PENTINGNYA PENDIRIAN PT UNTUK USAHA E-COMMERCE

Usaha bersifat PT sudah tidak asing kembali bagi para pengusaha di Indonesia. Kita semua pasti dapat mengayalkan bahwa PT merupakan perusahaan besar di Indonesia apalagi multinasional serta mempunyai beribu-ribu karyawan dan banyak cabang di semua pelosok kota Indonesia.

Namun di masa digital ini, PT pun mengalami evolusi. Dilansir dari Bursa Efek Indonesia, kuantitas PT tercatat sejumlah 627. Sementara ini kehadiran masa digital melahirkan tipe usaha baru yang kian merebak yaitu e-commerce yang mempunyai nilai valuasi sampai miliaran rupiah. Namun apa sih pentingnya pendirian PT untuk sebuah usaha e-commerce? Yuk kami liat artikel di bawah ini.

Potensi e-commerce di Indonesia

Pengguna internet makin lama meningkat sampai capai 100 juta jiwa di dunia. Sementara itu keberadaan smartphone serta YouTube ikut merubah prilaku membeli konsumen. Pertumbuhan yang vital berikut menyatakan bagaimana keberadaan search engine dan sarana sosial menjadi alat marketing yang sangat berguna lebih-lebih bagi pemilik usaha e-commerce dikarenakan barang yang diinginkan dapat terjangkau dengan enteng oleh konsumen dan berbiaya murah.

Nilai transaksi e-commerce di Indonesia naik dari tahun ke tahun

Pertumbuhan sarana sosial pun melesat begitu pesat. Digitalisasi membuat setiap orang dapat menjadi produsen sekaligus konsumen. Mereka tidak mesti kembali mengeluarkan modal dengan banyak, lumayan dengan smartphone dan sarana sosial, setiap orang dapat membuat e-commerce mereka sendiri secara enteng dan sudah pasti profesional. Pada tahun 2019, pengguna sarana sosial di Indonesia dicatat sudah capai 150 juta jiwa dan kedepannya bakal makin lama jadi tambah mengingat energi beli internet yang makin lama murah dan terjangkau.
Pengguna sarana sosial berjumlah 150 juta jiwa

Pengguna aktif sarana sosial lewat telephone genggam atau smartphone kabarnya kini tersedia sebanyak 130 juta jiwa (48% dari populasi). Menurut Bank Indonesia nilai transaksi pada tahun 2019 akhir diproyeksikan bakal naik menjadi 99,1 triliun rupiah (7,8 Milyar dolar AS). Potensi ini tidak dapat dilewatkan begitu saja, dengan pengelolaan e-commerce yang tepat dan optimalisasi social sarana marketing yang benar, sudah pasti tipe usaha yang satu ini dapat mendatangkan modal sekaligus profit yang sangat besar di masa mendatang mengingat sudah pasti perkembangan pemanfaatan sarana sosial dan internet terus naik.

Mengapa mendirikan PT untuk E-commerce?

1. Memiliki kemampuan hukum

Seperti yang sudah disebutkan Uptown Serviced Office sebelumnya, PT mempunyai kemampuan hukum dan termasuk dijamin oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Jadi anda tidak mesti khawatir atas pengelolaan usaha anda dikarenakan sudah pasti berbadan hukum dan dilindungi oleh undang-undang.

 

2. Profesionalitas pengelolaan kekayaan

Salah satu ciri khas dari pendirian PT terletak pada pengelolaan kekayaannya yang terpisah dari kekayaan teristimewa pemiliknya, sehingga pengendalian pada aset perusahaan lebih tertangani dan optimal.

 

3. Kontribusi pada perekonomian Indonesia

Pelaku usaha di Indonesia yang mempunyai badan usaha bersifat PT ini mempunyai sumbangsih pada pembangunan dan perekonomian rakyat dengan pembayaran pajak atas usaha mereka, diatur lewat PPh Final Pasal 4 ayat (3), PPh Pasal 17 ayat (2c) – 10% PPH 21 – untuk gaji karyawan

 

Bagaimana jalankan pendirian PT untuk e-commerce?

Langkah-langkah di dalam pendirian PT untuk e-commerce sangatlah enteng dan Uptown Serviced Office dapat membantu kalian menyelesaikannya. Namun sebelum saat itu, kalian mesti menentukan tipe e-commerce apa yang amat mungkin menjadi dasar usaha kamu. Termasuk di dalamnya menentukan tipe platform apa yang hendak anda gunakan di dalam usaha e-commerce. Setelah mengambil keputusan perihal tersebut, berikut hal-hal yang mesti anda jalankan di dalam pendirian PT e-commerce:

a. Pemesanan Nama PT
b. Pembuatan Akta Pendirian PT
c. Surat keputusan Kementrian Hukum dan HAM
d. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT)
e. Nomor Induk mengupayakan (NIB)
f. Izin Usaha Operasional (Jika tidak diwajibkan beberapa syarat lanjutan)
g. Dalam pendirian PT untuk e-commerce ini, anda dapat pula gunakan kantor virtual sebagai kantor utama anda.

 

Mulai usaha e-commerce anda di Uptown Serviced Office

Jika semua beberapa syarat di atas sudah terpenuhi, saatnya anda mulai berbisnis daring. Jika anda butuh pemberian untuk mewujudkan perusahaanmu sendiri? Ayo hubungi kami via telephone 021-5082 3401 atau e-mail ke [email protected] dan dapatkan tawaran menariknya secara langsung! Uptown Serviced Office sebagai salah satu operator Co-working Space di Jakarta, termasuk menyediakan Private Office, Virtual Office, Shared Office, Meeting Room, sampai Event Space yang dapat membantu operasional perusahaan startup anda sehari-hari.