KrediFazz vs Bantusaku, Mana Pinjol Terbaik?

 

Kalo menurut saya pribadi, adanya layanan pinjaman tunai mudah dari fintech, bisa membantu banyak kalangan. Terutama di momen-momen darurat. Tapi, emang nggak bisa dipungkiri kalau adanya fintech juga harus dibarengi dengan edukasi yang mumpuni ke masyarakat tentang cara penggunaan dan tanggung jawab kreditnya. Plus, edukasi bahayanya kalo pake fintech yang salah alias ilegal. 

 

Kalo enggak, bakal makin banyak orang yang terjerat di fintech. Padahal, kalo pakenya bener, fintech bisa juga membawa manfaat. Sebagai pengguna, kita juga nggak harus selalu nunggu edukasi dari pihak berwenang. Cukup berinisiatif dan mau belajar sendiri, misalnya pas lagi butuh pinjaman dan mau pake fintech, kita bisa buka Google buat cari informasi sebanyak-banyaknya soal referensi fintech pinjaman. 

 

Mana sih yang sudah terdaftar di OJK? Mana yang harus diwaspadai? Mana yang bunganya rendah? Dan mana yang cocok untuk diri kita sendiri? Kalau niat dan mau belajar pelan-pelan, informasi tersebut bisa dengan mudah kita dapat dan serap sendiri, lho. 

 

Paling nggak, itulah hal yang saya bisa lakukan sebelum pake jasa fintech. Dari hasil cari sana-sini, saya ketemu sama KrediFazz dan Bantusaku. Dua fintech legal yang sudah terdaftar di OJK dan punya beberapa poin menarik nih buat dibandingin. 

 

Apa aja poinnya? Yuk, kita bahas satu-satu, ya. 

 

Perbandingan layanan pinjaman di KrediFazz vs Bantuksaku

 

KrediFazz dan Bantusaku adalah P2P lending yang layanannya berfokus pada pinjaman tunai mudah dan cepat. Sama-sama menggunakan platform aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store, pinjaman dari KrediFazz dan Bantusaku ini pada dasarnya menarget banyak kalangan yang butuh pinjaman tunai untuk berbagai kebutuhan, baik yang konsumtif atau produktif. 

 

Perbandingan limit pinjaman, bunga, dan tenor pinjaman di KrediFazz vs Bantusaku

 

Sekarang dari segi yang lebih spesifik, yuk kita bandingin gimana sih limit, bunga, dan tenor pinjaman di KrediFazz dan Bantusaku. 


Secara umum, karena dari segi layanannya juga mirip, aspek limit dan biaya-biaya pinjaman juga kurang lebih mirip. Bedanya, di KrediFazz, limit pinjaman berlaku mulai dari Rp 100 ribu dan maksimal Rp 3 juta. Kalau di Bantusaku, limit pinjaman berlaku mulai Rp 1 juta sampai dengan Rp 20 juta. 

 

Di KrediFazz, pinjaman tunai berlaku dengan masa tenor 3 – 6 bulan, sedangkan bunganya adalah 0,3% per hari. Sementara Bantusaku, tenornya tersedia sampai 45 hari dengan suku bunga yang sama dengan KrediFazz, yaitu 0,3% per hari. Dari sisi bunga sama-sama rendah, tapi dari segi limit, Bantusaku punya batas maksimal yang lebih besar dibanding KrediFazz. Tapi, dari segi tenor, KrediFazz lebih unggul kalo kamu mau cicilan dengan jangka waktu lebih panjang. 

 

Perbandingan cara daftar dan pengajuan pinjaman di KrediFazz vs Bantusaku

 

Sama dengan aplikasi pinjaman tunai pada umumnya, cara daftar dan mengajukan pinjaman di KrediFazz dan Bantusaku juga mirip dan sama-sama mudah. Kamu harus memenuhi syarat utama dari masing-masing fintech, lalu mengunduh aplikasinya di Google Play Store untuk melakukan pendaftaran. 

 

Di KrediFazz, syarat pendaftaran hanya ada tiga, yaitu: 

 

  1. Kamu berstatus sebagai Warga Negara Indonesia yang berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

 

Sementara di Bantusaku, syarat pendaftarannya adalah: 

 

  1. Berstatus sebagai WNI yang berusia 21 – 45 tahun. 
  2. Punya E-KTP yang asli dan valid sebagai peminjam. 
  3. Punya rekening tabungan, nomor HP yang aktif, dan juga slip gaji. 

 

Kalo dari perbandingan di atas, yang mana yang lebih cocok buat kamu nih?

Kalo buat saya sendiri, karena saya nggak ada niat buat ambil pinjaman online sampai puluhan juta. Saya cenderung tertarik pake KrediFazz. Karena saya udah niat kalo pake pinjaman online cuma buat yang darurat-darurat aja biar nggak repot. 

Dari segi bunga, KrediFazz dan Bantusaku sama-sama rendah juga cuma 0,3% per hari atau 9% per bulan di mana rata-rata fintech umumnya mematok suku bunga sampai 0,8% per hari atau 24% per bulan. Lumayan bersahabat sih 2 fintech ini. 

Oh iya, pertimbangan saya lebih tertarik sama KrediFazz juga karena tenor cicilannya lebih panjang dibanding Bantusaku. Jadi lebih banyak pilihan.