Resep Dan Cara Membuat Tahu Susu Khas Jombang

Resep Tahu Susu Sederhana Enak | Chef Dapur_Madina
source gambar : yummy.co.id

Para pecinta makanan dari tahu pasti sudah mengetahui bahwa di setiap daerah memiliki kuliner tahu andalannya dan salah satu panganan tahu yang terkenal yaitu tahu susu. Ternyata olahan tahu susu yang terkenal enak tidak hanya olahan tahu susu lembang saja, melainkan ada juga olahan tahu susu Jombang yang rasanya tidak kalah lembut.

Namun perbedaan antara kedua tahu susu ini yaitu jika tahu susu Lembang benar – benar menggunakan campuran susu di bahan dasar pembuatan tahunya. Beda halnya dengan tahu susu Jombang yang tidak menggunakan bahan dasar susu sama sekali. Nama tahu susu pada tahu susu khas Jombang diberikan karena tahu ini memiliki rasa yang lumer seperti susu.

Tahu susu khas Jombang ini terkenal memiliki tekstur bagian luar tahu yang krispi namun bagian dalam yang sangat lembut. Olahan tahu susu Jombang ini juga cocok untuk dijadikan cemilan maupun teman makan nasi karena tahu ini juga sudah memiliki rasa gurih didalamnya.

Bagi anda yang tertarik mencoba keunikan rasa dari tahu susu Jombang ini, maka anda bisa mencoba membelinya langsung ataupun anda bisa mencoba membuat resep tahu susu ini dirumah. Cara membuat tahu susu khas Jombang ini juga terbilang lebih mudah dari pembuatan tahu pada umumnya. Jadi untuk anda yang tertarik, Yuk kita simak resep dan cara pembuatan berikut ini.

Bahan pembuatan Tahu susu Jombang yang dibutuhkan :

  • 6 Buah tahu ukuran sedang
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt soda kue
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • Penyedap bubuk secukupnya
  • Air matang secukupnya

Setelah mempersiapkan semua bahan – bahan diatas, maka anda bisa langsung memulai proses pembuatan tahu susu Jombang berikut ini :

  1. Siapkan tahu dan potong tahu sesuai dengan ukuran yang anda mau (jika tidak dipotong pun tidak apa – apa).
  2. Haluskan bawang putih, garam, dan juga ketumbar bubuk.
  3. Setelah semua bumbu tadi dihaluskan, masukan kedalam wadah tahu.
  4. Tambahkan juga bubuk penyedap dan juga soda kue kedalam wadah tahu, lalu siram dengan air panas sampai semua permukaan tahu tertutupi air.
  5. Setelah itu rendam tahu selama kurang lebih 5 jam di suhu ruang.
  6. Setelah direndam selama 5 jam, buang air didalam wadah dan masukan tahu kedalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih 1 malam.
  7. Setelah di diamkan selama 1 malam, tahu susu Jombang pun sudah siap untuk digoreng.
  8. Goreng tahu dalam minyak panas dengan menggunakan api yang besar. Goreng hingga tahu kecoklatan dan sedikit garing bagian luarnya.
  9. Setelah itu angkat, tiriskan, dan sajikan tahu. Agar lebih nikmat penyajian tahu bisa ditambahkan dengan cocolan sambal kecap.

Bagaimana ? resep dan cara membuat tahu susu khas Jombang ini mudah bukan ? Siapa saja bisa mencoba membuat tahu susu ini, karena proses pembuatannya tidak perlu membuat tahu dari adonan kedelai. Melainkan bisa mulai membuat dari tahu yang sudah jadi dan hanya menambahakan bumbu tambahan.

Meskipun terlihat lebih simple cara pembuatannya, tetapi rasa dari tahu susu Jombang ini tidak kalah dengan rasa dari tahu susu yang memang dibuat dengan menggunakan bahan dasar susu didalamnya. Bagi anda yang tertarik membuat tahu susu, maka anda bisa mencobanya dengan membuat tahu susu ini.