Rincian Biaya Modal Usaha Percetakan dari Awal hingga Buka

Membuka sebuah bisnis yang berhasil tidaklah mudah. Dibutuhkan inspirasi bisnis yang bagus dan panduan raih kesuksesan berasal dari bisnis tersebut. Salah satu jenis bisnis yang menjanjikan yang dapat teman akrab tekuni bersama potensi keuntungan cukup besar adalah bisnis percetakan. Bisnis percetakan selalu dibutuhkan orang untuk kebutuhan alat-alat percetakan bandung. Seperti kartu undangan khitan dan pernikahan, brosur, pamflet, spanduk, buku, dan lain-lain.

Modal bisnis yang utama berasal dari bisnis percetakan adalah ilmu dan keterampilan didalam mengakibatkan produk-produk percetakan bersama kualitas sangat baik dan rapi. Selain itu, modal bisnis penting lainnya berasal dari bisnis percetakan adalah mental bisnis yang bagus, pantang menyerah dan ulet. Dan tak kalah penting modal bisnis uang.

Lalu banyak orang menanyakan berapakah modal bisnis yang dibutuhkan untuk membuka bisnis percetakan? Untuk lebih jelas, berikut ini rincian ongkos modal bisnis percetakan berasal dari awal sampai buka, pada lain:

1. Mesin Percetakan atau Printer seharga Rp 10 juta
2. Komputer Pentium 5 seharga Rp 5 juta
3. Mesin pemotong seharga Rp 3 juta
4. CD aplikasi coreldraw dan photoshop seharga Rp 200 ribu
5. Mesin laminating dan bahan laminasi seharga Rp 800 ribu
6. CD program perumpamaan desain, frame kalender, frame bingkai poto, dan background foto seharga Rp 300 ribu
7. Tinta mesin cetak seharga Rp 300 ribu
8. Larutan pembersih seharga Rp 400 ribu

Total ongkos modal bisnis percetakan offset kecil-kecilan maupun digital printing sebesar 20 juta rupiah. Hal itu diibaratkan teman akrab membuka bisnis percetakan digital printing, sablon atau offset secara rumahan. Atau belum juga ongkos sewa lokasi bisnis di tempat strategis.