Tes Kecepatan Internet dari HP

6 Cara Tes Kecepatan Internet dari PC dan HP dengan Akurat | Indozone.id
source gambar : Indozone.id

Untuk mengecek atau mengetes kecepatan internet, kita dapat melakukannya melalui HP. Tes kecepatan internet ini sangat penting karena dapat melancarkan aktivitas dan menyaman kita di dunia maya.

Apalagi saat sekolah atau kuliah online, di mana koneksi internet sangat mempengaruhi kelancaran dalam proses belajar. Nah, untuk melakukan tes kecepatan dari HP kita dapat melakukan beberapa cara melalui aplikasi-aplikasi antara lain:

  1. Speddtes by Ookla

Cara pertama yaitu kita dapat menggunakan aplikasi Speedtest buatan Ookla. Aplikasi tersedia untuk hampir semua sistem baik itu Android, iOS, Windows hingga Mac.

Tidak perlu khawatir akan biaya penggunaannya karena aplikasi ini telah tersedia secar gratis. Namun jika kamu ingin menggunakannya tanpa terhalang iklan, kamu harus membayar.

Di dalam aplikasi ini terdapat VPN bawaan dengan limit 2GB per bulannya. yang berfungsi untuk menunjukkan riwayat hasil tes pada aplikasi. Selain itu, VPN ini juga mampu memperlihatkan hasil peta jaringan seluler yang sehat dan baik.

  1. Meteor

Meteor adalah aplikasi unggulan yang mampu mengetes kecepatan internet yang sedang digunakan baik itu pada WiFi, jaringan 3G, 4G hingga 5G. Dengan menggunakan aplikasi ini, tes kecepatan internet dapat berlangsung dalam hitungan detik dan hasil yang ditampulkan juga sangat akurat.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat memperlihatkan secara detai seperti kecepatan mengunggah dan ping. Terdapat pula fitur ekstra yang ditawarkan di mana aplikasi seperti Chrome, Maps dan juga Youtube dapat berjalan secara maksimal pada jaringan internetmu.

  1. Speedtest Master

Aplikasi ketiga yaitu Speedtes Master di mana kamu bisa mengecek langsung kecepatan internet yang digunakan karena sudah tersedia pada halaman utama. Akan tetapi, untuk mengetes kecepatan internetmu harus melewati iklan terlebih dahulu.

Selain itu, aplikasi Speedtest Master ini juga mampu mendeteksi jaringan WiFi di sekitar serta mengetes kekuatan sinyalnya. Apabila kamu ingin mengetes tanpa batas dan bebas iklan maka kamu harus membeli dalam versi premiumnya.

  1. Internet Speed Test Meter

Aplikasi yang satu ini dapat memberikan informasi-informasi mengenai kecepatan mengunduh dan mengunggah dari jaringan internet yang digunakan. Terdapat fitur keunggulan yang dapat kamu peroleh seperti dilengkapi oleh UI sederhana dan mudah dinavigasikan, serta ada opsi mode gelab untuk mereka yang memerlukan.

Saat selesai mengetes, maka hasil tes tersebut tidak akan langsung hilang selamanya namun masih tersimpan dan dapat diluhat pada tab riwayat di aplikasinya. Sama halnya dengan aplikasi lainnya, untuk mengakses tanpa iklan dan tak terbatas, maka kamu harus merubahnya ke premium.

  1. Simple Speedcheck

Simple Speedcheck merupakan aplikasi tes kecepatan internet yang memiliki desain sederhana serta tanpa harus melawati banyak tahap untuk mengeceknya. Terdapat banyak fitur unggulan seperti ping monitor yang berfungsi untuk memantau ping serta mengetahui apabila terdapat masalah jaringan.

Selain itu, Simple Speedcheck juga memiliki fitur riwayat yang berguna untuk mengetahui hasil pengecekan yang telah dilakukan sebelumnya. namun untuk mengakses aplikasi ini kamu harus melewati iklan yang ada.

  1. WiFi Router Master

Aplikasi yang terakhir ini dikhususkan untuk kamu pengguna WiFi yang mengalami koneksi internet lemot. WiFi Router Master berfungsi untuk mengecek kecepatan internet, melihat siapa saja yang terhubung ke jaringan WiFi hingga kekuatan sinyal.

Pada aplikasi ini, kamu juga dapat mengakses riwayat pengecekan dan informasi tambahan dari jaringan internetmu. Sama halnya dengan aplikasi lain, kekurangan dari aplikasi ini juga terdapat pada iklan di mana kamu harus melewatinya untuk bisa mengakses.