Rahasia menjadi mahasiswa berprestasi Ala Genius

Bagaimana sih cara jadi mahasiswa berprestasi? Setiap mahasiswa tentunya menginginkan bisa meraih prestasi setinggi mungkin. Ada banyak manfaat dan keuntungan menjadi mahasiswa yang berprestasi. Seperti peluang lebih besar memperoleh beasiswa, kemudahan mendapatkan pekerjaan, lebih dihargai teman dan dosen, hingga kemudahan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Tidak setiap orang bisa menjadi mahasiswa ( Apalagi mahasiswa berprestasi ) . Kesempatan untuk bisa menuntut ilmu di pendidikan tinggi tentunya sangat membanggakan. Apalagi mahasiswa merupakan kalangan intelektual dalam strata sosial yang mendapat tangggung jawab besar sebagai agen perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Untuk mewujudkan tugas tersebut mahasiswa tidak hanya harus tekun dalam menuntut ilmu di kampus tapi juga perlu pandai dalam berorganisasi. Baik dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat maupun dengan mengikuti terus perkembangan situasi terbaru di Indonesia.

Masyarakat melihat mahasiswa sebagai generasi penerus yang bisa membawa perubahan bagi kehidupan bangsa dan masyarakat ke arah yang lebih baik. Sehingga tak heran jika mahasiswa sering melakukan aksi demonstrasi dan unjuk rasa untuk memberikan kritik terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai tidak adil. Ini merupakan upaya mahasiswa sebagai agen perubahan social menuju kehidupan berbangsa yang lebih baik.

Mahasiswa juga merupakan generasi muda yang akan menggantikan tongkat kepemimpinan bangsa di masa depan. Sehingga saat menjadi mahasiswa harus dimanfaatkan secara optimal supaya kelak mampu menggantikan estafet kepemimpinan bangsa dengan baik.

 

Cara Jadi Mahasiswa Berprestasi

Ada banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa agar menjadi generasi penerus yang mempunyai masa depan yang cerah. Salah satunya adalah dengan belajar secara baik sesuai jurusan kuliah yang diambil dan meraih prestasi dalam berbagai bidang. Baik dalam bidang akademik, keilmuan yang dijalani, olahraga, serta bidang positif lainnya.

Cara jadi mahasiswa berprestasi juga tidak sulit. Yang diperlukan adalah keseriusan dalam menimba ilmu serta fokus. Jika anda ingin mendapatkan nilai IPK yang tinggi, maka anda mesti bersungguh-sungguh dalam belajar. Dengan keseriusan dan rajin belajar serta mencintai mata kuliah yang dipelajari akan membuat nilai IPK anda lebih baik.

Mahasiswa Berprestasi Adalah
Sekarang ini kita berada pada jaman yang canggih dan melimpah dengan informasi. Sehingga semakin banyak mahasiswa yang sadar akan pentingnya belajar menuntut ilmu selama kuliah secara serius atau fokus untuk meraih prestasi.

Mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mendapatkan predikat terbaik dalam bidang yang ditekuninya. Baik dalam bidang akademik dan non akademik (seperti perlombaan dan olahraga).

Untuk meraih prestasi ada banyak kategorinya. Seperti mahasiswa termuda yang lulus kuliah, mahasiswa dengan IPK tertinggi, mahasiswa yang paling aktif berorganisasi, mahasiswa yang berprestasi dalam olahraga, mahasiswa teladan, ataupun kategori mahasiswa berprestasi lainnya.

Karena itu mahasiswa berprestasi adalah mampu meraih nilai tinggi dalam bidang tertentu. Sedangkan secara umum, mahasiswa yang berprestasi mempunyai ciri-ciri yang bisa kita kenali seperti berikut ini.

1.Supel dan Pandai Menjalin Relasi
Seiring berjalan waktu, mahasiswa berprestasi akan lebih dikenal banyak orang dan lebih dekat dengan semua kalangan di kampus seperti dosen, dekan sampai rektor dan pejabat negara.

2.Senantiasa Bersikap Aktif Dalam Perkuliahan
Pada saat ada materi perkuliahan yang belum ia mengerti maka sang mahasiswa berprestasi akan aktif dalam pembelajaran dan bertanya langsung atas materi tersebut sekaligus mewakili teman-temannnya dalam bertanya.

3.Semangat dalam Mengikuti Berbagai Kegiatan
Biasanya pada momen tertentu kampus sering mengadakan berbagai lomba. Baik dalam bidang olahraga, lomba karya tulis ilmiah, lomba debat, lomba mengarang, lomba menulis cerita, dan lomba lainnya. Maka ciri mahasiswa berprestasi adalah rajin mengikuti berbagai kejuaraan dan lomba yang diminatinya sekaligus untuk menguji kemampuan.

Kegiatan ini akan berguna untuk mengukur keterampilan dan kecerdasannya. Hal tersebut akan memberikan nilai tambah, termasuk di mata dosen. Sang mahasiswa berprestasi akan lebih dikenal dosen.

4.Aktif dalam Organisasi
Ada sebagian mahasiswa yang berprestasi dalam segi akademik namun kurang berprestasi dalam organisasi. Mahasiswa seperti itu tidak bisa disebut mahasiswa berprestasi secara sempurna.

Karena itu cara jadi mahasiswa berprestasi juga mesti seimbang antara akademik dan organisasi. Aktif dalam organisasi sangat penting bagi mahasiswa untuk melatih jiwa kepemimpinan dan menjaga pikiran agar tetap terbuka atau tidak berpikir sempit.

5.Senang Menulis Karya Tulis Ilmiah
Ciri mahasiswa berprestasi juga dapat dilihat dari kemampuan dan hobinya dalam menulis karya tulis ilmiah yang kemudian dibaca banyak orang. Itu artinya mahasiswa tersebut cerdas dan bisa menyampaikan pemikiran dan gagasannya kepada orang lain secara baik.

6.Pandai dalam Berbicara Di Depan Publik
Salah satu ciri berikutnya yang membuat seorang mahasiswa dapat disebut mahasiswa berprestasi adalah memenuhi unsur bahwa dia mampu berbicara di depan publik dengan sangat bagus.

Sehingga kemampuannya terlihat sempurna yakni cerdas dalam akademik, pandai dalam berorganisasi serta dapat menyampaikan ide atau gagasan atau presentasi di depan kelas dengan baik.