Panduan Berkunjung Pulau Labengki dan Sombori, Surga Dunia di Sulawesi

Pulau Labengki

Pulau Labengki Sulawesi dikenali mempunyai beberapa pulau kecil yang eksotik dan mempesona. Salah satunya seperti Pulau Labengki dan Sombori. Pulau Labengki ada di Sulawesi Tenggara, sementara Pulau Sombori berada di Sulawesi tengah.

Ke-2 nya terbagi dalam rangkaian beberapa pulau kecil dan dikenali sebagai “surganya” menyelam, snorkeling, atau memancing. Labengki dan Sombori bahkan juga dikatakan sebagai Raja Ampatnya Sulawesi, karena pemandangan alam yang tidak kalah cantik.

Nach, untuk kamu yang ingin berkunjung ke-2  pulau ini, berikut beberapa tips yang perlu kamu kenali!

1. Langkah ke arah ke situ

Pulau Labengki ada di Sulawesi Tenggara, sementara Pulau Sombori berada di Sulawesi tengah. Dari Jakarta, kamu dapat pilih penerbangan ke arah Kendari.

Dari Lapangan terbang Haluoleo di Kota Kendari, perjalanan diteruskan ke Dusun Toli-toli sekitaran dua jam dengan memakai kendaraan motor. Kemudian, kamu dapat meneruskan perjalanan seberang ke Labengki memakai speedboat.

Benar-benar dianjurkan pergi saat pagi hari, karena makin sore ombak lebih sering ada. Perjalanan laut dapat memerlukan waktu 2-4 jam bergantung keadaan cuaca.

Dan untuk Pulau Sombori, dapat dicapai memakai pesawat dari Lapangan terbang Mutiara Palu ke Lapangan terbang Maleo, Morowali. Seterusnya, perjalanan dari lapangan terbang dapat diteruskan memakai kendaraan motor ke arah Bungku, Ibu Kota Kabupaten Morowali, sepanjang 30 menit.

Dari situlah kamu dapat seberang memakai speedboat sepanjang sekitaran dua jam ke Pulau Sombori. Jika ingin lebih singkat, kamu bisa juga meneruskan perjalanan ke Pulau Sombori saat telah senang bermain di Pulau Labengki. Umumnya ada kapal untuk ke arah Pulau Sombori dari Labengki.

baca lagi paket wisata Pulau Sepa 

2. Pemondokan yang ada

Ada banyak pemondokan yang ada di Labengki dan Sombori. Satu diantaranya Homestay Labengki Beach Hut Resor.

Pemondokan simpel ini sediakan beberapa sarana standard, seperti kipas angin, kasur, kamar mandi, dan makan 3x satu hari. Harga sekitaran Rp500 ribu per-orang.

Alternative yang lain, kamu dapat bermalam di dalam rumah warga yang populer benar-benar ramah pelancong. Satu rumah umumnya mempunyai rerata delapan ruang tidur dan lima kamar mandi. Hingga, bila pergi bersama kelompok, dapat istirahat pada sebuah rumah.

Biaya bermalam di dalam rumah warga umumnya benar-benar murah. Kamu cukup bayar ongkos makan sekitaran Rp30 ribu per-orang.

baca juga : Panduan Berkunjung Pulau Labengki dan Sombori, Surga Dunia di Sulawesi

3. Panduan yang lain

Untuk mempermudah perjalananmu ke Labengki dan Sombori, kamu dapat memakai jasa paket rekreasi yang tersedia banyak lewat cara online. Ada banyak situs trip murah untuk ke dua pulau itu. Beberapa salah satunya ialah Hepitripfamily, Wisatasombori, Fun-adventure, Hwktravel, dan Sukawisata.

Sebagai contoh, Hepitripfamily umumnya menetapkan biaya sekitaran Rp1,tiga juta per-orang. Dengan biaya begitu, kamu bisa nikmati sarana fasilitas sepanjang trip berbentuk pemondokan tiga hari 2 malam, alat snorkeling dan pelampung, ticket masuk ke tempat rekreasi, dan ada banyak kembali yang lain.

Yang penting dikenang bila kamu ingin berkunjung Labengki dan Sombori, yakinkan selalu bawa battery handphone cadangan dan powerbank ya.

Masalahnya listrik di Labengki dan Sombori masih terbatas. Umumnya cuman ada sepanjang 12 jam saja, dimulai dari sesudah matahari tenggelam sampai pagi hari.

Nach, itu beberapa panduan berkunjung Pulau Labengki dan Sombori di Sulawesi . Maka kapan ingin ke situ?