

Cara jualan on line salah satunya yaitu tetap menganalisis saingan dan ancaman, baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Bagaimana cara menganalisisnya? Anda dapat melakukan riset dan membuat tabel SWOT. Anda pernah mendengar tabel SWOT?

SWOT merupakan kepanjangan dari Strengths (Kekuatan), Weaknesses (kelemahan), possibilities (Peluang), dan Threats (Ancaman). 

Produk yang bagus saja tidak cukup untuk meraih pendapatan yang besar. Namun dengan memetakan kelebihan dan kekurangan bisnis Anda seperti tabel di atas, maka akan lebih mudah dalam menjaga keberlangsungan bisnis on line Anda.

Social Media untuk Jualan online

Tidak dapat dipungkiri peran social media saat ini terasa begitu besar dampaknya bagi pebisnis online. Apabila Anda baru memulai bisnis on-line dan masih dalam skala kecil, sebaiknya Anda menggunakan social media terlebih dahulu. Setelah bisnis Anda mulai berkembang atau sudah skala besar, baru Anda membuat internet site sendiri.

Manfaatkan social media secara maksimal untuk menggaet pembeli. Terdapat three poin penting yang harus ada di social media bisnis online Anda, yang dapat kita singkat dengan MPT (Manfaat, Perbedaan, believe).

Manfaat

Anda harus dapat mendeskripsikan dengan lugas apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh pembeli apabila mereka membeli produk Anda.

Perbedaan

Anda juga harus mendeskripsikan perbedaan mencolok yang membedakan produk Anda dengan produk sejenis lainnya.

Agree with (Kepercayaan)

Dan yang terakhir yaitu poin ‘accept as true with’ bertujuan untuk mengkomunikasikan bagaimana agar orang-orang percaya akan kelebihan-kelebihan produk Anda. Tampilkan testimoni guna meningkatkan agree with (kepercayaan) konsumen/pembeli.

Nah, Anda bisa memanfaatkan dua social media yaitu facebook dan Instagram untuk berjualan. Dengan ikuti beberapa tipsnya yang akan disampaikan di bawah ini:

Sukses Jualan di facebook

Ingin jualan Anda di fb ramai pembeli, setidaknya Anda harus mempelajari kebutuhan dari audiens.

Nah, jualah produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan goal audiens Anda, dengan demikian jualan yang sedang berjalan pasti mendapatkan pembeli.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan, diantaranya:

Memiliki banyak teman fb dengan cara add friend

Kemudian memancing calon pembeli untuk membeli produk atau jasa jualan.

Begitu pula dengan berjualan di Instagram, ada kiat-kiat sukses jualan on-line di Instagram yang harus Anda lakukan.

Jumlah follower ternyata juga mempengaruhi penjualan produk Anda di Instagram loh. Jadi, mau tidak mau harus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan jumlah fans ya.

Sajikan foto yang berkualitas dan yang menarik. Jelas ini sangat berpengaruh terhadap penjualan Anda di Instagram. Karena dari foto yang di add akan menujukan tingat profesionalan bisnis Anda.

Bangun kedekatan dengan fans. Hal ini harus Anda lakukan jika perlu selamanya. Karena kedekatan Anda dengan fans akan menunjukan pelayanan yang Anda berikan itu sangat baik. Simak info selengkapnya di sini.

 

Mengirimkan electronic mail advertising

Tahukah Anda, promosi melalui electronic mail advertising and marketing terbukti 40 kali lebih efektif daripada promosi lewat social media fb dan Twitter dalam mendapatkan pelanggan baru. Untuk penjelasan dan suggestions-guidelines lebih element tentang email advertising, silakan baca arti e-mail advertising dan beberapa manfaanya.

 

Trik Jualan laris: Promosi Menarik

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan promosi jualan on line di zaman sekarang. Beberapa di antaranya yaitu:

 

Mengadakan giveaway

Menawarkan cashback

Memberikan gratis ongkos kirim

Memberikan potongan ongkos kirim

Memberikan diskon di hari-hari besar, dan lain sebagainya.

Itulah panduan jualan on line yang bisa kamu terapkan baik melalui market, Sosial Media, dan mengirimkan electronic mail advertising berikut suggestions serta caranya.

Lantas, menurut kamu platform mana yang cocok untuk jualan on line? Platform apa saja yang kamu pilih sama bagusnya. Asal tetap dilakukan dengan sabar dan kerja keras yang maksimal.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini, jika terdapat dari bagian penjelasan di atas yang belum jelas silahkan tanyakan langsung melalui kolom komentar di bawah ini ya.

 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…