Dunia Bisnis

Elektronik

Perhatikan 3 Poin Ini Saat Ingin Membeli AC

Jual beli ac second – Pendingin ruangan atau lebih dikenal dengan AC (Air Conditioner) merupakan keliru satu style barang elektronik yang tenar digunakan di tempat tinggal maupun apartemen. Terutama untuk wilayah hunian yang berada di kawasan beriklim panas dan lembap.

Sebenarnya ada bermacam cara yang bisa dilakukan untuk memicu tempat tinggal sejuk tanpa AC. Namun lagi lagi ke tingkat keperluan tiap-tiap keluarga.

Banyaknya varian brand dan teknologi yang terdapat pada AC di pasaran, memicu Anda dituntut lebih jeli sebelum saat menentukan untuk membeli.

Berikut Rumah.com sajikan apa saja yang perlu diperhatikan selagi memilih AC, dikutip berasal dari sejumlah sumber.

Cari yang irit listrik

Seringkali sebagian orang membiarkan spesifikasi watt yang ada didalam AC. Tak jarang mereka lebih mementingkan harga tidak mahal dibanding yang irit energi.

Bila bingung memilih, fitur inverter yang selagi ini telah santer dipergunakan oleh sejumlah produsen AC bisa menjadi alternatif.

Kelebihan AC berteknologi ini adalah hanya diperlukan selagi singkat untuk meraih suhu ruangan yang diinginkan. Kedua, tarikan pertama pada listrik 1/3 lebih rendah dibandingkan AC yang tidak dibekali teknologi inverter.

Selain itu, AC style ini lebih irit daya karena gunakan sumber daya 30% lebih kecil dibanding AC biasa. Terakhir, fluktuasi temperatur pada AC inverter hampir tidak dulu terjadi.

Kendati Anda telah belanja AC rendah watt, bukan artinya Anda tidak diharuskan menghemat energi.

Salah pemanfaatan justru bisa memicu pemanfaatan listrik membengkak. Berikut cara yang benar didalam memperlakukan AC di rumah;

Pilih AC sesuai luas ruangan yang hendak dipasang. Karena kapasitas yang tidak sinkron bisa memicu AC tidak bekerja dengan efisien dan jadi menaikkan tagihan listrik Anda.

Atur suhu pada 25 derajat celcius atau setara dengan tingkat kenyamanan Anda.

Gunakan pengatur selagi atau timer, dan sebaiknya matikan AC minimal satu jam sebelum saat bangun tidur agar menghindar kedinginan pada tubuh.
Bersihkan filter AC secara teratur, dan jangan lupa untuk servis setidaknya empat bulan sekali.
Pertimbangkan aspek kesehatan

Seiring dengan pertumbuhan zaman, perusahaan-perusahaan elektronik jadi memicu AC dengan teknologi yang bisa membunuh virus dan bakteri, yakni plasmacluster.

Tentu suasana ini ideal bagi Anda yang mengedepankan kesehatan bagian keluarga di didalam rumah.

Uji coba untuk menyatakan kebenarannya dilakukan di sejumlah universitas terkemuka di sebagian negara terhitung Indonesia.

Di laboratorium biologi Institut Teknologi Bandung, tim peneliti mencoba melihat kapabilitas dan efektivitas teknologi selanjutnya didalam menyapu bersih bakteri dan jamur.

Percobaan dilakukan di ruangan seluas 320 meter persegi, dengan kelembapan rata-ratanya 80%. Hasilnya, ion negatif dan ion postif yang terdapat didalam plasmacluster bisa memberantas bakteri dan jamur didalam selagi enam jam.

Kondisikan dengan tingkat kebutuhan

Umumnya, sebagian orang berpikir bahwa AC ½ PK (Paardekracht/ tenaga kuda) pas untuk ruang berukuran kecil.

Sebaliknya, ruang besar memerlukan AC 2 PK, tanpa pertimbangkan tingkat kebutuhan. Jarang disadari, ternyata ada rumus menghitung kapasitas AC berdasarkan ukuran ruang.
Kondisikan dengan tingkat kebutuhan

Umumnya, sebagian orang berpikir bahwa AC ½ PK (Paardekracht/ tenaga kuda) pas untuk ruang berukuran kecil.

Sebaliknya, ruang besar memerlukan AC 2 PK, tanpa pertimbangkan tingkat kebutuhan. Jarang disadari, ternyata ada rumus menghitung kapasitas AC berdasarkan ukuran ruang.

(L x W x H x I x E) / 60 = keperluan BTU (British Thermal Unit)*

L = Panjang ruang (hitungan kaki)

W = Lebar ruang (hitungan kaki)

I = Nilai 10 jikalau ruang berinsulasi (berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang lain). Nilai 18 jikalau ruang tidak berinsulasi (di lantai atas).

H = Tinggi ruang (hitungan kaki)

E = Nilai 16 jikalau dinding terpanjang menghadap utara, nilai 17 jikalau menghadap timur, nilai 18 jikalau menghadap selatan; dan nilai 20 jikalau menghadap barat.

1 Meter = 3,28 kaki persegi

Maka kapasitas AC berdasarkan PK adalah;

AC ½ PK = ± 5.000 BTU/jam

AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/jam

AC 1 PK = ± 9.000 BTU/jam

AC 1½ PK = ±12.000 BTU/jam

AC 2 PK = ±18.000 BTU/jam

Atau untuk pengertian lebih mudahnya, AC ½ PK bisa menjangkau ruangan dengan luas 6-10 meter persegi.

Lalu ¾ PK untuk ruang 9-14 M2, 1 PK untuk ruang seluas 11-18 M2, dan AC 1,5 PK bisa menjangkau ruang seluas 15-24 M2.

Sementara AC 2 PK bisa dipasang pada ruang seluas 22-36 M2, dan 2,5 PK pada tempat 20-48 M2.

*BTU adalah perhitungan suatu keperluan kapasitas AC untuk ruangan yang bakal digunakan agar diperoleh hasil yang irit dan optimal.