Tempat Wisata Menarik & Instagramable di Kintamani Bali

Kintamani adalah sebuah lokasi kecamatan yang juga di dalam Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Tak kalah bersama lokasi lainnya, Kintamani juga punya kekuatan tarik wisata yang memukau. Kintamani dikenal akan pemandangan khas pegunungan yang begitu sejuk dan memanjakan mata. Ketika berada di Kintamani, Anda dijamin tak akan bosan dan amat terpesona melihat segera seperti keunikan lokasi yang terkenal bersama Gunung dan Danau Batur-nya yang instagramable tersebut.

Bukan cuma ditunjang alam yang rupawan dan bersahabat, Kintamani pun dilengkapi fasilitas akomodasi lengkap merasa dari penginapan sampai kuliner yang memicu kesibukan liburan Anda merasa makin lama menyenangkan. Nah, jikalau Anda memiliki rencana ke Bali di dalam kala dekat, pastikan untuk tak lupa berkunjung ke Kintamani. Berikut ini sejumlah tempat wisata menarik di kurang lebih Kintamani yang layak untuk dikunjungi.

 

Danau Batur

Saat berada di Kintamani, belum lengkap kecuali Anda tidak berkunjung ke Danau Batur. Danau ini disebut-sebut sebagai danau paling luas di Pulau Bali dengan ijen tour from bali. Danau Batur ada di lereng Gunung Batur, tepatnya di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Danau Batur begitu terkenal di kalangan para wisatawan sebab legenda dan sejarahnya yang menarik. Harga tiket masuk Danau Batur pun memadai murah, cuma Rp 15 ribuan saja per orang.

Saat berada di Kintamani, belum lengkap kecuali Anda tidak berkunjung ke Danau Batur. Danau ini disebut-sebut sebagai danau paling luas di Pulau Bali. Danau Batur ada di lereng Gunung Batur, tepatnya di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Danau Batur begitu terkenal di kalangan para wisatawan sebab legenda dan sejarahnya yang menarik. Harga tiket masuk Danau Batur pun memadai murah, cuma Rp 15 ribuan saja per orang.

Gunung Batur

Nah, kecuali udah ke Danau Batur, pastikan Anda juga menyempatkan diri berkunjung ke Gunung Batur. Gunung Batur merupakan salah satu gunung berapi di Bali yang statusnya tetap aktif dan menjadi gunung tertinggi ke dua di Bali sesudah Gunung Agung.

Gunung Batur kerap dijadikan tempat pendakian favorit wisatawan di dalam dan luar negeri sebab menawarkan sensasi pendakian yang berlainan dan juga punya keindahan alam yang begitu eksotis bersama hamparan bebatuan warna hitam bekas letusannya yang sepanjang sejarah udah terjadi sebanyak beberapa kali. Di Gunung Batur terkandung 3 kawah vulkanik, yaitu kawah Batur I, II, dan III. Kaldera yang luas di Gunung Batur lebih-lebih disebut-sebut sebagai salah satu kaldera paling besar dan terindah di dunia.

Pura Ulun Danu Batur

Pura satu ini terdapat di alamat Jalan Kintamani, Batur Selatan. Meskipun menjadi salah satu tempat beribadah umat Hindu di Bali, Pura Ulun Danu juga menjelma sebagai objek wisata yang menarik lantaran pura ini berdiri di tengah Danau Batur yang menawarkan pemandangan begitu elok dikala menjelang matahari terbenam.

Desa Penelokan

Desa Penelokan juga juga destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan. Letak desa ini yang berada di ketinggian 1.500 mtr. di atas permukaan laut (mdpl) menjadikan Desa Penelokan salah satu spot paling baik untuk melihat pemandangan alam Gunung Batur dan juga Danau Batur sembari nikmati sajian kuliner khas di sana.

Bukan cuma banyak restoran yang menawarkan menu makanan menggugah selera, pasangan yang baru saja menikah pun kerap mencari penginapan di lokasi Desa Penelokan yang dikenal romantis dan cocok dijadikan tempat bulan madu dengan sebutan lain honeymoon.

 

Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Toya Bungkah Hot Spring merupakan pemandian air panas yang sumber mata airnya berasal dari Gunung Batur. Pemandian Air Panas Toya Bungkah berlokasi di Desa Pekraman Batur, Toya Bungkah, Kabupaten Bangli, Bali. Suhu air di Pemandian Air Panas Toya Bungkah menggapai 50 derajat celsius di pinggir danau. Setidaknya ada 4 style kolam yang dihidangkan di Pemandian Air Panas Toya Bungkah, antara lain kolam untuk anak-anak, kolam natural therapy, kolam floating sunburn, dan kolam renang Toya Bungkah.

Kolam air panas di Toya Bungkah bukan sekadar nyaman untuk dijadikan berendam, tetapi airnya juga dipercaya berkhasiat membuat sembuh beragam macam penyakit kulit, beri kesegaran tubuh, sampai meremajakan kulit. Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Toya Bungkah untuk warga bersama KTP Bali dibanderol Rp 30 ribu (anak-anak) atau Rp 60 ribu (dewasa). Sedangkan pengunjung dari luar Bali dikenai tarif tiket Rp 100 ribu per orang atau Rp 150 ribu untuk turis asing.

Dari faktor fasilitas yang ada di Pemandian Air Panas Toya Bungkah pun memadai lengkap. Anda bisa menemukan restoran untuk mengisi perut, pool bar, loker untuk menaruh barang-barang bawaan Anda, ruang ganti, toilet untuk membilas diri, dan tempat parkir kendaraan yang memadai luas bagi Anda yang mempunyai kendaraan pribadi.

 

Desa Kuno Trunyan

Sebagian dari Anda barangkali udah dulu mendengar seperti apa keunikan rutinitas yang ada di Desa Trunyan. Desa tradisional ini amat menghargai tinggi rutinitas para leluhur, di mana orang-orang yang mati di sana bukan dikubur atau dibakar (ngaben), melainkan dibaringkan di bawah sebuah pohon keramat berusia ribuan tahun.

Uniknya, meskipun mayatnya cuma dibiarkan begitu saja di bawah pohon, tempat pekuburan di Desa Terunyan mirip sekali tidak mengeluarkan bau busuk seperti mayat pada umumnya. Hal ini dipercaya sebab dampak dari Pohon Taru Menyan yang mengeluarkan aroma wangi dan menghindar jenazah-jenazah di sana mengeluarkan bau busuk.

 

Museum Vulkanologi Kintamani

Apabila Anda juga orang yang punya kemauan belajar tinggi dan menyukai wisata edukasi, bisa coba berkunjung ke Museum Vulkanologi Kintamani. Di museum seluas 1,09 hektare ini Anda bisa berwisata sekaligus mempelajari segala perihal mengenai pegunungan, khususnya gunung berapi.

Selain tempat-tempat yang udah disebutkan di atas, tetap banyak objek wisata menarik lainnya di kurang lebih Kintamani seperti Lembah Bukit Kedisan, Penangkaran Kopi Luwak, Tur Pertanian Organik, Pura Puncak Penulisan, Air Terjun Dusun Kuning, dan sebagainya.