Dunia Bisnis

Informasi

MANFAAT DAN PENGERTIAN KALIBRASI PADA FLOW METER

Proses kalibrasi bisa saja lebih akrab bagi orang daripada definisi sesungguhnya dari makna tersebut. Setiap instrumen atau alat pengukur yang manfaatkan unit pengukuran harus diatur dengan benar supaya unit terhadap skala pengukuran dibaca secara akurat. Misalnya, skala kamar mandi yang dapat disesuaikan yang berbunyi 2 lbs. ketika tidak tersedia yang berdiri di atasnya harus diatur lagi supaya membaca 0 lbs. di dalam situasi ini.

Calibration Flow meter tokico Ditetapkan

Definisi yang lebih sempit dari kalibrasi makna hanya melibatkan memperbandingkan instrumen atau alat pengukur dengan standar, tanpa melaksanakan penyesuaian untuk mengakibatkan instrumen membaca dengan benar. Langkah kedua, melibatkan penyesuaian atau “mengatur lagi skala,” kadang-kadang disebut verifikasi. Namun, di dalam pemanfaatan biasa, umumnya orang memasukkan cara verifikasi di dalam sistem kalibrasi atau kalibrasi lagi standar.

Sebuah perusahaan yang membayar $ 2.000 untuk punyai flowmeter ultrasonik yang dikalibrasi lagi bisa saja besar tidak dapat senang dengan laporan yang mengatakan, “Kami telah menguji flowmeter Anda terhadap standar yang disetujui dan mendapatkan bahwa itu tidak membaca dengan benar.

” Pelanggan bisa saja telah mengetahui itu, atau mereka tidak dapat menarik flowmeter keluar dari layanan untuk kalibrasi ulang. Perusahaan yang membayar untuk mengalirkan flowmeter mengharapkannya untuk lagi membaca dengan benar. Ini dapat melibatkan penggantian perangkat keras, menyesuaikan segi K, mengakibatkan modifikasi perangkat lunak, atau menyita beberapa tindakan lain untuk melakukan perbaikan atau “memverifikasi” pengoperasian flowmeter.

Penulis buku terkenal, Fluid Flow Measurement , E. Loy Upp, membatasi kalibrasi instrumen atau meter sebagai “Proses atau prosedur untuk menyesuaikan instrumen atau meteran supaya indikasi atau pendaftarannya di dalam perjanjian dekat dengan referensi standar. ”Definisi ini menangkap konsep kalibrasi layaknya yang dimengerti oleh umumnya orang di komunitas instrumentasi. Dengan definisi ini, meter harus lebih-lebih dahulu diuji dan kemudian disesuaikan supaya membaca dengan benar.

Kalibrasi Flowmeter vs Rekalibrasi Flowmeter

Setelah flowmeters dibangun, mereka harus dikalibrasi sebelum akan dikirim ke lapangan. Kebanyakan produsen flowmeter punyai layanan kalibrasi flowmeter mereka sendiri untuk melaksanakan kalibrasi awal ini. Pengecualian adalah flowmeters yang harus diuji di dalam situasi spesifik yang bisa saja tidak ringan untuk menduplikasi untuk produsen flowmeter.

Sebagai contoh, flowmeters gas ultrasonik ukuran besar untuk aplikasi transfer tahanan harus diuji di bawah situasi tekanan tinggi dengan gas alam yang mengalir cepat. Fasilitas untuk melaksanakan style kalibrasi ini umumnya memerlukan cost jutaan dolar untuk membangunnya. Dengan demikian, beberapa besar produsen flowmeter mengirimkan meter ini ke layanan flowmeter independen untuk dikalibrasi.

Kalibrasi ulang, di segi lain, melibatkan kalibrasi flowmeter sesudah beroperasi selama periode pas tertentu. Ada beberapa metode kalibrasi flowmeter. Program perangkat lunak tersedia untuk beberapa flowmeters untuk memilih apakah mereka harus dikalibrasi ulang, pas yang lain manfaatkan diagnostik on-board untuk mengidentifikasi penyebab yang bisa saja mempengaruhi pembacaan pengukuran aliran.

Metode Kalibrasi Flowmeter

Flowmeters mengukur aliran cairan dan gas diuji atau dikalibrasi manfaatkan metode yang agak berbeda. Artikel ini berfokus lebih-lebih terhadap kalibrasi flowmeters mengukur aliran cairan.

Ada beberapa metode utama untuk kalibrasi dan kalibrasi flowmeters:

Meter Induk
Piston Prover
Gravimetri
Kalibrasi Master Meter

Master meter adalah flowmeter yang dikalibrasi yang digunakan sebagai standar kalibrasi. Master meter di tempatkan secara seri dengan flowmeter yang tengah diuji, dan hasilnya dibandingkan terhadap flowrates yang berbeda. Master meter harus cocok dengan cairan yang tengah diuji.

Jadi, flowmeter magnetik tidak dapat berfaedah sebagai standar kalibrasi cairan hidrokarbon, tapi berpotensi bekerja dengan air dan cairan industri. Pengukur positive-displacement kerap digunakan sebagai master meter untuk cairan hidrokarbon.

Untuk meter master untuk berfaedah sebagai standar kalibrasi, kalibrasinya harus dapat dilacak lagi ke beberapa standar nasional atau internasional. Ini bermakna tersedia rantai pengukuran yang tidak terputus lagi ke standar utama.

Misalnya, meter induk bisa saja dikalibrasi dengan flowmeter yang dikalibrasi di laboratorium standar nasional. Menurut VIM, ketertelusuran adalah “milik hasil pengukuran di mana hasilnya dapat dikaitkan dengan referensi melalui rantai kalibrasi yang tidak terputus, masing-masing berkontribusi terhadap ketidakpastian pengukuran.”

Di Amerika Serikat, laboratorium standar nasional adalah Institut Standar dan Teknologi Nasional (NIST), dengan wilayah di Gaithersburg, Maryland dan Boulder, Colorado. Di Eropa, laboratorium standar nasional utama adalah Institut Metrologi Belanda (NMI), juga disebut sebagai Laboratorium Swinden Van .

Negara-negara lain punyai organisasi standar utama mereka sendiri. Misalnya, Institut Standar dan Sains Korea (KRISS), yang berlokasi di Korea Selatan, adalah organisasi standar untuk Korea. Di Cina, penjaga standar adalah National Institute of Metrology (NIM).

Piston Prover Calibration

Probe piston merupakan standar utama untuk kalibrasi aliran. Piston prover terdiri dari silinder bulat dengan diameter internal yang diketahui. Silinder berisi piston yang tertutup rapat. Piston melesat melalui panjang yang diketahui dan terukur untuk membuahkan aliran volumetrik. Volume aliran ditentukan dengan mengalikan luas penampang piston dengan panjang yang di lewati oleh piston. Flowrate diperoleh dengan membagi volume dengan pas yang dibutuhkan piston untuk bergerak melalui jarak yang ditempuh.

Volume cairan yang dikenal sebagaimana ditentukan oleh piston prover dilewatkan melalui meter yang tengah diuji, dan hasilnya dibandingkan. Karena volume cairan telah diukur secara akurat, ini mengimbuhkan indikasi yang benar-benar baik tentang keakuratan meter yang tengah diuji. Metode ini berfaedah untuk air, cairan industri, dan cairan berbasis minyak bumi. Dalam beberapa kasus, harus perhitungkan nilai suhu dan tekanan pas melaksanakan pengukuran.

Kalibrasi Gravimetri

Metode lain yang benar-benar andal untuk mengalibrasi flowmeters cair adalah dengan menimbang cairan yang melewati meteran yang diuji di dalam jangka pas tertentu, layaknya 1 menit. Untuk meraih pembacaan berat yang akurat, skala timbangan yang dikalibrasi umumnya digunakan.

Sebenarnya menerapkan metode ini memerlukan sedikit kreativitas. Karena ini adalah pengukuran berjangka waktu, pemipaan harus diisi dengan cairan yang mengalir sebelum akan tes dimulai. Pada titik ini, aliran harus masuk ke wadah pembuangan.

 

Untuk memulai pengujian, secara simultan alihkan aliran ke penampung penimbangan dan mulailah menyesuaikan pas aliran. Setelah pas yang di inginkan tercapai, serentak mengalihkan aliran dari penampung penimbangan dan ke di dalam ruang pembuangan dan hentikan pengaturan pas aliran.

Anda dapat turunkan laju alir dengan mengonversi volume yang ditimbang ke unit yang di inginkan dan kemudian membaginya berdasarkan waktu. Sekarang bandingkan laju aliran ini dengan laju aliran yang direkam terhadap flowmeter. Ini adalah uraian dari sistem manual, tapi versi otomatis dari sistem ini juga ada, dan mereka tidak diragukan lagi lebih dapat dipercaya.

kalibrasi flowmeter

Pemeriksaan layanan kalibrasi aliran cair VSL. (Courtesy VSL)

Opsi Kalibrasi Ulang Flowmeter

Pengguna akhir yang harus punyai flowmeters mereka kalibrasi lagi punyai beberapa pilihan tempat untuk mengirim meteran mereka:

Fasilitas kalibrasi independen;

Ada sejumlah layanan kalibrasi aliran yang terkemuka dan terkenal di semua dunia. Mungkin layanan layaknya terkemuka di Amerika Serikat adalah Colorado Engineering plus Experiment Station Inc. (CEESI), yang terletak di Nunn, Colorado dan Garner, Iowa. Fasilitas penting lainnya untuk kalibrasi cairan adalah Alden Research Laboratory Inc. , di Holden, Massachusetts. Arus Dinamika , diakuisisi oleh Badger Meter terhadap tahun 2010, mengoperasikan layanan kalibrasi standar utama di Scottsdale, Arizona.

 

Di Eropa, dua layanan utama adalah NMi-Euroloopdan VSL, keduanya berlokasi di Belanda. NMI-Euroloop di Rotterdam melaksanakan kalibrasi flowmeter cair dan gas, layaknya halnya VSL. Selain melaksanakan kalibrasi aliran, VSL adalah laboratorium metrologi utama untuk beberapa besar Eropa. Di Inggris, layanan terkemuka adalah Laboratorium Teknik Nasional. Fasilitas penting lainnya di Dorsten.

TransCanada Calibrations (TCC) adalah layanan yang benar-benar dihormati yang terletak di luar Winnipeg, Kanada. TCC mengakses pintunya terhadap Maret 2000 dan menspesialisasikan diri di dalam kalibrasi flowmeters gas bertekanan tinggi.

Fasilitas lain di semua dunia yang melaksanakan kalibrasi aliran cair meliputi:

Arus Penelitian telah mengidentifikasi lebih dari 50 layanan kalibrasi aliran independen yang terletak di bermacam wilayah di semua dunia.

Calibration Produsen Flowmeter

Kebanyakan produsen flowmeter menjaga layanan mereka sendiri untuk kalibrasi awal flowmeters sebelum akan dikirimkan. Banyak juga yang menawarkan layanan kalibrasi lagi kepada pelanggan mereka sendiri, dan beberapa menawarkan layanan ini secara lebih luas.

Pengguna akhir yang memerlukan flowmeter dikalibrasi lagi dapat memilih untuk lagi ke perusahaan yang dibeli dari flowmeter untuk melaksanakan layanan ini. Variabel yang harus dipertimbangkan juga di mana wilayah perusahaan, pas penyelesaian, dan apakah tersedia flowlabs independen yang lebih berlokasi. Jenis flowmeter juga menjadi pertimbangan, dengan dengan cost kalibrasi.

 

Layanan Rekalibrasi Flowmeter Ponsel

Beberapa perusahaan menawarkan layanan kalibrasi lagi seluler yang memungkinkan untuk mengkalibrasi lagi onsite flowmeter. Kalibrasi mobile punyai keuntungan dikarenakan dapat menduplikasi paling dekat situasi operasi sesungguhnya dari meter selama sistem kalibrasi ulang.

Layanan ini bekerja benar-benar baik dengan meter yang lebih kecil untuk aplikasi cair, juga cairan petroleum. Mereka tidak bekerja dengan ringan dengan magmeters ukuran besar, atau dengan meter ultrasonik dan turbin besar.