Selain Bermanfaat, Rahasia Dibalik Minyak Kayu Putih Benarkah Berbahaya? Ini Dia Efek Samping dan Dosisnya

Rahasia Minyak Kayu Putih

Selain Bermanfaat, Rahasia Dibalik Minyak Kayu Putih Benarkah Berbahaya? Ini Dia Efek Samping dan Dosisnya – Dibalik wewangiannya yang beri kesegaran, ada beberapa faedah minyak kayu putih untuk kesehatan. Minyak yang kerap kali jadi penghangat badan ini banyak memiliki nama lain, salah satunya Kajuputi leucadendra, Aceite de Cajeput, Cajeputi aetheroleum, dan cajeput oil.

Minyak kayu putih sebagai dari hasil penghimpunan uap ranting dan daun fresh pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Dalam minyak kayu putih terdapat bahan kimia namanya cineole, linalool, dan terpineol, yang memberi kesan hangat saat dibalurkan di kulit.

 

maklon kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

  1. Beragam Jenis Faedah Minyak Kayu Putih

Bila Anda mengggunakan minyak kayu putih secara pas, minyak ini menjadi rekan penghangat dan pengurang merasa tidak nyaman saat tubuh berasa kurang sehat. Disamping itu, ada banyak faedah minyak kayu putih yang dapat Anda peroleh, diantaranya:

  1. Menurunkan sakit di kepala dan hidung mampet

Minyak kayu putih murni dapat dijadikan obat untuk menangani sakit di kepala dan hidung mampet. Untuk memperoleh faedah ini, pakai minyak kayu putih sebagai wewangianterapi dengan menumpahkannya beberapa tetes ke diffuser atau mengisap wewangiannya langsung.

Selainnya minyak kayu putih, hidung mampet dapat diredakan memakai balsem yang mengandung beberapa bahan bermanfaat, seperti camphor, minyak eukaliptus, dan mentol.

Triknya juga lumayan gampang dilaksanakan. Anda perlu menambah dua sendok teh balsem ke tempat kecil berisi air panas. Seterusnya, dekatkan muka Anda ke tempat dan hisap uapnya. Anda bisa juga menggosokannya balsem ke tempat dada dan punggung untuk melegakan pernafasan.

  1. Menyembuhkan cedera kecil

Minyak kayu putih mempunyai karakter antiseptik, antibakteri, dan antijamur yang lumayan baik . Maka, minyak ini diperhitungkan berguna membuat perlindungan cedera yang kecil dan tidak dalam dari infeksi hingga bisa percepat pengobatan cedera.

  1. Tingkatkan fokus

Sebuah riset mendapati jika cineole dan linalool yang ada pada minyak kayu putih bisa tingkatkan fokus dan daya ingat sepanjang bekerja. Walau demikian, faedah ini perlu ditelaah selanjutnya, karena tidak ada eksperimen langsung memakai minyak kayu putih.

 

Baca juga: lipstik palsu

 

  1. Menolong menahan infeksi virus Corona

Sebuah riset memperlihatkan jika senyawa dalam minyak kayu putih, khususnya terpineol dan linalool, berpotensi untuk menahan virus Corona masuk ke badan manusia. Walau demikian, tidak ada riset pada manusia yang bisa memverifikasi faedah ini.

Sepanjang pemakaiannya masih juga dalam batasan normal dan sama sesuai saran penggunaan, minyak kayu putih bisa saja dipakai sebagai usaha penangkalan COVID-19. Tetapi, langkah ini tidak dapat gantikan prosedur kesehatan yang khusus, yakni memakai masker, membersihkan tangan, dan jaga jarak.

Selainnya ke-4 faedah di atas, minyak kayu putih dipercaya dapat dipakai untuk menangani ngilu otot atau persendian, kutu rambut, sakit gigi, dan memudahkan kekhawatiran atau depresi, Tetapi, sama dengan faedah minyak kayu putih untuk COVID-19, efektifitasnya masih perlu untuk ditelaah selanjutnya.

  1. Dampak Samping Minyak Kayu Putih

Memoleskan minyak kayu putih seperlunya pada permukaan kulit masih termasuk aman. Tetapi, tidak disarankan untuk memoleskannya di bagian kulit yang alami cedera terbuka.

Pada beberapa orang, pemakaian minyak kayu putih dapat memunculkan efek, yakni:

  1. Alergi di kulit

Sebagian orang kemungkinan untuk alami reaksi alergi di kulit saat terserang minyak kayu putih. Maka dari itu, di awal pemakaian, seharusnya berikan dengan jumlah sedikit lebih dulu. Nantikan sesaat dan saksikan reaksi yang ada. Bila kulit memeras, iritasi, dan gatal, stop pemakaian minya kayu putih.

 

baca juga: Raphael Michael CEO Pabrik Maklon

 

  1. Masalah pernafasan

Mengisap minyak kayu putih yang murni tanpa bahan kombinasi beresiko mengakibatkan masalah pernafasan atau bahkan juga gempuran asma, karena wewangian minyak ini benar-benar kuat. Maka dari itu, jauhi mengisap minyak kayu putih murni langsung dari botolnya, khususnya untuk ibu hamil dan anak-anak.

Minyak kayu putih menjadi obat alternative yang dicintai oleh sebagian besar keluarga Indonesia. Tetapi, teruslah waspada pada efek yang dapat disebabkan karena minyak ini.

Disamping itu, Anda pun tidak dianjurkan untuk menggunakan minyak kayu putih dengan di luar saran pemakaian produk ini, walau telah banyak orang yang melakukan. Bila Anda mempunyai keadaan klinis tertentu, tanya dahulu ke dokter berkenaan langkah pemakaian minyak kayu putih yang aman untuk keadaan Anda.