Pengertian Invoice Financing dan Penjelasan Lengkapnya

Sebagai pelaku usaha yang menjalankan bisnis seringkali mengalami kendala dengan berbagai macam tantangan yang harus siap untuk dihadapi sehingga arus kas tersendat dan perlu melakukan pinjaman jaminan invoice. Namun banyak yang belum mengetahui apa itu pengertian invoice financing yang digunakan oleh kebanyak pelaku usaha.

Cara yang satu ini menjadi solusi tepat agar tetap mempunyai dana untuk mengembangkan bisnis. Selain itu tidak perlu repot lagi untuk mengajukan pinjaman modal.

Pengertian Invoice Financing

Invoice financing merupakan kondisi pendanaan modal usaha bagi UKM yang ada di Indonesia. Dengan memilih menggunakan invoice ini menjadi solusi tepat untuk mendapatkan modal usaha dan menjadikan invoice pelanggan yang belum terbayar sebagai bentuk jaminan.

Setelahnya arus kas bisnis akan terlihat lebih lancar dan tidak lagi terkendala hanya karena pembayaran hutang yang belum dilunasi. Sembari menunggu pelunasan hutang maka Anda dapat menggunakan biaya guna mengembalikan jalanya operasional bisnis tersebut.

Cara Kerja Invoice Financing

Inilah beberapa penjelasan mengenai cara kerja yang perlu diketahui oleh pelaku usaha dengan invoice:

  • Anda perlu mempersiapkan dokumen perusahaan di antaranya SIUP, NPWP, data milik perusahaan, akta perusahaan hingga laporan keuangan untuk waktu tertentu.
  • Setelahnya pemberi dana menilai data yang telah diberikan dan menetapkan apakah bisnis disetujui mendapatkan invoice atau tidak
  • Apabila disetujui maka pemberi dana menetapkan besaran jumlah limit yang bisa cair
  • Berikutnya mencapai persetujuan untuk kedua belah pihak
  • Peminjam langsung mengajukan invoice
  • Pemberi dana melakukan verifikasi invoice pada pelanggan dan jika membenarkan maka pemberi dana bisa mencairkan 70 sampai 80 persen dari totalnya invoice pada pemiliki usaha
  • Saat dana sudah cair bisa digunakan untuk operasional usaha
  • Pelanggan akan melunasi invoice dan pelaku usaha juga bisa melunasi pada pemberi dana dengan bunga yang disetujui.

Manfaat Pengertian Invoice Financing untuk Bisnis

Cara pendanaan seperti ini terbilang sangat populer bagi bisnis yang mempunyai pelanggan dengan invoice piutang. Berikut inilah beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan menggunakan invoice:

1.   Mendapatkan Dana Segar dan Cepat

Pelaku bisnis harus menunggu dalam waktu lama untuk menunggu pelanggan membayar invoice dan membuat usaha menjadi macet karena pelaku usaha tidak memiliki tambahan modal. Usaha menunggu pembayaran untuk melanjutkan kegiatan profesional bisnis memang akan memakan waktu cukup lama dan hal ini tentunya menghambat jalannya bisnis.

Namun dengan adanya invoice financing maka bisa mengajukan pinjaman menggunakan jaminan invoice yang belum dibayarkan oleh pelanggan. Prosesnya menjadi lebih cepat cair dibandingkan dengan jaminan biasa karena pembayaran invoice akan ditalangi terlebih dahulu dengan ketentuan dilakukan pengecekan langsung pada pelanggan yang belum membayarkan invoice atas pembelian barang.

2.   Melancarkan Arus Khas

Pengertian invoice financing mampu membantu pelaku bisnis untuk melancarkan usahanya guna menutup biaya operasional bisnis. Sebab pelanggan belum membayar hutang invoice dari barang yang dibelinya.

Apabila hanya menunggu dari pelanggan maka arus kas bisa terhenti dan usaha tidak bisa menjual barang lain pada pelanggan. Sehingga Anda sebagai pelaku usaha membutuhkan tambahan modal dengan menjaminkan invoice pelanggan yang belum membayar.

3.   Mudah dalam Pengajuan Pinjaman

Pengajuan pinjaman modal di bank yang terlalu memakan waktu lama memang dirasa kurang efektif terlebih bagi Anda yang butuh dana cepat. Dengan menggunakan invoice maka bisa menjadi alternatif bagi pelaku usaha untuk mendapatkan modal dengan menggunakan jaminan invoice.

4.   Membuat Produksi Tetap Berjalan secara Maksimal

Saat pembayaran invoice menjadi terhambat maka secara otomatis bisnis mengalami kekurangan dana dalam kegiatan produksinya. Solusinya hanya dengan menggunakan invoice agar bisa mendapatkan dana untuk biaya produksi dan sambil menunggu pelanggan melunasi pembayarannya.

Bantuan dana talangan dengan jaminan invoice memang dirasa sangat menguntungkan bagi pelaku usaha untuk menjalakan usahanya tetap stabil. Akan tetapi peminjaman modal talangan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan membayar angsuran setiap bulan.

Demikianlah beberapa uraian terkait pengertian invoice financing yang sering digunakan oleh pelaku usaha. Invoice memiliki beragam manfaat dalam menunjang kelancaran bisnis agar tetap produktif meskipun kondisinya pelanggan belum melunasi hutang pembayaran invoice.