UMKM Perlu Ubah Sistem Pembayaran Jadi Digital

sistem pembayaran digital UMKM

Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kini tengah dilakukan banyak pihak mulai dari pemerintah maupun swasta. Digitalisasi UMKM tidak hanya dari sisi operasional hingga pemasaran, tetapi juga sustem pembayaran.

Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay) Grace Sunarjo mengatakan, digitalisasi memang salah satu cara untuk membuat UMKM naik kelas. Saat ini, ungkap dia, 40 ribu UMKM fortuna808 telah menggunakan sistem pembayaran secara digital.

Tak hanya pembayaran secara digital melalui EDC dan QRIS, OttoPay juga menambahkan layanan baru business portal di mana mitra bisnis dapat monitor langsung laporan transaksi secara real time.

sistem pembayaran digital UMKM

“Dengan adanya pencatatan dan perhitungan yang telah dilakukan secara digital diharapkan dapat mempermudah mitra bisnis dan mengurangi kesalahan apabila dilakukan secara manual,” ujar Grace dalam keterangan di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Selain itu, lanjut dia, OttoPay menyediakan, layanan sharing fee otomatis di mana mitra bisnis bisa langsung berbagi keuntungan dengan partner usaha.

“Fitur Sharing Fee ini menjawab kebutuhan mitra usaha salah satunya waralaba/franchise yang biasanya terikat sharing profit,” ucap dia.

Selain memberikan kemudahan solusi berbisnis secara digital OttoPay yang bersinergi dengan OttoPoint, penyedia solusi program loyalitas terkemuka di Indonesia menyadari loyalitas pelanggan menjadi hal sangat penting.

Ini ditunjukan dari data statistik survei independen pada beberapa perusahaan, 82% responden setuju bahwa biaya untuk mempertahankan pelanggan jauh lebih efisien dibandingkan mengakuisisi pelanggan baru.

Hal ini berarti program loyalitas bisa menjadi solusi bagus untuk para pelaku bisnis.