Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Nah teman-teman langsung saja ke intinya, syarat jurnal scopus yang harus kalian ketahui. Seperti apa pembahasannya, simak baik-baik.

 

Berikut persyaratan jurnal yang terindeks Scopus:

 

1. Topik yang sesuai

 

Untuk yang pertama di Scopus Indexed Journal Requirements, Anda bisa menulis topik yang sesuai dengan temuan penelitian Anda, karena jika tidak sesuai akan menghambat proses pengindeksan.

 

Jika Anda melakukan kesalahan dalam hal ini maka jurnal Anda akan langsung ditolak, jadi Anda harus sangat serius dan teliti dengan topik penelitian yang Anda lakukan.

 

Baca Juga : Jurnal Scopus Indonesia

 

2. Gunakan bahasa baku

 

Yang kedua adalah menggunakan bahasa baku. Penggunaan bahasa dalam penulisan jurnal Scopus tentunya sangat penting, karena umumnya jurnal internasional ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa yang diakui PBB.

 

Oleh karena itu, buatlah jurnal dalam bahasa yang diakui Scopus agar jurnal Anda terindeks Scopus.

 

3. Kebaruan

 

Istilah ketiga dari jurnal terindeks Scopus adalah kebaruan. Kebaruan juga merupakan elemen penting dalam penulisan jurnal Scopus, karena kebaruan adalah faktor yang membedakan jurnal Anda dengan jurnal lainnya.

 

Perbedaannya tentu saja akan membuat jurnal Anda terlihat menarik untuk dibaca dan diteliti orang.

 

4. Perhatikan tenggat waktu

 

Langkah selanjutnya dalam persyaratan jurnal pengindeksan Scopus adalah mengetahui tenggat waktu. Jika Anda ingin jurnal Anda terindeks Scopus, harap perhatikan batas waktu yang ditentukan. Karena jika melebihi batas waktu, naskah Anda secara otomatis akan ditolak dan didiskualifikasi oleh pihak yang terlibat.

 

5. Hindari Plagiarisme

 

Persyaratan lebih lanjut untuk jurnal terindeks Scopus adalah menghindari plagiarisme. Plagiarisme sangat dilarang dalam penulisan jurnal, dan tentunya plagiarisme semacam ini dapat memberikan dampak yang sangat besar, dan tentunya akan mendapatkan hasil.

 

Anda boleh melihat referensi karya orang lain, tetapi Anda juga harus mengubah kata-katanya agar tidak sama dengan karya tersebut dan sebisa mungkin menghindari plagiarisme ini.

 

Ingat, meskipun Anda mengubah bahasa tulisan orang lain, jangan mencoba mengubah isinya.

 

6. Tingkat Kualitas Data

 

Item terakhir dalam daftar persyaratan jurnal terindeks Scopus adalah tingkat kualitas data. Lengkapi tulisanmu semaksimal mungkin Jika tulisanmu sudah lengkap, tentu orang akan semakin tertarik untuk membacanya, karena data jurnalmu sudah lengkap, dan akan semakin banyak orang yang mencarinya.

 

Oleh karena itu, sebelum menulis sebuah karya ilmiah tentunya harus mengumpulkan referensi sebanyak-banyaknya agar dapat memperoleh data yang lebih lengkap dari karya ilmiah orang lain.

 

Nah, berikut syarat jurnal terindeks Scopus yang harus Anda ketahui. Mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.