Mengenali Pulau Satonda, Tujuan Rekreasi Unik yang Eksotik di Utara NTB

Pulau Satonda

Pulau Satonda Akui cinta Indonesia, apakah sudah kamu ketahui mengenai Pulau Satonda? Pulau kecil di propinsi Nusa Tenggara Barat, persisnya di barat laut Gunung Tambora ini ialah tujuan unik yang eksotik yang harus masuk bucket list-mu. Tidak cuman tawarkan kekuatan rekreasi yang prospektif, Pulau Satonda simpan narasi mistis yang memikat.

Nach, ingin tahu lebih dalam mengenai Pulau Satonda yang kabarnya dahulunya sebagai gunung api purba? Dapatkan jawabnya di artikel ini, yok!

1. Pulau Satonda mempunyai danau di tengah pulau

Jika kamu pernah dengar mengenai Pulau Kakaban yang berada di Kepulauan Derawan, karena itu Pulau Satonda mempunyai wujud pulau yang serupa dengannya, yakni ada danau yang ada di tengah pulau.

Perbedaannya, bila Pulau Kakaban ialah sebuah pulau karang atau atol, karena itu Pulau Satonda beritanya tercipta dari gunung api purba yang meledak. Letusan hebat itu menyebabkan terciptanya kaldera, selanjutnya berisi air hujan, dan pada akhirnya membuat danau.

2. Danau di Pulau Satonda mempunyai rasa asin

Antiknya, air di danau Satonda tidak berasa tawar, tetapi asin bak air laut. Bahkan juga, kabarnya kandungan garam di danau Satonda semakin tinggi dibandingkan air laut, lho. Hal itu akan membuat kamu lebih mudah mengapung saat berenang di danau Satonda.

Teori yang menyebutkan argumen mengapa air danau Satonda dapat berasa asin ialah karena erupsi dari Gunung Tambora. Saat Gunung Tambora meledak, terjadi tsunami yang mempunyai ketinggian capai 10 mtr. dan ke arah danau di tengah-tengah Pulau Satonda.

Air laut karena tsunami itu yang selanjutnya isi danau Satonda dan membuat jadi berasa asin sampai sekarang ini.

baca : 5 Eksotisnya Liburan Bahari Pulau Kalimantan, Kamu Mesti Mendatangi!

3. Menggantung batu supaya doa segera diwujudkan

Hal unik yang lain yang dapat kamu temui di pinggir danau ialah ada banyak batu-batuan yang diikat memakai tali, selanjutnya digantung dalam suatu pohon namanya pohon Kalibuda. Pohon Kalibuda dipandang sakral oleh warga lokal. Mereka yakin jika batu yang digantung di pohon itu sebagai simbol doa dan permintaan.

Yakin atau tidak, siapa saja yang mempunyai keinginan, lalu mengikat batu dan digantung di pohon Kalibuda, karena itu kemauannya itu dapat semakin cepat diwujudkan. Yang memikat, tidak hanya warga lokal saja yang memercayai pohon gaib ini, tetapi turis-turis asing banyak juga yang mencoba dogma pohon Kalibuda itu.

 

4. Trackking ke atas bukit untuk menyaksikan pulau dan danau Satonda dari ketinggian

Ternyata, dari gerbang masuk pulau ada lajur khusus untuk trackking ke arah salah satunya pucuk bukit, lho. Dari bukit itu, kamu dapat semakin bebas melihat danau dan keseluruhnya Pulau Satonda dari ketinggian.

Bila merencanakan lakukan trackking ke atas bukit, pastikanlah kamu menggunakan alas kaki yang nyaman dan masih tetap prioritaskan kehati-hatian. Karena kemiringan lajur termasuk cukuplah curam. Tetapi, kamu tidak perlu cemas tersengat cahaya matahari karena sejauh perjalanan ialah rimba yang cukup rimbun hingga akan sangat terasa teduh.

baca juga pulau tidung 2 hari 1 malam

5. Pulau Satonda asyik buat snorkeling

Sesudah mengeksploitasi sisi dalam pulau Satonda, karena itu janganlah sampai melewati daya tarik bawah laut di perairan Pulau Satonda. Cuman berenang sepanjang beberapa mtr. saja dari bibir pantai, kamu bisa menemui terumbu karang dan ikan berwarna-warna yang berenang disekelilingnya. Rekreasi paket komplet sekali, kan?

6. Pulau Satonda tidak memiliki penghuni

Seperti Pulau Kakaban, Pulau Satonda pun tidak memiliki penghuni. Tetapi, karena kekhasan yang dipunyainya, pulau ini sah jadi Taman Rekreasi Alam Laut (TWAL) dan menjadi satu diantara lokasi pelestarian dan laboratorium riset.

Ada banyak cottage yang ada sebagai sarana pemondokan beberapa pelancong yang tiba bertandang. Tetapi, bila ingin one day trip ke Pulau Satonda tidak masalah.

Bagaimana, gaes? Bagus sekali bukan berekreasi ke Pulau Satonda? Dimulai dari rekreasi riwayat, narasi mistik, trackking, sampai rekreasi bawah laut, semuanya ada pulau kecil ini. So, tidak boleh terlewat ke Pulau Satonda jika kamu merencanakan ke Nusa Tenggara Barat, ya.