Dunia Bisnis

Informasi

Tari Tradisional Yang Berasal Dari Jawa Barat

Tari Tradisional Yang Berasal Dari Jawa Barat – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia, dengan ibukota Bandung kota ini memiliki banyak kekayaan mulai dari seni, budaya hingga pusat pariwisata bagi turis. Salah satu jenis kesenian yang menjadi ciri khas sekaligus identik dari dari Jawa Barat ialah tarian dan beberapa peninggalan bersejarah.

Contohnya adalah tarian jaipong, selain itu ada banyak seni rupa lainya yang menjadi salah satu iconik dan masih di lesetarikan hingga kini. Bahkan tarian di sini bukan hanya sebagai hiburan atau acara tertentu saja, namun sebagai bentuk memperkenalkan kepada masyarakat luas hingga ke manca negara.

Untuk itu patut berbangga kamu karena menjadi bangsa yang memiliki banyak sekali kesenian daerah.

Berikut beberapa kesenian tari Jawa Barat yang terkenal.

Tari Merak

Yang pertama ada Tari merak, sesuai namanya tarian satu ini terinspirasi dari seekor burung merak yang cantik dan indah. Tari ini bercerita tentang kehidupan seekor burung merak jantan yang dimiliki oleh sang merak betina.

Tari merak kerap kali di adakan pada sebuah acara pernikahan yang dibawakan untuk menyambut pengantin pria dan juga sebagai hiburan para tamu undangan. Busana yang di bawakan dari tari merak begitu cantik dimana para penari menggunakan kostum lengkap menyerupai mahkota dan ekor merak yang mekar.

Terlebih lagi jenis musik Macan Ucul menjadi musik pengiring untuk tarian khas satu ini. Tarian merah ini juga menjadi ciri khas sepasang kekasih yang sedang bemersaan atau memadu kasih.

Tari Wayang

Tari yang berasal dari adat Jawa Barat berikutnya adalah tari wayang, tarian satu ini diketahui mulai berkebang pada masa kesultanan Cirebon sekitar abad ke 16.

Kamu bisa melihat 3 kelompok dari sebuah pertunjukan tari wayang, yang mana tokoh utamanya pembawa salah satu tokoh perwayangan.

Tari Wayang juga bisa dilakukan secara berpasangan dua atau lebih penari yang saling melengkapi, dan terkadang di lakukan secara masal saat ada acara tertentu.

Dalam setiap pementasan, para penari pria dan wanita membawakan salah satu karakter yang berbeda. Contohnya pemeran wanita sebagai putri Lungguh untuk tokoh wayang Arimbi, dan pemeran pria sebagai Satria Lungguh untuk tokoh Abimanyu, Arjuna, atau Arjuna Sasrabahu.

Tari Jaipong

Ini kesenian Tari Jawa Barat yang berasal dari kota Karawang. Kamu pasti tahu dengan tari jaipong, karena tarian satu ini kerap di bawa ke beberapa pementasan acara tertentu. Ciri khas dari tarian satu ini ada pada busana dan aksesoris yang di bawa, salah satunnya seperti sanggul dan beberapa hiasan bunga, selain itu para penari juga di haruskan membawa seledang yang di letakan pada bahu.

Tari Jaipong lebih menonjolkan sisi lekuk tubuh dan paras cantik dari sang penari, sekaligus mengartikan bahwa di balik keanggunan dan kelembutan seorang wanita ada keinginan menjadi diri sendiri tanpa terbatas sudut pandang dari orang lain..

Tari Ronggeng

Ronggeng bugis adalah jenis tarian yang memiliki arri bahwa berasal dari Bugis, Makassar. Tari ini tercipta karena dahulu para pasukan bugis berhasil membantu kerajaan Cirebon adalam memilih untuk tinggal di Cirebon dan pada akhirnya tercipta suatu kelompok tertentu dengan budaya yang khas.

Hal unik dari tari ronggeng bugis ialah semua penari lelaki yang memakai make up menyolok, lengkap dengan busana kebaya warna terang dan juga sanggul kecil yang di letakan miring.

Nah itulah beberapa tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat.