Pinjaman Online Resmi Dijamin Aman

Pinjaman Online Resmi

Pandemi Covid19 yang mengguncang perekonomian dunia pastinya membuat banyak orang membutuhkan pinjaman online resmi. Kebanyakan masyarakat memang kerap lupa menyisihkan sebagian penghasilannya untuk dana darurat. Tidak mengherankan jika sesuatu hal buruk tiba-tiba terjadi, maka mereka membutuhkan kredit dari lembaga keuangan.

Meminjam sejumlah dana kepada sebuah lembaga keuangan memang bukanlah hal yang dilarang. Namun tetap saja ada poin-poin yang harus diperhatikan agar peminjam memperoleh dana dari perusahaan yang jelas legalitasnya. 

Hal tersebut penting agar tidak terjadi kecurangan yang dilakukan penyedia layanan seperti yang marak terjadi. Misalnya menaikan suku bunga pinjaman secara sembarangan, atau uang yang dipinjamkan merupakan uang ilegal, dan lain sebagainya.

Menentukan Pinjaman Online Resmi Asli Aman

Pinjaman Online Resmi

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk menilai kredibilitas lembaga peminjaman uang, yaitu:

  • Lacak nomor izin usaha

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih pinjaman secara online yang aman ialah melihat legalitas nomor izin usaha tersebut. Pastikan mereka sudah terdaftar di OJK beserta seluruh produk-produk keuangan yang mereka tawarkan. 

Pilih jasa yang benar-benar sudah mengantongi izin dari lembaga pemerintah terkait, sehingga bisa dipastikan keamanannya. 

  • Perhatikan platform 

Sebuah situs pinjaman uang online yang aman biasanya memiliki platform baik website atau pun aplikasi yang memiliki tampilan menarik. Hal tersebut mengindikasikan mereka benar-benar ingin memberikan pelayanan terbaik pada para nasabahnya. Berusaha memberikan kenyaman pada setiap aspek layanan yang dimiliki.

  • Fitur layanan konsumen

Perhatikan setiap website atau pun aplikasi yang mereka miliki apakah terdapat fitur layanan konsumen atau tidak. Pinjaman online resmi yang baik akan memberikan kemudahan bagi kliennya untuk menghubungi mereka. 

Apalagi jenis platform digital tersebut jarang memiliki kantor resmi, sehingga keberadaan layanan konsumen yang dapat diakses secara digital penting artinya. Pastikan juga fitur tersebut tidak sekedar hanya pajangan pada aplikasi tetapi benar-benar dapat dihubungi. 

  • Baca kebijakan peminjaman

Perhatikan dengan seksama setiap aturan pinjaman yang disuguhkan pada saat akan menandatangani kesepakatan tersebut. Pastikan benar-benar memahami seluruh isi perjanjian dengan baik. Jangan sampai terjadi kesalahpahaman yang bahkan bisa merugikan pihak nasabah itu sendiri.

  • Perhatikan penetapan suku bunga

Suku bunga juga penting diperhatikan terutama ketika hendak menetapkan strategi pembayaran. Biasanya ada dua jenis yaitu: suku bunga tetap, dan suku bunga menurun. Untuk suku bunga tetap biasanya lebih cocok untuk pinjaman jangka panjang, sedangkan jika menurun biasanya berlaku sebaliknya.

Meski sudah memilih pinjaman online resmi, namun alangkah baiknya nasabah juga turut mempertanyakan pada diri sendiri perihal kemampuan melakukan pembayaran. Hal tersebut penting dipertanyakan agar tidak mengalami masalah kelak dikemudian hari.