Dunia Bisnis

Uncategorized

Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Di Sektor Asuransi – Perspektif India

 

Layanan pelanggan merupakan bagian integral dari organisasi asuransi jiwa. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi terhadap faktor kunci sukses dalam industri asuransi jiwa, yaitu kepuasan nasabah sehingga mampu bertahan dalam persaingan yang ketat dan meningkatkan pangsa pasar. Perusahaan yang terlibat dalam industri asuransi menawarkan berbagai macam produk dan layanan tambahan yang dapat langsung disimpulkan oleh konsumen yang membutuhkan pertanggungan asuransi sebagai “asuransi”. Asuransi di India telah didorong oleh inovasi produk, perampingan saluran penjualan dan distribusi bersama dengan kampanye periklanan dan pemasaran yang ditargetkan. Dengan meningkatnya globalisasi dan kehadiran sejumlah besar pemain di pasar, definisi hubungan dan kepuasan pelanggan terancam terbukti tidak lengkap.

Dari perspektif nilai perusahaan, memenuhi kebutuhan pelanggan adalah sumber pendapatan utama bagi organisasi dan mencapai kepuasan pelanggan yang lengkap adalah satu-satunya kunci bagi perusahaan untuk berhasil.

Layanan tidak dapat dikenakan uji kendali mutu yang obyektif sebelum diberikan ke pasar umum; hanya dengan pengalaman kita tahu bagaimana konsumen memandang kualitas layanan yang mereka terima.

Layanan pelanggan telah menjadi komponen yang berbeda dari sektor produk dan layanan dan dengan perkembangan teknologi informasi banyak bisnis menemukan pelanggan yang menuntut dan berpengetahuan luas.

service ac di pekanbaru – Kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan nilai pelanggan telah menjadi perhatian utama organisasi layanan dalam persaingan yang semakin ketat untuk pelanggan di era yang berpusat pada pelanggan saat ini.

Peningkatan kualitas layanan akan mengarah pada kepuasan pelanggan dan manajemen biaya yang menghasilkan peningkatan keuntungan. Perusahaan sektor jasa kontemporer didorong oleh sifatnya untuk memberikan layanan yang sangat baik agar makmur di pasar domestik dan global yang semakin kompetitif.

Ketika perusahaan jasa menemukan diri mereka dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif dan kompleks, mereka pasti didorong untuk memeriksa proses penyampaian layanan mereka secara kritis. Fokus dari analisis internal tersebut pada akhirnya adalah tentang kepuasan pelanggan, dan bagaimana hasil bottom-line dapat diaktualisasikan dengan memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan melalui platform antarmuka yang sempurna. Hal ini tidak hanya terjadi di sektor swasta, tetapi juga di sektor publik. Perusahaan sektor publik mencoba membuat administrasi lebih efisien dan lebih berorientasi pada warga negara.

Industri asuransi mempengaruhi uang, pasar modal dan sektor riil dalam suatu perekonomian, sehingga fasilitas asuransi diperlukan untuk menjamin kelengkapan suatu pasar. Ini adalah industri dengan kepentingan strategis bagi negara mana pun karena berkontribusi pada sektor keuangan serta memberikan manfaat sosial bagi masyarakat.

Di tingkat mikro, polis asuransi melindungi pembeli dari kerugian finansial yang timbul dari serangkaian risiko tertentu dengan biaya tertentu. Dengan demikian, hal ini mengurangi kecemasan dan meningkatkan stabilitas keuangan dengan menyediakan jaring jaminan sosial yang sangat dibutuhkan, terutama pada saat hubungan keluarga dan rumah tangga inti di negara berkembang hancur. Peran asuransi jiwa mengalami perubahan yang fenomenal saat ini, terbukti dari buket layanan dan iklan produk. Penekanannya terletak pada mengasuransikan diri sendiri dan anggota keluarga dekat untuk kemandirian lebih-lebih karena keluarga inti adalah tren yang muncul di India.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan individu, para pemain asuransi jiwa memiliki produk dan layanan yang luas dalam bukunya. Selain itu, hampir semua perusahaan menawarkan fleksibilitas kepada pelanggan untuk memilih produk yang paling sesuai untuk diri mereka sendiri dengan menggabungkan fitur sejumlah produk dan layanan secara bersamaan. Dengan demikian perusahaan asuransi jiwa harus menyesuaikan layanan untuk meningkatkan kualitas layanan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Industri asuransi merupakan bagian integral dari pasar keuangan India, dengan perusahaan asuransi menjadi investor institusional yang signifikan. Dalam beberapa dekade terakhir, sektor asuransi, seperti jasa keuangan lainnya, semakin penting secara ekonomi. Pertumbuhan ini dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor termasuk peningkatan pendapatan dan permintaan asuransi, meningkatnya lapangan kerja sektor asuransi, dan peningkatan layanan perantara keuangan bagi pemegang polis.

Pasar asuransi nasional yang sehat merupakan karakteristik penting dari pertumbuhan ekonomi. Hal ini tidak mengherankan karena industri asuransi membentuk komponen utama ekonomi berdasarkan jumlah premi yang dikumpulkannya, skala investasinya, dan, yang lebih mendasar, peran sosial dan ekonomi penting yang dimainkannya dengan menutupi risiko pribadi dan bisnis. . Dengan mendorong faktor-faktor yang mendorong permintaan asuransi dan membantu perkembangan keuangan, pembuat kebijakan memiliki alat yang kuat untuk merangsang pertumbuhan ekonomi.