Dunia Bisnis

Mesin Kasir Manual
Bisnis, Elektronik

Mesin Kasir Manual dan Kegunaannya

Mesin Kasir Manual – Bagi anda yang mempunyai usaha toko, minimarket hingga apotik pastinya keberadaan mesin kasir sudah pasti sangat penting untuk anda bukan? Apakah pernah membayangkan apa jadinya tanpa adanya alat penghitung yang satu ini? Tentu transaksi penjualan maupun pembelian pun tidak akan berlangsung lancar bukan?

Tidak hanya memudahkan dalam hal transaksi jual beli saja. Melainkan adanya mesin kasir ini pastinya juga akan membantuk anda dalam melakukan perhitungan secara lebih akurat dan mendetail pada setiap transaksi. Selain sistem rekam penjualan, pembukuan, sampai membangun rasa percaya kepada konsumen sendiri.

Mesin Kasir Manual

Pada dasarnya mesin kasir ini tidak hanya dilakukan untuk mempercepat untuk proses checkout saja. Melainkan saat ini sudah ada mesin kasir yang dapat merekap laporan penjualan yang pastinya lebih detail bahkan juga bisa mengelola inventarisasi.

Maka dari itu untuk memilih mesin kasir yang tepat bagi jenis usaha anda tentunya merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan dengan penuh ketelitian. Hal ini tak lain karena saat ini sudah banyak sekali mesin kasir yang banyak dijual di pasaran. Mulai dari yang manual hingga yang sudah digital.

Nah bagi anda yang mempunyai usaha  warung kecil maupun toko dan bahkan apotik maka anda bisa menggunakan mesin kasir yang berjenis offline alias manual ini. Di mana anda bisa menyimpan uang di dalam laci mesin kasir tersebut.

Pastinya anda sudah sering melihat mesin kasir yang satu ini bukan? Nah cara kerja dari Mesin kasir manual ini tak lain yaitu hanya bisa dibuka apabila anda melakukan transaksi penjualan yang mana sudah diterima oleh kasir.

Untuk memasukkan jumlah penjualan maka anda harus melakukannya dengan cara manual yaitu mengetikkannya di keyboard. Tetapi saat ini mesin kasir manual ini sudah semakin canggih yang mana sudah berkembang menjadi elctronic cash register atau lebih sering disingkat dengan ecr.

Dengan begitu kasir pun hanya perlu melakukan scanning barcode saja terhadap barang yang akan dibeli oleh customer. Nantinya total dari penjualan tersebut akan secara otomatis terupdate dengan sendirinya. Sangat menarik bukan?

Tetapi jangan salah, meskipun terlihat standar mesin kasir yang satu ini sudah bisa mencetak struk penjualan lho! Bahkan, mesin kasir ecr ini juga secara otomatis sudah mencetak struk salinan dari penjualan tadi sebagai bukti ketika melakukan pembukuan lho!

Lantas berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sebuah mesin kasir? Apabila anda ingin membeli mesin kasir yang konvensional maka harga jualnya sendiri bisa dibilang cukup mahal. Hal ini bergantung pada fitur maupun fasilitas yang dimilikinya.

Mengapa begitu? Hal ini tak lain karena dengan membeli mesin kasir yang konvensional tersebut anda masih diharuskan untuk membeli perangkat keras lainnya apabila ingin menggunakan monitor tambahan untuk sisi pelanggan, mesin edc, dan bahkan juga barcode scanner.

Pastinya perangkat yang telah disebutkan tadi mempunyai harga yang tidak sedikit bukan? Beda halnya jika anda membeli mesin kasir yang sudah digital alias modern. Anda tidak perlu membutuhkan berbagai macam perangkat yang telah disebutkan di atas tadi sebab sistem tersebut sudah menjadi satu paket di dalamnya.

Salah satu mesin kasir digital tersebut tak lain keluaran imin. Di mana mesin kasir ini pastinya mempunyai fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Mesin kasir manual.

Kelebihan yang dimiliki oleh mesin kasir imin ini tak lain yaitu mampu menawarkan berbagai macam kemudahan. Baik itu proses pembayaran, manajemen karyawan, persediaan barang, pembuatan laporan, hingga mengumpulkan data pelanggan lho!

Satu hal yang terpenting yang harus anda lakukan sebelum memutuskan untuk membeli apakah Mesin kasir manual atau mesin kasir digital seperti imin, maka sesuaikan terlebih dahulu mesin kasir anda sesuai dengan kebutuhan ya!