Mengapa perlu mining rig?

Mining rig adalah rangkaian dari sejumlah kartu grafis yang dirakit bersama untuk menciptakan daya yang lebih besar. Hal tersebut tentu bermanfaat saat proses penambangan sehingga menghasilkan keuntungan lebih besar dan beroperasi di saat bersamaan.

Menambang aset kripto adalah sebuah proses yang membutuhkan biaya dan daya yang besar. Bahkan harga mining rig juga terbilang mahal dan membutuhkan energi listrik yang tinggi.

Di sejumlah marketplace, harga mining rig dapat ditemukan dalam kisaran harga Rp2 juta sampai lebih dari Rp100 juta tergantung pada ketelitian partisi. Namun, jika digunakan secara optimal, penggunaan mining rig adalah solusi untuk memperoleh keuntungan di ruang kripto.

Pada dasarnya, setiap komputer telah dirancang dengan kemampuan untuk menghitung jenis algoritma apapun. Namun, kecepatan dan performa adalah hal penting yang harus dimiliki oleh komputer untuk proses penambangan.

Hal ini terkait dengan kemampuan komputer dalam memproses kode hash karena hanya kode terbaik yang akan mendapatkan harga tinggi. Oleh karena itu, fungsi mining rig adalah mengoptimalkan performa suatu perangkat komputer untuk menghasilkan keuntungan lebih besar saat proses penambangan aset kripto.

Tidak hanya itu, proses perhitungan kode hash juga didasarkan pada kebetulan. Maknanya, semakin banyak hash yang diperoleh di setiap detiknya, maka peluang mendapatkan koin baru juga semakin besar. Selain itu, proses penambangan untuk setiap jenis mata uang kripto membutuhkan peralatan dan kebutuhan berbeda.

Oleh karena itu, memastikan jenis mata uang yang akan ditargetkan penting untuk dilakukan sebelum memilih peralatan penambangan. Selain kebutuhan akan kartu grafis, penambang juga perlu memperhatikan daya listrik yang dibutuhkan. Biasanya, komputer penambang akan bekerja sepanjang waktu.