Dunia Bisnis

sport

Tiga Tentang Macan kemayoran Info

Jadwal Persija Hari Ini: Macan Kemayoran Terkam Persib Bandung

Dilansir dari berita sepak bola indonesia, Macan Kemayoran merupakan panggilan dari persija atau Sepak Bola Indonesia Jakarta yang merupakan klub sepak bola Indonesia yang berasal dari Jakarta dan didirikan pada 28 November 1928.

  1. Sejajrah penamaan

Di dalam cerita rakyat terdapat 2 versi umum yang berkembang mengenai asal usul penamaan Macan Kemayoran seperti yang dikutip dari berita bola indonesia. Cerita yang pertama adalah cerita dari kisah seorang pemuda yang berasal dari Batavia bernama Murtado. Cerita tentang Murtado ini ada di dalam buku berjudul ‘Cerita Rakyat dari Sabang Sampai Merauke’ yang diterbitkan oleh  Pustaka Widyatama, dalam buku diceritakan bahwa pada zaman kolonial dulu terdapat seorang pemuda pemberani dan juga jago bela diri yakni bernama Murtado. Jika di kampung tempat tinggalnya terjadi kejahatan, yaitu di  Kemayoran, dia sering membela dan melawan sebagai jagoan yang mampu melumpuhkan para penjahat.  Penduduk di kampung tempatnya tinggal itu atau di Kemayoran pun menjulukki Murtado dengan sebutan Macan Kemayoran. Inipun yang menginspirasi julukkan untuk klub Persija, tim kebanggaan dari ibu kota.

  1. Latihan

Menurut Bola Nusantara, Persija Jakarta memberikan waktu libur kepada seluruh pemain selama beberapa hari. Para pemain diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, untuk refreshing atau menghilangkan kejenuhan. Pada hari Senin (26/10/2020), Macan Kemayoran tidak lagi menggelar latihan dan selama empat setelahnya, seluruh pemain dipersilakan untuk berlatih secara mandiri atau individu. Manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, mengungkapkan kalau program latihan ini sudah pernah dilakukan ketika PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Jakarta beberapa bulan lalu. Ia percaya bahwa semua pemain Persija Jakarta akan tetap berlatih serius meski tidak dilakukan secara bersama.

  1. Pesan untuk supporter

Marc Klok selaku pemain gelandang Persija Jakarta mengirimkan surat kepada seluruh suporter Persija atau biasa disebut Jakmania yang berisi pesan motivasi. Marck Klok mengajak semua pendukung persijaj agar tetap bersemangat, ia menulis surat tersebut setelah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sepakat menunda Shopee Liga 1 tahun ini hingga awal 2021.