Dunia Bisnis

Advertising Bali
Informasi

Pengertian Advertising, Periklanan Atau Iklan Adalah

Iklan, periklanan Advertising Bali atau advertising merupakan galat satu bentuk komunikasi komersil juga non komersil dari suatu organisasi atau instansi ke masyarakat generik (publik) atau eksklusif dengan tujuan supaya khalayak tahu, mengikuti, atau mengambil tindakan eksklusif.

Sedangkan bagi perusahaan atau industri, iklan merupakan proses komunikasi pemasaran buat men-deliver pesan tentang perusahaan, merek atau produk yg di kemas sedemikian rupa sehingga konsumen akan mengenal, tahu & melakukan tindakan pembelian.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang periklanan atau advertising menggunakan utama bahasan sebagai berikut :Definisi & tujuan IklanKarakteristik iklanKlasifikasi iklanBerdasar tujuannyaCommercial adCorporate adPublic service adBerdasar prinsip periklananMenurut Alo LiliweriIklan secara umumIklan secara khususMenurut Richard StanleyMenurut Philip KotlerFungsi PeriklananFungsi pemasaranFungsi komunikasiFungsi pendidikanFungsi ekonomiFungsi sosialPeriklanan dan pemasaran# 1 : Definisi dan Tujuan Iklan# 1.1 : Definisi Iklan (definisi advertising)

Beberapa pakar pemasaran mendefinisikan iklan menjadi berikut :

Iklan merupakan bagian menurut promotion mix dimana bauran promosi ini merupakan bagian menurut marketing mix, jadi secara simpel iklan merupakan komunikasi yang ditujukan kepada publik atau konsumen untuk mengenalkan dan memperlihatkan suatu produk atau jasa melalui media (Rhenald Kasali – 1992)

Iklan merupakan pesan yang memberikan suatu produk yg ditujukan pada masyarakat melalui suatu media. (Rhenald Kasali, Manajemen Periklanan dan Aplikasinya pada Indonesia – 1995:9).

Iklan merupakan pesan yang diarahkan untuk membujuk warga/ publik untuk membeli (Jefkins – 1997)

Iklan merupakan proses komunikasi yg mempunyai kekuatan sangat penting menjadi alat pemasaran yang membantu menjual barang, memberikan layanan, inspirasi dan gagasan dalam bentuk warta yang persuasif (Wright – 1978).

Iklan merupakan salahsatu bentuk keterangan yg banyak digunakan untuk mempromosikan produk, pada bentuk komunikasi tidak pribadi yg menyajikan keunggulan produk atau jasa yg disusun sedemikian rupa sebagai akibatnya sanggup membarui pikiran konsumen & menciptakan konsumen senangserta melakukan pembelian. (Philip Kotler, dalam terjemahan Nancy – 2000:643).# 1.2 : Tujuan Iklan

Sebuah iklan pasti mempunyai tujuan-tujuan tertentu, baik tujuan utama & serangkaian tujuan berikutnya, diantanya adalah :Menyadarkan sasaran audience & menaruh informasi mengenai suatu produk, jasa, inspirasi,atau hal lainnya.Melakukan upaya buat membentuk rasa senang pada diri audience / pasar atas produk atau jasa yang diiklankan menggunakan menaruh aneka macam preferensi.Memberikan keyakinan pada audience / pasar akan sebuah produk atau jasa sehingga mereka dengan senanghati akan berusaha memilikinya.Merupakan informasi yang sangat berharga tentang produk, fungsi, dan seluruh atributnya.

Jadi secara generik tujuan iklan adalah buat menyadarkan, memberi fakta, menciptakan rasa senang & meyakinkan target audiens# 2 : Karakteristik Iklan

Sebuah iklan secara umum memiliki karakteristik atau ciri khas, diantaranya merupakan :Merupakan bentuk komunikasi pemasaran.Menggunakan media masa (masal, publik) buat menyampaikan pesan.Bersifat persuasif kepada audience.Bukan merupakan komunikasi eksklusif.Berusaha buat menciptakan pesan supaya dikenal seluas-luasnya sang sasaran audience.Merupakan titipan sponsor yg sanggup diidentifikasi menggunakan jelas.Bersifat komunikatif dan informatif (waktu ini poly dengan contoh yang lain, seperti narasi, cerita, game, & lainnya).Menarik perhatian, mengajak buat membeli / menggunakan produk / jasa tertentu.

Dapat kita simpulkan, karakteristik iklan merupakan sebuah bentuk komunikasi dan informasi, memakai media generik, persuasif, mengajak melakukan sesuatu menggunakan aneka macam model.# 3 : Klasifikasi Iklan

Iklan secara umum diklasifikasikan berdasar beberapa kriteria, antara lain adalah :# 3.1 : Berdasar tujuannya

Klasifikasi iklan berdasar tujuan iklan ada 3, yaitu comercial advertising, corporate advertising & public advertising.# 3.1.1 : Commercial advertising

Comercial ad (comercial advertising) merupakan jenis iklan yg banyak digunakan sang perusahaan pemasaran, karena memang bertujuan untuk mendukung program pemasaran produk atau jasa eksklusif.Iklan Strategis

Iklan strategis merupakan iklan jangka panjang menggunakan tujuan jangka panjang pula, bentuk iklan strategis banyak dipakai buat menopang acara-program strategic perusahaan atau produk.

Contohnya adalah iklan buat membentuk merek (merk building), iklan dibentuk sedemikian rupa buat membentuk sebuah merek.

Bentuk & target iklan akan berubah secara dinamis mengikuti kondisi atau posisi merek.

Dimulai menurut iklan buat mengenalkan merek dan produk (merk awareness), membangun asosiasi, hingga iklan buat menguatkan ekuitas sebuah produk (brand equity).

Contoh lain adalah iklan buat mengenalkan produk baru atau fitur baru berdasarkan sebuah produk (launching & re-launching).

Iklan ini pun harus dibentuk bertahap, tidak menurut dasar, karena umumnya produk telah dikenal (ada umbrella merk-nya), tetapi dimulai berdasarkan termin / step eksklusif dimana posisi produk (merek) dipersepsi atau dipahami oleh sasaran market.Iklan Taktis

Sedangkan iklan taktis adalah iklan yg lebih ke short term strategy, tujuan jangka pendek atau bersifat temporary saja.

Kadang iklan taktis ini merupakan bagian menurut iklan strategis yang mengiklankan bagian eksklusif berdasarkan long term strategy.

Misal sebuah produk yg sedang dibangun mereknya, ternyata dipersepsi berbeda oleh sebagian konsumen, atau ada kompetitor yang menyerang bentuk kampanye iklan tersebut.

Maka akan bijak apabila perusahaan membentuk iklan khusus untuk meng-counter / menghadang atau menyebutkan kesalahan persepsi konsumen tersebut, tanpa wajibmerubah iklan utamanya.

Contoh lain adalah saat perusahaan melakukan serangkaian event, road show misalnya, maka perusahaan sanggup menciptakan iklan mengenai event dan road show tersebut, dan tentu saja iklan ini hanya untuk acara tersebut & bersifat sementara.

Dalam commercial advertising sasaran (goal) dan tujuan (objective) iklan adalah mengungkapkan pesan & menciptakan audiens melakukan sesuatu yang berhubungan dengan taktik pemasaran.# 3.1.dua : Corporate advertising

Corporate (ad) advertising merupakan iklan yang dikeluarkan buat membangun gambaran perusahaan dan mengkomunikasikannya ke publik.

Iklan umumnya dimiliki & dibentuk sang divisi humas / public relation atau corporate communication.

Dalam iklan korporat tujuan utama iklan adalah menciptakan image positif berdasarkan perusahaan, & memberikan akses kemudahan buat serangkaian event pemasaran juga operasional perusahaan tersebut.

Sasaran corporate ad atau iklan korporat adalah para pemangku kepentingan, para pemangku kebijakan, pihak ketiga, forum wargadan rakyat secara generik.

Corporate ad akan poly berbicara mengenai value perusahan (corporate / company values) yg relavan dengan program strategis pemasaran dan acara strategis kemasyarakatan seperti CSR.

Program strategis pemasaran akan mengacu visi & misi perusahan dengan segala aktivitasnya secara global.

Program strategis kemasyarakatan mengacu dalam kepedulian dan tanggung jawab perusahan kepada wargaserta lingkungan sekitar, yang biasanya dalam wujud acara-acara CSR.# tiga.1.3 : Public service advertising

Merupakan iklan dalam bentuk layanan rakyat yang adalah bagian menurut kampanye perusahaan (dalam hal ini social marketing atau corporate social responsibility).

Atau merupakan iklan dari organisai atau instansi tertentu buat mengajak publik atau menghimbau wargabuat melakukan atau untuk tidak melakukan hal-hal eksklusif.

Contoh, iklan layanan untuk mengajak masyarakat melakukan penghijaun, menggunakan menggalakan penanamann tanamanpada depan rumah.

Contoh lain, iklan layanan rakyat buat mengajak publik buat menjauhi narkoba dan minuman keras.

Jadi dalam iklan layanan masyarakat tujuan iklan adalah mengajak rakyat buat melakukan atau meninggalkan kegiatan tertentu yang berhubungan dengan perilaku & lingkungan lebih kurang.# 3.dua : Berdasar Prinsip Periklanan

Berdasarkan prinsip-prinsip dalam periklanan, maka iklan dapat di kelompokan pada beberapa jenis iklan, antara lain adalah :Iklan Produk

Iklan produk adalah bentuk iklan baku atau yang umum terdapat waktu ini, yaitu perusahaan mengiklankan produknya ke pasar sasaran mereka.

Iklan ini mempunyai aneka macam tujuan yang bekerjasama eksklusif dengan produk, misalnya buat mengenalkan merek produk, buat menciptakan penjualan atau kepentingan yg lainnya.Iklan Eceran / Iklan Lokal