Jenis Grade Tingkatan Dalam Kelas Arung Jeram

Arung jeram adalah olahraga menyenangkan yang menjadi populer pada tahun 1970-an dan dikenal luas sebagai bentuk rekreasi petualangan pada dekade-dekade berikutnya. Berkano menjadi rekreasi populer di tahun-tahun awal yang diadopsi dari Indian Amerika Asli yang menggunakan kano dan jenis kayak awal secara ekstensif untuk transportasi, memancing, dan kebutuhan hidup sehari-hari lainnya. Bentuk transportasi ini tidak terbatas di Amerika Utara, tetapi telah digunakan oleh penduduk asli di seluruh dunia sepanjang sejarah. Meskipun kano, kayak, dan rakit telah digunakan dengan berbagai cara praktis selama ratusan tahun, kemungkinan besar tidak akan ada yang membayangkan bentuk rekreasi memacu adrenalin yang populer saat ini.

 

Bentuk arung jeram ekstrem ini sangat berbeda dengan kano atau arung jeram sungai biasa, yang melibatkan perjalanan yang lembut dan santai menyusuri sungai atau sungai yang damai. Air putih adalah istilah yang berasal dari jeram menderu yang memiliki ciri khas warna putih dari gelembung udara yang terperangkap di bawah air yang bergerak dengan kecepatan tetap dan konsisten. Biasanya jeram air putih terbentuk ketika air dari sungai berasal dari tempat yang tinggi kemudian dengan cepat turun ke tempat yang lebih rendah. Hal ini menyebabkan air bergolak dan bergolak saat menabrak dasar sungai berbatu dan tepian batu yang tertutup.

 

Tempat paling mencari relaksasi dan pemandangan tenang dan suara sungai yang mengalir lembut saat melakukan perjalanan kano; paket rafting murah mensyaratkan bahwa seseorang harus siap secara mental dan fisik untuk petualangan fisik yang sangat menantang. Kebanyakan orang yang berusaha untuk memulai perjalanan air putih akan mencari pemandu profesional yang memberikan petunjuk sebelum dan selama perjalanan menyusuri sungai. Memanfaatkan pemandu profesional dan berpartisipasi dengan kelompok dalam perjalanan air putih memang mengurangi risiko bahaya. Namun, hal ini tidak menghilangkan fakta bahwa arung jeram bisa berbahaya jika tidak siap menghadapi amukan air.

Kelas Jeram Air Putih

 

Beberapa kelas jeram ada di banyak sungai dan lokasi yang beragam. Perairan putih paling populer terletak di negara bagian pegunungan dan berasal dari ketinggian yang lebih tinggi. Sangat disarankan bagi pemula untuk belajar dan merencanakan bentuk rekreasi ekstrim ini di tingkat atau kelas kecepatan mana yang ingin mereka coba sebelum perjalanan air putih pertama mereka.

 

Pertimbangkan daftar kelas air putih di bawah ini dan karakteristiknya

 

(terutama saat merencanakan perjalanan arung jeram pertama Anda)

 

Grade / Kelas – Tingkat Pengalaman – Karakteristik

 

1 – [Skill: Beginner Basic] Jeram kasar yang lebih kecil, membutuhkan beberapa manuver halus.

 

2 – [Skill: Basic Paddling] Perairan yang lebih deras, bisa melibatkan batu, memang membutuhkan kemampuan untuk bergerak di sekitar rintangan.

 

3 – [Skill: Some Experience] ombak bergulung berukuran kecil dan air putih, sedikit berbahaya tapi tidak signifikan. Manuver yang lebih berpengalaman.

 

4 – [Keterampilan: Air Putih Berpengalaman] Arung yang cukup besar, kemungkinan bebatuan, gelombang ukuran sedang, tetesan yang lebih tinggi, gerakan cepat yang lebih keras.

 

5 – [Keahlian: Pengalaman Tingkat Lanjut] Air putih kencang, ombak lebih besar, bebatuan signifikan, aliran kuat, tetes berbahaya, manuver presisi.

 

6 – [Skill: Extremely Lucky] Air putih serius yang sangat berbahaya, ombak yang sangat kuat, kemungkinan besar kematian atau cedera.

 

Kapal Arung Jeram Air Putih

 

Kano

 

Salah satu jenis metode pengapungan yang paling jarang digunakan untuk air putih adalah kano. Meskipun kadang-kadang digunakan untuk perairan sungai kelas bawah, kano tidak dirancang untuk berdampak pada bebatuan yang tajam dan tepi yang bergerigi. Perahu yang dibuat dari kayu bisa sangat mahal dan kerusakan yang signifikan dapat terjadi pada kapal dengan keahlian seperti itu. Kano berbahan fiberglass dan plastik sintetis meskipun lebih fleksibel dan tahan benturan mungkin masih mengalami kerusakan di perairan yang lebih cepat dan lebih kuat.

 

Kayak

 

Kayak yang cepat dan dapat bermanuver adalah perahu pilihan di antara para kasau profesional yang tidak takut air mengamuk. Dirancang untuk biasanya tidak lebih dari satu atau dua penumpang, kayak memberikan kemampuan untuk berbelok dengan cepat dan tajam di perairan yang bergerak cepat. Kapal yang lebih kecil ini meskipun cepat dan gesit, mereka memberikan sedikit perlindungan terhadap benturan dan kurang memaafkan saat terjadi kesalahan. Kayak dapat menahan benturan yang cukup besar karena bobotnya jauh lebih ringan daripada kano dan dibuat dengan bahan sintetis yang lentur dan kaku.

 

Rakit

 

Rakit tiup tentunya merupakan kapal pilihan yang paling banyak digunakan untuk berlayar di perairan putih yang berbahaya. Alasan untuk hal ini kemungkinan karena kemampuan rakit karet untuk menyerap dampak yang cukup besar ketika air yang bergerak cepat memaksa perahu ke tepi sungai yang bergerigi. Meskipun perahu ini jauh lebih sulit untuk bermanuver, mereka dapat membawa beberapa penumpang yang secara rutin bekerja sama untuk memandu kapal melewati air yang mengamuk. Rakit tiup yang dirancang untuk arung bersifat kasar dan tahan lama serta harganya bisa sangat mahal. Rakit berukuran lebih besar biasanya digunakan oleh pemandu arung jeram sungai yang dengan berani mengadakan tur kelompok ke berbagai tempat.