Perhatikan dan Pahami Hal Berikut Ini Sebelum Pasang Panel Surya

Dimasa sekarang ini, banyak rumah tangga yang mengeluhkan biaya tagihan listrik mengalami kenaikan. Untuk menyiasati hal itu, banyak rumah tangga yang mulai melakukan investasi dengan pasang panel surya.  Sebelum pasang panel surya alangkah lebih baik meninjau beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Memasang Panel Surya

  1. Sesuaikan Dengan Daya Listrik Anda.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memasang panel surya yaitu pilih yang menyediakan paket yang sesuai jumlahnya dengan daya listrik rumah anda atau yang mendekati, dengan begitu penghematan yang dilakukan dapat lebih maksimal, misalnya daya rumah anda adalah 2200 Watt maka pilihlah paket 2200 Watt atau yang mendekatinya.

 

  1. Rencana Penempatan

Hal berikutnya yaitu memilih penempatan, perlu dipastikan bahwa rumah anda memiliki ruang dan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Sebelumnya  anda dapat melakukan konsultasi dengan ahli supaya anda memperoleh hasil maksimal dari mekanisme penempatan sistem solar panel anda

 

  1. Bahan panel surya

Material yang sering digunakan untuk pemakaian pada bangunan residensial maupun komersial adalah jenis Monocrystalline. Bahan ini sering digunakan dikarenakan harganya ekonomis dan tingkat efisiensinya sangat baik.

Meskipun banyak beredar di pasaran, Anda tetap harus teliti terhadap jasa yang menawarkan pemasangan panel energi surya. Selain itu, jangan hanya terpaku pada harga yang murah dengan kualitas yang rendah.

 

  1. Suhu Udara dan Kecepatan Angin

Temperatur lokasi penempatan pemasangan panel surya dapat mempengaruhi performa mekanisme pembangkit listrik. Panel surya dapat bekerja dengan maksimal dengan temperatur lingkungan yang normal yaitu kurang lebih sekitar 25 derajat celcius.

Peningkatan suhu dapat mengakibatkan pengurangan perform panel surya, sehingga kecepatan angin di lokasi jadi penting karena akan menolong pendinginan suhu permukaan sel surya.

 

  1. Luas Tempat pada Atap

Luas tempat atap gedung atau bangunan akan mempengaruhi kemampuan listrik yang dibuat oleh PLTS Atap. Rata-rata panel surya membutuhkan kurang lebih 2.5 m2 untuk produksi 1 kWh listrik. Selain itu, mengetahui luas atap serta kekuatan kemampuan mekanisme dipasang menjadi pemikiran dalam memilih type panel surya.

Anda dapat pilih tipe panel surya yang mempunyai efektivitas semakin tinggi untuk mengoptimalkan kekuatan produksi listrik apabla tidak mempunyai luas atap yang lumayan besar.

 

  1. Garansi & Dukungan Service

Setelah mengetahui hal hal yang perlu anda persiapkan sebelum memilih pasang panel surya, hal berikutnya adalah memilih vendor atau penyedia sistem PLTS yang bagus, untuk mengetahui vendor yang bagus atau tidak biasanya kita menggunakan parameter “After Sales Service”.

Demikianlah 6 hal yang harus anda ketahui sebelum memasang panel surya. Percayakan pemasangan panel surya di rumah anda dengan SUN Energy. SUN energy memiliki produk berkualitas terbaik yang dapat disesuaikan dengan skala kebutuhan Anda mulai dari rumah hingga industri. Dengan DP 0% anda bisa mendapatkan panel surya/PLTS/solar panel terbaik SUN Energy.