TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PADA FOTOGRAFI

TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PADA FOTOGRAFI ada bermacam-macam. Dengan berbagai teknik dasar fotografi ini kita bisa menghasilkan gambar dengan cerita yang unik dengan foto lainnya. Kekutan dari teknik fotografi ini juga secara alami akan menghasilkan komposisi foto yang pada akhirnya memberikan value pada foto itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa teknik dasar fotografi yang di rangkum dari berbagai sumber:

1.    Extreme Long Shot

Dikenal juga sebagai extra long shot yaitu teknik pengambilan gambar mencakup area yang sangat luas dengan maksud untuk mengikut sertakan elemen disekitar subyek utama kedalam frame

2.    Long shot

Pada teknik ini pengambilan gambar hanya menggunakan area yang cukup/pas untuk memperlihatkan seluruh tubuh subjek tanpa terpotong oleh frame. Teknik ini hanya mensorot dan memprioritaskan subjek utama dan bermaksud untuk menonjolkan subjek dengan ekspresi dan interaksinya tanpa ada bagian tubuh yang terpotong.

3.    Medium long shot

Teknik ini memiliki tujuan yang sama dengan teknik long shot. Hanya saja pada teknik ini batas pengambilan gambar dimulai dari bawah lutut kaki sampai ke atas kepada. Ruang yang diambil tentunya lebih sempit dari teknik long shot.

4.    Medium shot

Pada teknik ini area pengambilan gambar sedikit lebih sempit dari teknik medium long shot di atas yaitu dimulai dari batas pinggang atau sedikit dibawahnya sampai keatas kepala. Tekniik ini bertujuan untuk menonjolkan lebih detail lagi bahasa tubuh dari ekspresi subjek.

5.    Close up

Teknik pengambilan gambar foto close up adalah dengan cara mengambil area yang jauh lebih sempit yaitu mulai di atas pinggang atau dibawah bahu sampai ke batas kepala. Tujuannya untuk menceritakan secara detal  ekspresi dan mimic dari wajah seseorang. Oleh sebab itu teknk pengamblan close up sering dgunakan untuk memotret orang yang seyum, menangis, merenung, dan yang lagi tred saat ini digunakan untuk menampilkan kerutan wajah seseorang agar  terlihat lebih dramatis.

6.    Big close up

teknik pengambilan gambar big close up ini akan mengambil area yang lebih sempit lagi dari teknik close up diatas. Batas area yaitu mulai dari leher atau bawah dagu sampai diatas dahi atau batas kepala. Pada dasarnya tujuan teknik ini sama dengan teknik close up, hanya saja menekankauntuk lebih mendetalkan ekspresi dan mimk wajah seseorang.

7.    Extreme close up

Sedangkan teknik in hanya mengekspos bagian tertentu saja pada wajah. Umumnya teknik ini digunakan untuk menampilkan bagian tertentu saja pada wajah. Umumnya teknik ini digunakan untuk menamplkan bagian yang dianggap menarik dari wajah seseorang seperti hanya menampilkan bagian mata, hidung atau bibir. Teknik ini juga digunakan untuk membuat gambar katalog atau iklan produk.

Demikianlah penjelasan singkat dari teknik pengambilan gambar dalam fotografi, semoga bermanfaat!