Dunia Bisnis

Uncategorized

Modal Kecil Untung Besar dari Bisnis Berjualan Pulsa Elektrik

Pulsa elektrik adalah jenis pulsa yang dikirimkan melalui chip-chip operator dengan Harga XML MOBILE yang terjangkau. Jadi ketika kita mendapatkannya, maka akan ada pemberitahuan-pemberitahuan dari operator seperti MKios, Mtronik, Dompul, E-Axis dan lain sebagainya.
Berbeda dari pulsa voucher di mana kita harus menggosok kode vouchernya, maka untuk membeli pulsa elektrik cukup dengan memberitahu nomor ponselnya. Maka pulsa akan langsung masuk sesuai nominal yang dibeli.
Sebenarnya jika kita bicara soal pulsa elektrik yang bermodal kecil, maka ini tergantung pada depositnya. Jadi kalau jualan pulsanya depositnya banyak, maka butuh modalnya pun besar. Sebaliknya kalau depositnya sedikit pun, maka akan kecil.
Kelemahan bisnis pulsa elektrik adalah pengusaha harus mendaftar pada program penjualan pulsa masing-masing operator. Sebab chipnya berbeda-beda untuk tiap operator. Meskipun kini sudah banyak muncul bisnis pulsa all operator, tapi biasanya ini dikendalikan oleh pihak ketiga. Jadi ada semacam platform yang mewadahinya sebagai perantara.
Menggunakan logika bisnis manapun, usaha jual pulsa elektrik memiliki keuntungan yang sebenarnya sedikit, per transaksi hanyalah maksimal Rp2000 rupiah saja. Tapi bicara bisnis pulsa adalah bicara tentang banyaknya transaksi. Jadi kalau dari nilai kecil ini bisa dikalikan banyak struk pelanggan, maka bakalan jadi banyak.
Untuk modal awal jual pulsa elektrik idealnya adalah Rp 500.000 untuk depositnya. Baik jenis all operator atau yang manual per operator. Karena kalau misalnya depositnya sedikit, kemungkinan besar bakal susah dijual dan sebentar-sebentar akan habis.
Sebelum memulai jualan pulsa elektrik, pastikan sudah memiliki lokasi strategis untuk berjualan. Dan alangkah baiknya kalau sambil jual pulsa juga sambil jualan token listrik. Sebab keduanya seperti sudah sinergi bagi para pedagang pulsa di Indonesia.