Dunia Bisnis

manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup
Informasi

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup manusia dan lingkungan

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup manusia dan lingkungan.Bumi merupakan tempat tinggal bagi seluruh makluk hidup, setiap makhluk hidup memiliki peran dan manfaat tersendiri.Seperti contohnya tumbuhan, tumbuhan merupakan salah satu tumbuhan yang sangat berguna dan sangat dibutuhkan demi kelangsungan hidup makhluk lainnya.Misalnya kita manusia yang tentu membutuhkan tumbuhan baik itu untuk makanan atau hal lainnya.Banyak sekali manfaat dari tumbuhan bagi makhluk hidup lainnya yang diantaranya sebagai berikut.

Manusia tentu saja membutuhkan tumbuhan demi kelangsungan hidupnya dibumi, diantara manfaat dari tumbuhan tersebut sebagai berikut.

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup manusia dan lingkungan

 

manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup

manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup

Sumber makanan

Hal yang paling penting dari manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup manusia adalah sebagai sumber makanan. Karena makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Tumbuhan sendiri menjadi salah satu makanan yang dibutuhkan bagi tubuh agar tetap sehat. Tumbuhan tersebut diantranya adalah sayuran dan buah-buahan yang harus benyak dikonsumsi oleh manusia agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini tentu membuktikan bahwa manfaat dari tumbuhan sangat dibutuhkan bagi manusia.

Penyedia oksigen bagi manusia

Tak kalah penting juga manfaat selanjutnya dari tanaman adalah sebagai penyedia oksigen. Udara bersih dan segar hanya dapat disediakan oleh tumbuhan dengan tanpa andanya tumbuhan manusia dan hewan tidak akan memiliki udara yang segar untuk bernafas. Tumbuhan dapat menyediakan oksigen dan mebersihkan udara kotor yang ada di bumi melalui proses yaitu proses fotosisntesis.

Tumbuhan memiliki peran besar bagi kehidupan dalam menyediakan oksigen.Tumbuhan yang paling banyak menyumbangkan oksigen yang ada dibumi adalah tumbuhan yang ada dilaut, tumbuhan tersebut dinamakan fitoplankton. Agar manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup di bumi tetapt erjaga. Maka dari itu kita harus menjaga kelestarian makhluk hidup tumbuhan ini dengan baik. Salah satunya bisa dengan menanam pohon.

Membersihkan polusi udara

Polusi udara yang berasal dari pabrik dan kendaraan bermotor sudah tidak dapat di hindari lagi, .Karena saat ini hampir dimana mana pabrik dan kendaraan yang menyebabkan polusi udara. Tentu dengan banyaknya udara yang tercemari karena polusi dari kendaraan ataupun dari pabrik ini dapat menyebabkan penyakit. Maka dari itu manfaat tumbuhan bagi makluk hidup dapat membersihkan udara dari polusi. Semakin banyak area hijau khususnya di perkotaan dapat membantu mengurangi pencemaran udara.

Selain manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup, tumbuhan juga memiliki manfaat bagi lingkungan sekitar, manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

Sebagai ruang hijau

Semakin kesinilah hijau semakin berkurang karena banyak lahan-lahan yang digunakan untuk membangun jalan, dan prusahaan – perusahaan industri. Tentu dengan berkurangnya lahan hijau ini akan meyebabkan udara bersih semakin berkurang. Karena yang seharusnya ruang hijau menyediakan oksigen dan menyerap udara kotor tidak menyerap dengan maksimal. Karena banyaknya lahan hijau yang hilang.

Mengurangi pemanasan gobal

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup dan lingkungan. Tumbuhan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan dibumi, selain sebagai makanan. Dan sumber udara bersih tumbuhan juga memiliki peran dalam mengurangi pemanasan global. Maka dari itu saat ini banyak gerakan menanam seribu pohon, karena begitu pentingnya tumbuhan ini. Walalaupun hanya sedikit namun tumbuhan tetap memiliki dampak positif bagi bumi.

Sebagai sumber penyedia air

Manfaat tumbuhan selain meyediakan udara bersih juga sebagai penyedia air, terutama pada saat kemarau tumbuhan  dapat mencegah kekeringan. Hal ini karena tumbuhan dapat menyerap air pada akarnya yang dapat menjadi penyedia air di bawah tanah. Demikianlah pembahasan mengenai manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup manusia dan lingkungan.