Pembuatan dan Spesifikasi dari Tangki Air Fiber

Setiap bangunan baik perumahan maupun gedung selalu memerlukan tangki air. Tangki air memungkinkan penyimpanan air tanpa harus selalu menyalakan dan mematikan pompa air. Namun pemilihan dari tangki tidak boleh dilakukan asal-asalan. Contoh tangki yang berkualitas adalah tangki air fiber.

 

Material dari fiberglass sendiri sudah menjadi terkenal mulai akhir tahun 1930-an. Kemudian proses pembuatan terus berkembang sampai menjadi fiberglass yang kita kenal selama ini. Anda yang tertarik mengetahui proses pembuatan dan juga spesifikasinya dapat melihat pembahasan sebagai berikut.

Pembuatan dan Spesifikasi dari Tangki Air Fiber

Perkembangan teknologi membuat industri dapat mengembangkan pembuatan filament yang lebih kuat dan tahan lama. Selain itu bahan-bahan yang digunakan juga semakin ramah lingkungan sehingga tidak terlalu mencemari air ketika tidak sengaja sedikit terlarut. Mari kita bahas langsung mengenai proses pembuatan dan spesifikasi dari tangki airnya.

1.       Pembuatan Tangki Air dari Bahan Fiberglass

Proses dimulai dengan pencampuran antara resin dengan talk. Jumlah resin yang digunakan biasanya antara 1,5 hingga 2 liter. Kemudian terdapat proses pengadukan agar kedua bahan dapat tercampur merata. Setelah diaduk beberapa saat maka tekstur berubah menjadi semakin kental.

Pada adonan fiberglass diberi katalis yang memenuhi rasio 1:1/40 yang mana resin sebanyak 1,5 liter berarti perlu diberikan katalis sebanyak 40 cc. Lalu perlu diberikan erosil sebanyak 400 sampai 500 gram sambil ditambahkan pigmen.

Apabila tekstur sangat kental atau tidak sesuai standar maka perlu diberikan katalis. Jika tekstur adonan fiberglass sangat encer umumnya akan diberikan aseton. Pemberian katalis akan sangat berpengaruh terhadap terjadinya proses pengeringan.

Bagian cetakan dipoles dengan mirror dan dilakukan memutar agar seluruh permukaan cetakan terlapisi merata. Apabila mirror sudah terserap di permukaan cetakan segera dilap pakai kain bersih. Permukaan cetakan ditambahkan olesan PVA dan masukkan adonan dasar.

Tunggu proses adonan dasar sampai agak kering. Pada bagian campuran dapat ditambahkan selembar mat sambil dilapisi adonan dasar.

2.       Spesifikasi Tandon Fiberglass

Tandon fiberglass punya tingkat kekakuan lebih tinggi daripada polimer awalnya. Berkat tingkat kekakuan yang tinggi maka tandon dari bahan fiber bisa digunakan jangka lama. Pemilik tandon dari bahan fiber juga tidak perlu merawat dengan sering sehingga bebas dari biaya perawatan.

Proses untuk menginstalasi juga jauh lebih mudah daripada jenis tangki dari bahan lain. Harga yang ditawarkan kepada pembeli juga cukup terjangkau.