Dunia Bisnis

Elektronik

Kipas Angin Blower Rusak? Begini Cara Memperbaikinya

Kipas angin merupakan alat elektronik bergerak yang rentan mengalami kerusakan. Kerusakan bisa disebabkan oleh apa saja baik karena kesalahan mekanis atau kesalahan manusia. Kesalahan ini menjadikan kipas angin mengalami masalah berbagai hal.

Hal yang paling umum yang dialami oleh jasa sewa kipas blower adalah baling-baling kipas blower berputar lambat, baling-baling tidak berputar sama sekali, berisik saat kipas angin berputar dan kabel yang harus ditekuk.

Memang ada banyak masalah kipas angin blower lain, namun disini kami hanya akan membahas masalah-masalah ini saja untuk dipecahkan.

1. Kipas Angin Blower Tidak Berputa Sama Sekali

Jika kipas angin tidak berputar sama sekali namun ada terdengar muncul suara di kipas angin blower ini, kemungkinan masalah ada pada dinamo saja. Namun jika kipas angin tidak menyala sama sekali, kemungkinan masalah bisa di banyak tempat. Kabel, sirkuit, tombol dan dinamo. Caranya adalah dengan mengecek satu persatu.

Gunakanlah AVO meter untuk mencari tahu mana arus yang terhubung dan terputus. Kerusakan mungkin saja disebabkan oleh kabel yang terputus, sirkuit yang terbakar, tombil yang rusak sehingga tembaga tombol tidak terhubung dan kerusakan pada dinamonya. Jika anda mendapati adanya kerusakan pada komponen tersebut, segera ganti alih-alih mengakali agar benda tersebut bekerja kembali.

2. Kipas Angin Blower Berisik

Jika kipas angin blower anda berisik, kemungkinan ada bagian kipas angin blower ini yang tidak terpasang dengan kencang. Kencangkanlah kipas angin ini agar nantinya kipas angin dapat berfungsi dengan baik. Kipas angin blower yang tidak terpasang dengan baik akan menyebabkan kerusakan yang lainnya yang lebih parah.

3. Kabel harus selalu ditekuk

Ini terjadi karena kabel kipas angin sering tertekuk, tertindih atau tertarik dengan kuat sehingga bagian dalamnya terputus, saat ditekuk bagian terputus menjadi tersambung sehingga kipas angin berfungsi. Solusinya, gantilah kabel kipas angin dengan yang baru. Ingat, kabel kipas angin sebaiknya dengan ukuran dan jenis yang sama perbedaan jenis dan ukuran kabel dapat memengaruhi besaran arus listrik yang masuk.