Manfaat Kalibrasi Bagi Perusahaan

Kalibrasi merupakan aktifitas yang bertujuan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang tertelusur (traceable) ke standar nasional maupun internasional untuk satuan ukuran dan/atau internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.

Bagi industri manufaktur, proses pengukuran pada instrumen harus terkalibrasi sampai memperoleh hasil yang akurat. Kegagalan untuk laksanakan kalibrasi di bidang manufaktur dapat disebabkan oleh cedera pada tenaga pakar atau lebih-lebih adanya bencana alam.

Manfaat kalibrasi bagi industri manufaktur adalah:

Pemenuhan kualifikasi beberapa syarat ISO/QMS
Keakuratan hasil pengujian pada output produksi
Kepentingan pengendalian memproduksi yang baik
Panduan didalam membaca alat ukur yang digunakan
Panduan didalam menyebabkan laporan berdasarkan knowledge yang akurat
Kapan perusahaan harus mengkalibrasi alat ukur?

Sebenarnya pemilihan selagi untuk mengkalibrasi tergantung pada perusahaan itu sendiri. Karena, instrument atau alat ukur yang dimiliki jadi tanggung jawab perusahaan itu sendiri. Perusahaan dapat menghendaki panduan dari laboratorium yang udah terkualifikasi berkenaan selagi yang tepat untuk mengkalibrasi instrument dan alat ukur flow meter.

Penentuan selagi kalibrasi sesungguhnya dapat diperkiran layaknya mengganti oli kendaraan. Misalkan, alat ukur harus dikalibrasi selagi mencapai 400 jam penggunaan atau setahun sekali dari masa pemakaian.

Biaya dan risiko berkenaan dengan alat pengukur yang tidak dikalibrasi dapat jauh lebih tinggi daripada biaya pada alat ukur yang terkalibrasi. Oleh dikarenakan itu, direkomendasikan bahwa alat ukur tersebut dikalibrasi secara teratur oleh perusahaan yang punya reputasi baik.