Mau Budidaya Ikan Cupang? Simak Caranya yang Mudah Ini

 

Jika Anda berminat untuk memelihara dan membudidayakan hewan, Budidaya Ikan Cupang bisa jadi pilihan tepatnya. ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang cukup populer di dunia karena kecantikan warna dan ekornya yang memukau. Selain itu, ikan yang tak pernah redup popularitasnya ini pun sangat mudah dipelihara. Selain, menjadi hobi memelihara ikan juga punya manfaat penting bagi kesehatan mental, diantaranya mampu meredakan stress.

Ikan cupang yang cantik dengan warna-warnanya yang menarik, tidak membutuhkan perawatan khusus. Sehingga banyak yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan paling rekomended di rumah. tidak hanya itu, Anda juga bisa membaca peluang dari budidaya ikan cantik yang populer ini, baik dari modalnya yang minim sampai dengan tempat yang tidak terlalu luas. Bahkan menariknya lagi, siapa saja dapat melakukannya jika memahami caranya.

Mau Budidaya Ikan Cupang? Simak Caranya yang Mudah Ini

Dalam melakukan ternak dan Budidaya Ikan Cupang, perlu beberapa step yang tepat. Apabila tidak dilakukan dengan tepat, maka ikan cupang yang Anda pelihara bisa sakit bahkan mati. Terlebih pengeluaran dalam pewarnaan yang sudah Anda keluarkan untuk ternak ikan ini tidak sedikit.

Oleh maka dari itu, untuk melakukan step by step dalam memelihara ikan cupang harus Anda kuasai. Berikut dibawah ini beberapa cara untuk budidaya dan ternak ikan cupang yang tepat dan benar.

1.     Siapkan Lokasi yang Tepat

Poin pertama yang perlu disiapkan adalah, lokasi untuk budidayanya. Lokasi bisa didalam atau diluar rumah. Namun, kalau dilihat dari kendala keamanan maka ada baiknya jika Anda melakukan budidaya di dalam rumah saja. Selain aman, pengawasannya pun lebih mudah.

2.     Mengetahui Jenis Ikan Cupang

Poin kedua yang harus disiapkan setelah lokasi dan media untuk budidaya, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengetahui jenis cupang yang hendak digunakan. Perhatikan trend dari ikan yang populer agar Anda dapat dengan mudah menjual ikan yang telah dibudidayakan. Perlu diketahui juga, kalau cupang sangat butuh kondisi air dengan suhu berkisar 24 sampai 27 o untuk mereka dapat hidup dengan baik. upayakan untuk memasang termometer di kolam untuk memantau kondisi suhu air secara berkala.

3.     Pilih Indukan Cupang yang Berkualitas

Memilih indukan cupang dengan kualitas bagus dapat memberikan hasil cupang yang baik pula. Penting untuk Anda mengetahui kriteria indukan cupang yang baik sebelum proses pemijahan. Kriteria indukan yang baik diantaranya:

  • Sehat
  • Memiliki warna corak menarik
  • Dewasa
  • Tidak cacat fisik

4.     Pakan Ikan Cupang

Jika ikan sudah berusia 1 bulan lebih, maka pakan cupang harus diganti dengan pakan cacing sutra atau dengan pelet ikan hias. Pemberian pakan yang baik hanya dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.

5.     Perawatan Anakan Cupang

Jika telurnya sudah menetas, sebaiknya Anda memisahkan anakan tersebut dari induknya dan tempatkan pada media yang cukup besar. Jika sudah dipindahkan, Anda bisa memberinya makan dengan kutu air artemia.

6.     Penanggulangan Penyakit dan Hama Ikan Cupang

Ternak dan budidaya ikan cupang sangat berpotensi akan terserang hama penyakit, sehingga untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa penyakit yang mungkin dapat menyerang ikan Anda kapan saja. Tetap jaga kebersihan air di media budidaya dengan cara rutin mengganti air 3-4 hari sekali guna mencegah timbulnya bakteri.

Jadi, itulah beberapa cara https://www.bfi.co.id/id/blog/budidaya-ikan-cupang-dari-kegemaran-jadi-penghasilan-tambahan yang bisa Anda coba lakukan. Semoga cara-cara diatas berhasil dan selamat mencoba.