Dunia Bisnis

burug-kolibri
Informasi

Inilah Keistimewaan Burung Kolibri Yang Wajib Diketahui

Bagaimana Kolibri Merasakan Pergerakan Saat Melayang-layang – otak penginderaan pergerakan visual yang diketemukan di semua vertebrata berkaki empat menampilkan karakter unik pada kolibri Anna.

Apa itu Kolibri?

Kolibri berlaku hoverer yang efektif, meredam badan mereka pada udara memakai pergerakan maju dan mundur yang cepat. Kecuali kekuatannya yang unik untuk melayang-layang, avians imut adalah salah satu burung yang dijumpai bisa terbang ke semua arah, naik ke samping.

Kelebihan Otak Burung Kolibri

Otak burung kolibri tampaknya sudah menyesuaikan diri dengan kekuatan terbang ini, begitu diperlihatkan oleh beberapa peneliti. Menurut sebuah riset yang diedarkan ini hari (5 Januari) di Current Biology, tempat otak yang paling terkonservasi – lentiformis mesencephali (LM), yang terima info gerak visual pemandangan langsung dari retina – mengolah gerakan objek dari semua arah. Kebetulan, LM spesies burung lain dan semua vertebrata berkaki empat yang lain yang didalami sampai sekarang ini sejumlah besar rasakan pergerakan dari belakang ke depan.

jenis-kolibri

Sesaat saya sudah memperkirakan neuron di daerah otak burung kolibri ini akan bergerak lamban, mereka malah mengalami kebalikannya: neuron LM peka pada pergerakan visual cepat, kemungkinan sebab burung kolibri harus mengolah dan memberi respon lingkungan mereka secara cepat untuk menghindar tubrukan. , baik saat melayang-layang atau dalam model penerbangan lainnya.

“Sisi otak kuno yang didalami penulis ini mempunyai satu pekerjaan: bergerak cepat bergerak di muka mata,” Michael Ibbotson, pakar saraf di University of Melbourne yang menulis editorial yang menyertainya tapi tidak turut serta dalam riset. Hasil riset ini jika “burung kolibri meningkatkan tempat otak ini mempunyai kontrol motorik lembut agar melayang-layang dan menggerakkan ke semua arah yang memungkinkannya,” kata Ibbotson. Nah untuk kalian yang ingin mendapat info lengkap seputar jenis burung-burung kicauan lainnya – silahkan kunjungi website: SuhuKicau.Com

Analisa Dan Riset Tentang Kolibri

“Beberapa penulis jika LM burung kolibri yang berisi neuron yang berasal dari sebagian besar arah pergerakan, berlawanan dengan anggapan awalnya, dan yang tentu saja harus terkait dengan masalah tertentu dari manuver terbang burung ini,” Gonzalo Marin, yang pandangan burung di Kampus Chile di Santiago dan tidak turut serta dalam pekerjaan itu, catat dalam e-mail ke The Scientist.

Dalam studi anatomi tahun 2007, beberapa periset di University of Alberta di Kanada jika LM dari burung kolibri secara seimbang lebih besar dibandingkan dengan daerah otak yang serupa pada spesies burung lainnya. “Yang mengagumkan mengenai pembesaran ini adalah jika ini adalah daerah yang mempunyai fungsi-fungsi yang paling fundamental dan kami biasanya tidak memandang daerah yang paling terkonservasi semacam ini mempunyai ukuran yang paling beragam di semua spesies,” kata Andrew Iwaniuk, salah satunya penulis di study anatomi yang saat ini ada di Kampus Lethbridge di Kanada tapi tidak turut serta dalam pekerjaan terkini.

Untuk membantu peran LM pada burung kolibri, rekanan penulis studi Andrea Gaede, seorang rekanan postdoctoral di laboratorium Douglas Altshuler di University of British Columbia, Kanada, dan partnernya menulis rutinitas neuron LM dari 6 kolibri Anna (Calypte anna) dan 10 zebra. kutilang (Taeniopygia guttata) avians sewaktu-waktu yang dibius dipertunjukkan beberapa ratus titik 2-D yang bergerak serentak di monitor. Tim Gaede memperbandingkan data itu dengan info yang dibuat dari kajian tentang merpati (Columba livia domestica).

Beberapa periset menjelaskan burung pada beberapa titik bergerak dalam delapan arah berlainan setiap sepanjang lima detik, opsi arah neuron LM aktif. Mereka selanjutnya mengetes apa neuron memberi respon pergerakan yang lambat atau cepat, baik menuju yang mereka gemari atau menuju yang berlawanan.

Tim menemukan jika sejumlah besar neuron LM merpati dan zebra finch secara spontan ditembakkan saat sektor itu bekerja maju dan terhalang saat sektor titik bergerak mundur. Pada burung kolibri, neuron LM tereksitasi oleh pergerakan ke satu arah, tetapi arah itu bisa saja dari delapan yang dites, terang Gaede. Beberapa periset menemukan jika 80% dari neuron LM burung kolibri yang memberi respons pergerakan visual yang cepat.

“Sebagai pakar biologi komparatif, saya berpikir benar-benar bagus jika seorang tindak lanjuti studi anatomi yang saya kerjakan dan betul-betul, jika fisiologi memberikan dukungan anatomi,” kata Iwaniuk.

“Burung kolibri yang mempunyai pembesaran besar pada LM yang berkaitan dengan kenaikan kekuatan untuk melihat pergerakan global. Beberapa sel LM ini untuk bekerja pada vertebrata lain, tapi pada kolibri, neuron ini responsif pada pergerakan ke semua arah,” tambahnya. “Bila Anda memikir mengenai penerbangan burung kolibri, ini benar-benar logis, karena Anda mempunyai hewan yang mengapung pada udara secara sama dengan ikan yang berenang di udara.”

Gaede menjelaskan teamnya seterusnya ingin pahami bagaimana otak burung kolibri mengolah info visual dan mengartikannya jadi keluaran motorik di tengah-tengah penerbangan. Rintangan teknisnya saat ini bergerak menyelidik neuron LM yang, hewan yang bergerak, ucapnya.