Macam-Macam Iklan Berdasarkan Isinya

Iklan adalah segala bentuk pesan promosi produk atau jasa yang disampaikan melalui media tertentu. Bagi orang yang berkecimpung di dunia bisnis, pasti tidak asing dengan iklan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan mempunyai dua pengertian. Pertama, berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Kedua, iklan adalah pemberitaan kepada khayalak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai iklan advertising agency jakarta dalam berbagai macam bentuk dan media penyampaian, mulai televisi, radio, koran, media online, papan reklame, dan sebagainya.

Bagi perusahaan penyedia barang atau jasa, iklan menjadi andalan utama untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya. Hal tersebut bertujuan untuk menarik konsumen agar membeli barang atau menggunakan jasa yang diiklankan.

Itulah mengapa, sebuah iklan harus dibuat menarik, informatif, jelas serta memakai kata-kata yang bersifat ajakan, menonjolkan informasi utama dan tidak perlu terlalu bertele-tele.

Sebuah iklan agar bisa menarik perhatian masyarakat atau konsumen harus memenuhi unsur-unsur iklan. Dalam unsur-unsur iklan memuat banyak hal yang sangat menentukan sebagai kiat sukses untuk promosi dan menarik konsumen.

Iklan juga mempunyai jenis yang sangat beragam. Ada beberapa macam iklan yang umum atau sering dijumpai.

Berikut rangkuman tentang macam-macam iklan beserta penjelasannya

Macam-Macam Iklan Berdasarkan Isinya

Macam-macam iklan berdasarkan isinya terdiri dari tiga jenis, yakni iklan pemberitahuan, iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.

 

1. Iklan penawaran (niaga)

Iklan yang biasa kita jumpai adalah iklan penawaran atau iklan niaga. Iklan penawaran atau niaga merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai agar dibeli oleh target konsumennya. Contoh iklan penawaran:

– Iklan barang: sepatu, tas, makanan, barang elektronik, kosmetik, dan lain-lain

– Iklan jasa: jasa pengobatan, jasa kurir, jasa ojek online, dan lain sebagainya

 

2. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini biasanya berasal dari instansi atau lembaga. Jenis iklan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pencerahan mengenai sesuatu hal supaya meningkatkan kesadaran masyarakat pada isu-isu tertentu. Contohnya:

– Iklan pemilu

– Iklan keluarga berencana

– Iklan untuk hidup sehat

 

3. Iklan pengumuman

Jenis-jenis iklan berdasarkan isi selanjutnya adalah iklan pengumuman. Iklan ini bertujuan untuk menarik masyarakat tertentu saja. Isinya tentang pemberitahuan sesuatu, seperti event, iklan berita duka cita, dan lain-lain.