Inilah Pantai Jogja yang sangat menarik para wisatawan

 

paket wisata jogja –  Yogyakarta memiliki pantai-pantai indah yang tak kalah dari pantai di Bali. Jika biasanya kamu hanya mengenal Pantai Parang Tritis, setelah lebih detail mencari.

https://semarholiday.co.id

Trenyata kami menemukan pantai di Jogja, yang siap dijadikan tempat petualangan baru saat liburan.  pantai di Jogja yang siap menunggu kamu :

Pantai di Jogja Berpasir Hitam

·  Pantai Parang Tritis

Pantai Parang Tritis menjadi salah satu lokasi terbaik menikmati sunset. Banyak wisatawan yang berkunjung selain menikmati pantainya, juga menunggu sunset yang indah merona.

Pantai di Jogja yang satu ini memang cocok digunakan untuk tujuan wisata keluarga. Karena selain bisa menyusuri pantai dengan jalan kaki.

Da banyak permainan lainnya seperti bermain ATV, naik kuda atau delman, bermain layang-layang, bermian di kolam renang buatan, hingga hanya duduk di tepi pantai saja sambil menikmati deburan ombak.

·  Pantai Wedi Ombo

Dalam bahasa Jawa. Wedi berarti pasir. Ombo berarti luas. Jadi pemberian nama Pantai Wedi Ombo memiliki arti pasir yang luas. Meskipun pada kenyataannya pasir yang ada kalah luas dengan di Panatai Parang Tritis.

Tapi keunikan pantai di jogja yang satu ini, Pantai Wedi Ombo memiliki banyak batu karang, dimana menjadi spot untuk memancing.

Selain itu, Pantai Wedi Ombo juga memiliki kolam renang alami yang sering dijadikan tempat berenang pengunjung. Kolam renang yang dimaksud seperti cekungan dan berisi air laut. Letaknya ada di pinggir pantai dan dipisahkan dengan batu karang.

Pantai di Jogja Berpasir Putih

·  Pantai Kukup

Pantai di Jogja ini memang tergolong jauh karena butuh waktu tempuh yang cukup lama. Lebih dari tiga jam. Tapi saat sudah samapai di Pantai Kukup Gunung Kidul.

Rasa lelahmu akan terbayar. Pasir putih yang terhampar luas dengan ombak yang cukup tenang. Daerah dangkal yang ada di tepi pantai Kukup ini berisi terumbu karang, bintang laut dan berbagai jenis ikan hias laut unik.

Saat air laut surut, biasanya hewan-hewan laut akan terjebak di lubang-lubang karang. Kamu bisa melihatnya dengan berjalan menuju karang-karang etrsebut. Tapi harus berhati-hati, karena Panati Kukup juga didiami bulu babi yang memiliki duri beracun.

·  Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan salah satu pantai di Jogja yang punya keunikan berbeda. Ombaknya yang besar sangat cocok digunakan untuk berselancar.

Namun surfer harus rela berjalan terlebih dahulu melewati batu karang yang seperti memisahkan pantai dengan ombak. Dengan tipe ombak reef break yang menantang, peselancar yang ingin surfing di Pantai Krakal harus berhati-hati.

Waktu yang tepat untuk berselancar sekitar bulan Maret dan September. Tak hanya itu di batu karang tersebut ternyata dihuni butterflyfish atau ikan kepe-kepe.

·  Pantai Sundak

Pantai Sundak merupakan pantai di Jogja yang berpasir putih. Keunikannya yaitu tentang evolusi selama ratusan tahun dan bisa dilacak secara geologis. Konon sebelum tahun 1930 air laut masih sampai ke wilayah yang sekarang dibangun sebuah masjid.

Bahkan batu karang yang membentuk gua pun masih terendam air.Tapi seiring proses geologis yang terjadi cukup lama. Permukaan laut menyusut dan air lebih menjorok ke laut. Di Pantai Sundak ini juga terkenal dnegan legenda asu dan sundak.

·  Pantai Drini

Pantai Drini merupakan obyek wisata Yogyakarta yang terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari,Gunungkidul. Letak Pantai Drini yaitu di arah timur Pantai Sepanjang. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Yogyakarta sekitar 2-3 jam perjalanan.

Pantai Drini merupakan pantai di Jogja yang unik Memiliki lereng pantai yang cukup curam sekitar 10 derajat dan merupakan bagian dari Wonosari yang didominasi batuan karst dari Gunung Sewu.

Asal muasal nama Pantai berasal dari tumbuhan Pemphis acidula atau masyarakat di sini biasa menyebutnya drini. Dulu, tempat ini ditumbuhi banyak pepohonan drini yang konon kayunya dapat dimanfaatkan sebagai penangkal racun ular berbisa.

· Pantai Baron

Pantai BAron merupakan pantai di Jogja yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Nama Pantai Baron berasal dari nama Baron Skeber seorang bangsawan Belandayang mendaratkan kapalnya di pantai selatan.

Di Pantai Baron, kamu bisa berbelanja ikan segar seperti tongkol dan bisa langsung makan di sana. Terdapat warung-warung yang siap memasakkan ikan segar untuk wisatawan. Karena di sana terdapat pelelangan ikan seperti windu,udang, kakap, bawal putih, tongkol, dan lainnya.

Keunikan pantai Baron yaitu sungai bawha tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai. Biasanya cekungan atau sungai di pantai Baron digunakan untuk berenang.

·  Pantai Depok

Selain Pantai Baron. pantai di Jogja lainnya yang dijadikan pusat belanja ikan yaitu pantai Depok. di pantai depok ini terdapat pangkalan pendaratan ikan yang kemudian dilengkap tempat pelelangan ikan bernama Mina Baharai 45.

Kamu bisa makan di warung-warung yang siap memasak ikan untuk kamu. Hidangan seafood yang dijual murah mulai dari ikan, kepiting, dan cumi-cumi.

·  Pantai Ngrengehan

Pantai Ngrengehan terletak di Desa KAnigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul. Pantai ini berupa teluk yang dikelilingi perbukitan kapur. Pemandnagannya memang memukau karena berbentuk cekukan seperti terlindung batu karang.

Para wisatawan yang datang ke sana juga bisa menikmati ikan siap saji atau emmbeli oleh-oleh hasil tangkapan nelayan. Di Pantai Ngrenegehan ini, terdapat banyak kapal bersandar.

·  Pantai Somadeng

Pantai Somadeng memang istimewa. Memiliki daya tarik tersendiri yaitu pantai surut di mana bisa mendapat batuan karang yang ditumbuhi banyak rumput laut dan biota laut lainnya.

Pantai Somadeng ini terletak di Desa Tepus, Kelurahan tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Jika kamu mengunjungi Pantai indrayanti, jangan lupa mampir ke Pantai Somandeng karena dekat dan tak terlalu banyak dikunjungi orang.

Pantai Somandeng menjadi salah satu pilihan pantai di Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur.

·  Pantai Nguyahan

Apa keistimewaan pantai Nguyahan ? Pantai Nguyahan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul. Pantai yang terletak sekitar 500 meter dari Pantai ngrengehan ini dan berdampingan dengan Pantai Ngobaran ini memang menyimpan keindahan yang unik.

Setiap air laut surut, beberapa ibu-ibu mengumpulkan suket pakis yang ada di karang-karang. Sangat cocok untuk kamu yang hobi fotografi. Mau air laut pasang atau air laut surut. Kamu tetap bisa menikmati keindahan Pantai Nguyahan.

·  Pantai Ngandong

Pantai Ngandong dilengkapi butiran pasir putih yang candtik. Letaknya ada di Desa Sidoarjo, Kecamatan tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Ngandong berdekatan dengan Pantai Siung Pantai Ngandong dilengkapi perbukitan karst yang indah. Pantai Ngandong berhadapan dengan Samudera Hindia.

·  Pantai Samas

Pantai Samas yang unik terletak di Desa Sri Gading, Sanden, Bantul. Pantai Samas memiliki keunikan dan keistimewan yaitu ombak besar dengan delta sungai yang membentuk danau air tawar berbentuk telaga. Pantai Samas digunakan untuk pengemabngan penyu dan udang galah.

·  Pantai Siung

Pantai Siung letaknya 70 kilometer dari Kota Yogyakarta. Menuju Pantai Siung memang butuh kesabaran. Jalan yang menanjak, tikungan tajam, dan matahari yang terik mewajibkan kamu melewati jalan yang dikelilingi perbukitan kapur dan ladang palawija.

Tapi setelah samapai di Pantai Siung kamu akan berdecak kagum dengan keindahannya. Pantai Siung ini juga digunakan untuk olahraga panjat tebing. Terdapat camp-camp yang dimanfaatkan untuk emndirikan tenda yang muat 10-15 orang.

·  Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru terletak di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten BAntul. Pantai di Jogja yang satu ini memiliki jenis pasir hitam dengan ombak yang cukup besar.

Ciri khas Pantai Kuwaru yaitu pohon cemara udang yang banyak di sepanjang pantai. Sehingga membuat pantai tidak terlalu panas. Selain keindahan pantai dan pohon cemaranya.

Pantai Kuwaru juga menyuguhkan warung-warung yang dibangun warga sekitar. Kamu bisa makan seafood sepuasnya mencoba berbagai macam makanan seperti saus tiram, goreng tepung, ikan bakar, lombok ijo dan lain-lain.

·  Pantai Pantehan. 

Pantai Pantehan merupakan pantai yang letaknya di kabupaten Bantul. Pantai ini memiliki menara mercusuar dengan ketinggian sekitar 40 meter.

Pantai Pantehan/ Pantai pandansari bisa ditempuh selama 45 menit dari Kota Yogyakarta. Pantai Pantehan letaknya berderet dnegan Pantai Samas-Pandansari-Kuwaru, dan Pandansimo.

·  Pantai Trisik

Pantai Trisik merupakan pantai yang memiliki suasana lain dari pantai biasanya. Kamu bisa menemukan pantai dengan suasana pedesaan dan melihat aktivitas warga yang bertumpu pada pemanfaatan wilayah dan ekayaan laut.

Di Pantai Trisik terdapat pelelangan ikan dan menjadi nelayan merupakan profesi utama penduduk yang tinggal di sekitar Pantai trisik.

·  Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di Kabupaten Kulon Progo. Menuju pantai di Jogja yang satu ini cukup mudah karena hanya melewati jalan Jogja-Wates dan belok kiri kemudian menuju arah sesuai petunjuk.Pantai Glagah memiliki hamparan pasir besi dan terdapat laguna yang menjadi wisata tirta di sana.

·  Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara ini berlokasi di Dusun Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul. Keistimewaan pantai Goa Cemara yaitu terdapat rerimbunan pohon cemara yang membentuk seperti payung. Dimana jika dilihat dari kejauhan seperti goa.

jajaran khas pohon cemara ini memang lebat dan eksotis serta menunjukkan ciri khas pantai. Untuk menuju Pantai Goa Cemara pengunjung bisa melewati gundukan pasir terlebih dahulu.Biasanya Pantai Goa Cemara memang cocok untuk piknik atau berlibur bersama keluarga.

Selain itu ada pula yang melakukan outbond atau camping. Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk atau retribusi jika mengunjungi pantai ini.

·  Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti letaknya bersebelahan dengan Pantai Sundak. Terletak diDesa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupatan Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Indrayanti bisa ditempuh dalam waktu dua jam dari kota Yogyakarta atau sekitar 70 kilometer.

Keunikan Pantai Indrayanti yaitu dari pasir putih yang terhampar sepanjang 250 meter. Pantai ini memiliki batu karang yang cukup besar dan tentu saja pemandangan menawan.

Itu tadi daftar pantai di Jogja yang bisa kamu jadikan alternatif liburan bersama semarholiday. Selamat berwisata ke Yogyakarta.