Dunia Bisnis

Uncategorized

Jenis Buah untuk Meredakan Batuk

PCR Test Jakarta PIMC – Ada tiga gejala utama yang dapat muncul pada pasien COVID-19, yakni batuk, demam tinggi, dan sesak napas. Hal ini menjadikan gejala seseorang terpapar virus corona mirip flu biasa, hanya disertai sesak napas, yang bisa berakibat fatal.

Baik flu biasa maupun COVID-19 sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia.

Secara khusus, batuk yang dirasakan pasien positif COVID-19 adalah batuk kering.

Secara umum, penyakit batuk dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu singkat.

Meski demikian, batuk pada pasien COVID-19 bisa menyebabkan komplikasi yang serius, seperti sindrom gangguan pernapasan akut, pneumonia (infeksi paru) yang berat, edema paru, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh, misalnya ginjal.

Agar batuk Anda tidak makin parah, hindari mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, seperti susu dan produk olahannya, biskuit kering, minuman soda, kopi, dan minuman beralkohol.

Selain itu, untuk meredakan batuk, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis buah. Apa saja itu?

1. Kiwi

Buah kiwi atau gosberi China adalah buah yang berasal dari Shaanxi, China. Buah kiwi adalah satu di antara sumber vitamin dan mineral terbaik.

Mengonsumsi buah kiwi membantu melancarkan saluran pernapasan dan menguatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu dan dapat meredakan batuk.

Kandungan vitamin C di dalam buah kiwi dipercaya dapat mendorong sistem kekebalan tubuh secara alami.

2. Jambu biji

Nutrisi yang mampu mencegah sekaligus meredakan batuk dan melawan infeksi yang terkandung di dalam jambu biji adalah vitamin C dan zat besi. Jambu biji sangat mudah ditemukan.

Mengolah jambu biji menjadi jus jambu mampu membantu meredakan batuk dan pilek. Selain diolah menjadi jus, merebus daunnya juga dipercaya mengurangi lendir di tenggorokan dan membunuh virus atau bakteri penyebab batuk yang ada di saluran pernapasan.

3. Nanas

Nanas mengandung bromelain yang dipercaya meredakan batuk dan mengencerkan lendir di tenggorokan. Nanas kaya akan serat, vitamin C, vitamin B, mangan, dan bromelain, yaitu enzim yang bekerja sebagai antiradang, antibakteri, serta antivirus.

Untuk meningkatkan efektivitasnya dalam meredakan batuk, Anda bisa membuat jus nanas dengan campuran madu, garam, dan jahe.
4. Lemon

Lemon telah diketahui memiliki kandungan vitmin C yang tinggi. Kandungan vitamin C yang ada dalam lemon mampu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan melumasi tenggorokan.

Selain itu, sifat antioksidan yang juga tinggi memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti meredakan batuk, flu, sakit kepala, dan hidung tersumbat.
5. Apel

Apel dapat mengurangi gejala peradangan dan iritasi pada saluran pernapasan yang menjadi penyebab batuk. Kandungan flavanoid pada apel membantu meredakan batuk dan konsumsi secara rutin sampai batuk mereda.

Paling tidak, konsumsi apel tiga kali sehari sampai batuk benar-benar mereda.