Dunia Bisnis

orang tua anak
Informasi, Parenting

Seberapa Penting Orang Tua Bermain Bersama Anak-anaknya

anak

Bermain adalah suatu kegiatan yang sangat amat disukai oleh anak-anak. Dari bermain bersama teman sebayanya. Beramain gadger, bermain dilapangan. Dan sebagainya. Dengan bermain anak-anak dapat menunjanng tumbuh kembang si anak, karena berkontribusi  pada perkembangan social, fisik, dan emosional anak.

Di jaman sekarang, para orang tua sering disibukkan dengann urusan pekerjaanya. Sehingga sang anak tidak mempunyai banyak waktu Bersama orang tuanya, dan membuat waktu Bersama anaknya pun berkurang. Padahal dengan bermain Bersama orang tua dapat membantu dan mengamati perkembangan sang buah hati.

Banyak kampanye yang dilakukan oleh beberapa penggiat dengan  membahas tentang pembagian waktu dengan anak. Dengan mengajak orang tua meluangkan waktu bermain Bersama dengan sang anak dan menggunakan bentuk mainan yang nyata (fisik) sehingga dapat mengurangi pengguaan smartphone bagi anak.

Bermain merupakan hal yang tak terpisahkan dan sangat disukai oleh anak-anak. Namun, orang tua sering lupa, bahkan lalai dengan kegiatan bermain sang anak, dan bahkan orang tua lupa jika sang anak membutuhkan waktu bermain Bersama dengan orang tuanya.

Selain itu, bermain dengan anak sebaiknya dengan mainan yang berbentuk fisik (berbentuk dan dapat dipegang/dimainkan). Karena, dengan mainan fisik dapat mengoptimalkan perkembangan sang anak. Dan dapat memperdekat kebersamaan antara anak dengan orang tuanya.

Dengan bermain bersama orang tua tidak hanya dapat menjadi teman bermainya saja, tetapi sebisa mungkin kita dapat menjadikan guru sang anak. Karena perlakuan kita dan kegiatan kita akan dijadikan insipirasi sang anak dalam masa berkemabang.

Menyediakan waktu Bersama anak pun memiliki beberapa manfaat tersendiri seperti

  • Mempererat ikatan orang tua dan anak

Dengan mempunyai ikatan yang kuat dan berkualitas dengan sang anak, akan berpengaruh positif untuk sang anak .  jika mempunyai ikatan yang kuat, anak-anak akan mempunyai kehidupan yang berkualitas dan mempunyai kesejahteraan psikologis. Dengan adanya dukungan dari orang tua, anak-anak pun dapat berkembang pesat dan optimal dalam beberapa aspek yang sangat mempengaruhi sikap sang anak.

  • Mendapat waktu yang berkualitas antara orang tua dan anak

Dengan mempunyai waktu yang berkualitas, orang tua dapat mengetahui perkembangan anak-anak dan berperan dalam berbagai aspek dalam diri anak. Melalui kebersamaan orang tua dan anak, orang tua dapat memahami dan mengikuti perkembangan anak  dalam berbagai tahap yang dijalani sang anak setiap harinya. Dengan begitu, orang tua dapat mengetahui pribadi dan sifat sang anak

Sebisa mungkin anak menjadi sebuah prioritas orang tuanya, dengan memanfaatkan waktu disela-sela kegiatan orang tua itu sendiri. Banyak sekali waktu jeda yang dapat dimanfaatkan orang tua untuk memanfaatkan waktu Bersama anaknya seperti, sebelum makan, sebelum tidur, atau jeda waktu saat menunggu aktivitas selanjutnya. Walaupun hanya beberapa menit, orang tua dapa melakukan berbagai hal untuk bermain/Bersama dengan anaknya. Dengan waktu yang tidak lama tersebut, orang tua dapat melakukan kegiatan seperti, mengajak ngobrol anaknya , memberi perhatian kecil terhadap anaknya, atau hanya sekedar pelukan kecil terhadap sang anak.

Dengan percakapan yang singkat dan dilakukan hanya beberapa kali, akan memiliki kekuatan yang cukup besar bagi perkembangan anak, karena kemungkinan akan dilakukan dalam waktu yang sangat sering dan anak-anakpun akan menjadi lebih terbuka kepada orang tuanya.

Dengan begitu momen antara anak dan orang tua pun akan bisa menjadi kegiatan yang sangat berarti dan berguna bagi anak. Sehingga sangat disarankan bagi orang tua dapat membagi waktunya agar bisa mendapatkan waktu bercengkrama dengan anak.

Bagi Anda yang membutuhkan Jasa Aqiqah bisa mengunjungi www.aqiqahplus.com, banyak varian paket yang menarik dengan harga terjangkau. Aqiqah plus juga sudah tersedia di 20 kota di jawa tengah seperti Semarang, Salatiga, Kudus, dan lainya.