Mengenal Teknik Mengemudi Bernama Eco Driving

Begini Cara Mengemudi "Eco" yang Asyik | Hyundai Mobil Indonesia

Mungkin kamu sering mendengar adanya teknik mengemudi Eco Driving yang dianggap sebagai pionir berkendara ramah lingkungan. Di dalam penerapannya, banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh pengemudi, khususnya pada kendaraan mobil.

Sayangnya, tidak banyak orang yang mau menerapkan teknik ini karena masih kurang paham. Untuk itu, kita akan bahas mengenai teknik mengemudi Eco Driving dan cara melakukannya seperti di bawah ini.

Pengertian Teknik Mengemudi Eco Driving

Eco Driving sendiri merupakan cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien serta berperan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Selain efisien, penerapan teknik mengemudi Eco Driving juga berkontribusi terhadap program pelestarian lingkungan. Caranya dengan mengurangi sumbangan gas CO2 yang selama ini kendaraan bermotor menjadi sumber emisi karbon terbesar nomor 3.

Pada dasarnya, Eco Driving merupakan bagian dari 3 aspek keahlian mengemudi yang wajib dikuasai oleh pengemudi. Dua lainnya antara lain Defensive Driving yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang, serta Safety Driving yang mengutamakan teknik mengemudi aman dan selalu berpikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan yang ada.

Menariknya lagi, Eco Driving mengombinasikan teknik mengemudi Safety Driving dengan psikologi Defense Driving. Di bagian itulah, akhirnya tercipta teknik mengemudi yang menghemat waktu, biaya, aman, serta ramah lingkungan.

 

Cara Melakukan Teknik Mengemudi Eco Driving

Beberapa cara mudah melakukan teknik mengemudi Eco Driving bisa kamu simak di bawah ini.

1.      Tidak Bawa beban Berlebihan

Sebelum mengemudi, kamu harus persiapkan mobil untuk bisa menerapkan cara berkendara eco driving. Cara paling mudah adalah jangan bawa beban terlalu banyak di dalam kabin..

Perlu dipahami bahwa saat beban mobil bertambah saat berkendara, maka kinerja mesin dituntut lebih keras. Akibatnya malah boros bahan bakar. Oleh karena itulah, bereskan kabin mobil dari barang-barang yang tidak perlu atau bawa barang secukupnya saja.

2.      Bawa Mobil dengan Santun

Mungkin kamu melihat di jalanan kota-kota besar seperti Jakarta masih banyak pengendara mobil yang mengemudi dengan ugal-ugalan. Hal tersebut tentunya membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Dalam teknik mengemudi Eco Driving, pengemudi idealnya menekan pedal gas dengan perlahan dan dilanjutkan dengan mengoper persneling ke tingkatan lebih tinggi. Usahakan rpm putaran mesin berada di angka 2000 hingga 3000.

Berbicara kecepatan, idealnya dalam Eco Driving adalah di angka 60 sampai 70 km per jam. Untuk pengereman juga tidak bisa sembarangan. Pengemudi harus memperhitungkan jarak sekitar 3 detik dari objek di depan dan manfaatkan engine break agar pengereman menjadi optimal. Mobil-mobil modern pun memiliki tombol eco mode. Kamu bisa tekan tombol itu saat berkendara, supaya konsumsi BBM jadi lebih hemat.

3.     Penggunaan AC Harus Dilakukan dengan Tepat

Poin selanjutnya saat menggunakan teknik mengemudi Eco Driving adalah penggunaan AC. Untuk AC mobil sebaiknya selalu di kondisi normal dan jangan terlalu dingin. Perlu diketahui bahwa penggunaan AC juga menjadi salah satu penyebab borosnya bahan bakar. Ada baiknya suhu ideal ruang kabin sekitar 20-23 derajat celcius dan tidak perlu di bawah itu.

Kalau AC mobil di atur terlalu dingin, maka kinerja mesin akan semakin berat karena saling berhubungan. Akibatnya, konsumsi BBM jadi lebih boros. Jika mau mengatur suhu AC lebih dingin, sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama. Ketika sudah mendapat kesejukan yang sesuai, segera kembalikan lagi ke suhu ruangan yang normal.

Demikian mengenal teknik mengemudi bernama Eco Driving. Untuk kamu yang ingin belajar mengemudi dengan teknik Eco Driving, cobalah kunjungi Hyundai test drive yang ada di Senayan Park.  Saat melakukan test drive, kamu bisa memilih mobil yang sesuai dengan keinginan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website resminya Hundai di sini.