Macam-macam Karya Ilmiah Formal

Macam-macam Karya Ilmiah Formal – Karya ilmiah adalah proses penulisan hal-hal yang bersifat fakta dengan kaidah atau ketentuan tertentu. Prosesnya juga memerlukan metodologi supaya lebih terstruktur. Topik pembahasan pun lebih kepada peningkatan mutu. Ada macam-macam karya ilmiah berdasarkan tingkat pendidikan.

Apa Saja Macam-macam Karya Ilmiah Formal ?

Dalam dunia pendidikan, ada beberapa macam karya ilmiah yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Setiap karya berikut memiliki kaidah penulisannya masing-masing. Selain itu, metode pengumpulan datanya pun berbeda.

  1. Makalah

Bagi yang masih menempuh pendidikan baik sebagai pelajar ataupun mahasiswa tentu sudah tidak asing dengan makalah. Karya ilmiah tersebut memiliki struktur penulisan yang tidak terlalu rumit. Isi dari makalah adalah pembahasan lengkap mengenai topik tertentu.

Dalam teori pendidikan penyusunan makalah harus melalui sumber yang akurat. Untuk tata penulisannya sendiri umumnya berbeda-beda tiap instansi. Hanya saja substansinya kurang lebih sama. Dimulai dari judul, kata pengantar, pendahuluan, pembahasan, dan penutup.

  1. Skripsi

Skripsi menjadi tugas akhir setiap mahasiswa tingkat akhir di suatu instansi pendidikan. Khusus skripsi setiap datanya harus berdasarkan penelitian di tempat tertentu. Hasilnya pun wajib objektif dan tidak mengada-ada. Itulah mengapa ada serangkaian prosedur pembuatan untuk menghasilkan data empiris.

Di alam penulisan skripsi terdapat berbagai metodologi yang nisa dipilih sesuai topik pembahasan. Supaya proses penyusunan lebih terarah. Banyak mahasiswa yang kemudian bingung saat mengerjakan skripsi sebab teknik yang kurang,  padahal ada jasa tugas kuliah yang siap membantu.

  1. Kertas Kerja atau Lembar Kerja

Perlu Anda ketahui bahwa kertas kerja masuk dalam karya ilmiah. Sebab data yang masuk di dalamnya dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, lembar kerja juga memiliki struktur penulisan yang lebih mendetail dari pada makalah. Sumbernya bisa dari seminar atau lainnya.

  1. Tesis

Tesis memiliki tata aturan yang hampir sama dengan skripsi. Hanya saja Tesis merupakan tugas akhir bagi mereka yang melaksanakan S2. Selain itu, karya ilmiah yang satu ini memiliki struktur penulisannya sendiri  kajiannya pun lebih mendalam sebab berada di tingkat pendidikan yang lebih tinggi dari S1.

Itulah macam-macam karya ilmiah yang bisa ditugaskan di suatu instansi pendidikan. Setiap karya memiliki struktur penulisannya masing-masing. Selain itu, proses pengumpulan data boleh jadi tidak sama.