Kerugian Membeli Cincin Berlian: Jangan Sampai Tidak Tahu!

Anda bisa menggunakan beberapa model cincin tunangan berlian asli dan terbaru untuk berinvestasi. Namun ternyata terdapat beberapa kerugian dalam investasi berlian yang bisa saja terjadi.

Kerugian Membeli Cincin Berlian: Jangan Sampai Tidak Tahu!

Ketika Anda membeli cincin berlian atau batu berlian untuk berinvestasi pasti akan ada porsi untung dan ruginya. Bagi Anda yang ingin membeli batu berlian untuk berinvestasi. Lebih baik Anda mempertimbangkan kerugian membeli cincin berlian dibawah ini:

1. Harga Berlian Hanya Bisa Ditentukan Oleh Pasar

Dalam satu sisi batu berlian atau cincin berlian selalu digunakan untuk berinvestasi oleh sebagian masyarakat. Sebagian orang yang memilih untuk membeli dan berinvestasi berlian ini adalah orang dengan kelas sosial tinggi.

Salah satu kerugian membeli cincin berlian atau kerugian dalam berinvestasi berlian adalah harganya selalu ditentukan oleh pasar. Jika Anda berpikir bahwa harga perhiasan berlian ini selalu sama dengan harga emas atau perak.

Maka pemikiran Anda salah, cincin berlian tidak memiliki harga yang stabil dengan indeksnya. Terdapat beberapa sistem yang digunakan pasar untuk mematok harga cincin berlian. Sistem inilah yang membuat kondisi pasar lebih terkendalikan.

Selain sistem, Anda juga harus tahu bahwa terdapat faktor yang mempengaruhi harga berlian. Contoh terkecil diantaranya seperti tingkat kejernihan berlian, besaran potongan berlian, karat, hingga warna berlian.

2. Menjual Berlian Tidak Mudah

Berlian tidak mudah dijual seperti layaknya emas atau perak pada umumnya. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh terbatasnya toko berlian. Berlian sendiri memiliki pasar yang cukup rumit.

Anda bisa menjual cincin berlian dengan pengecer, namun Anda juga harus bersiap bahwa harga yang dipatok tidak sama dengan harga dipasaran. Biasanya ketika menjual kembali berlian, akan selalu kesulitan dalam menemukan pembeli yang konsisten.

3. Mengundang Resiko Pencurian

Ketika Anda membeli berlian atau melakukan investasi dengan cincin berlian, Anda juga harus bersiap-siap dengan resiko pencurian. Hal tersebut karena aset riil seperti berlian, emas dan perak akan selalu mengundang pencurian.

Tidak hanya mengundang pencurian di luar rumah saja, namun orang-orang terdekat juga bisa menjadi pencuri. Hal itu bisa terjadi karena harga jual berlian yang tinggi, sehingga semua orang ingin memilikinya.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan cincin berlian, pastikan Anda memiliki tempat yang aman dan terjangkau.

4. Minat Pembeli Berlian Tidak Sebanyak Zaman Dahulu

Salah satu kerugian dalam berinvestasi berlian adalah minat pembelinya yang tidak sebanyak zaman dulu. Kebanyakan masyarakat yang menggunakan perhiasan berlian merupakan orang-orang dengan tingkat sosial tinggi.

Biasanya masyarakat akan berinvestasi dengan uang, alih-alih membeli cincin berlian atau batu berlian yang harganya cukup tinggi. Sebelum Anda membeli model cincin tunangan berlian asli dan terbaru, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa resiko tersebut.