Inilah Cara Membuat Cappuccino Enak Seperti di Kafe

Inilah Cara Membuat Cappuccino Enak Seperti di Kafe

Apakah Anda ingin menikmati secangkir cappuccino tanpa harus repot-repot pergi ke kafe? Kabar baiknya, saat ini Anda bisa membuat cappuccino sendiri di rumah. Cara membuat cappuccino memang cukup sederhana, namun membutuhkan ketelitian dan ketekunan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Alat dan Bahan Membuat Cappuccino

Sebelum mulai membuat cappuccino, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Hal pertama yang cukup penting adalah biji kopi sesuai selera. Gunakan sekitar 18 hingga 20 gram kopi untuk setiap 60 ml air.

Selanjutnya, Anda juga membutuhkan timbangan dan penggiling kopi. Kopi yang segar hanya bisa dihadirkan dengan bahan yang segar. Oleh karena itu, lebih baik giling kopi secara langsung dari biji kopi sebelum membuatnya. Gunakan timbangan untuk mengukur rasio berat kopi dan takaran air yang dibutuhkan.

Kemudian, salah satu unsur yang wajib hadir untuk membuat cappuccino adalah susu sapi segar. Sangat direkomendasikan untuk memilih susu dari peternak lokal. Terakhir, Anda akan membutuhkan French press atau aero press untuk membuat espresso dan steamed milk.

Cara Membuat Cappuccino

Setelah memastikan seluruh bahan dan alat sudah tersedia, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Panaskan air

Pertama, panaskan air terlebih dahulu hingga mencapai suhu ideal pembuatan kopi, yakni antara 90-95 derajat celcius. Gunakan termometer untuk memastikan suhu tepat. Jika tidak memiliki termometer, cara mendapatkan suhu tersebut adalah dengan menunggu selama 1 menit setelah air mendidih.

  1. Membuat espresso

Berikutnya, buat espresso terlebih dahulu. Giling biji kopi seberat 18 gram dan masukkan ke alat pembuat espresso. Untuk 18 gram kopi, masukkan air sebanyak 60 ml. Alasan kenapa air yang digunakan sangat sedikit adalah karena akan membuat espresso atau saripati kopi. Setelah selesai, masukkan espresso ke cangkir saji.

  1. Membuat steamed milk

Langkah selanjutnya adalah membuat steamed milk. Cara membuatnya adalah dengan melakukan press 120 ml susu sapi menggunakan French press. Mungkin Anda akan membutuhkan sedikit tenaga untuk membuat susu mengeluarkan busa. Busa inilah yang akan memberikan tekstur nikmat saat menikmati cappuccino.

  1. Menuangkan susu

Terakhir, tuangkan susu panas tersebut ke dalam espresso yang sudah ditaruh di cangkir saji. Tuang dengan perlahan dan jangan terlalu penuh supaya susu tidak tumpah. Untuk menambahkan cita rasa, Anda bisa memberikan taburan cokelat bubuk di atasnya. Selain cokelat, Anda juga dapat menggunakan serutan kayu manis.

Itulah cara membuat cappuccino sendiri di rumah dengan mudah. Jika Anda sudah memiliki alat dan bahannya, maka proses pembuatan akan cukup mudah. Apabila masih belum mendapatkan rasa yang pas, Anda bisa memperbanyak latihan, baik itu saat membuat steamed milk, espresso, maupun dalam perbandingan kopi dan airnya.