Dunia Bisnis

Kesehatan

Ini Gejala Kanker Payudara yang Wajib Diwaspadai

Kanker payudara terbentuk ketika sel-sel tumbuh tidak normal dan tidak terkendali, terbentuk di jaringan lemak maupun di kelenjar susu (labulus) atau di saluran (duktus) yang mengalirkan air susu, kemudian sel ini membentuk tumor yang terasa seperti benjolan.

Menurut deherba.com terdapat gejala yang bisa menjadi indikasi pertumbuhan kanker payudara yang perlu diwaspadai khususnya oleh kaum wanita, yaitu sebagai berikut.

Gejala Kanker Payudara

Dengan mengetahui ciri-ciri gejala kanker payudara bisa mengantisipasi pertumbuhannya, juga sebagai indikasi awal agar anda bisa memeriksa ke dokter untuk penanganan lebih lalanjut.

1. Munculnya Beniolan Payudara

Gejala berupa benjolan di samping ketiak atau area payudara bisa menjadi indikasi kanker payudara. Apabila anda menemukan benjolan maka jangan panik, sebenarnya 9 dari 10 (90 persen) benjolan tersebut bersifat jinak atau non-kanker.

2. Rasa Nyeri pada Payudara

Timbulnya rasa nyeri pada payudara pada salah satu maupun keduanya, namun setelah beberapa saat hilang, apabila rasa nyeri tersebut muncul tanpa sebab yang jelas, maka kondisi ini sangatlah umum dan bisa saja terjadi gejala penyakit lainnya.

3. Payudara Terasa Panas dan Gatal

Apabila terjjadi penebalan dan perubahan warna warna kulit menjadi kemerahan disertai dengan rasa panas dan gayal, tidak menutup kemungkinan gejala ini peradangan lainnya, meskipun gejala ini sering dirasakan oleh penderita kanker payudara.

4. Keluar Cairan dari Puting Payudara

Apabila puting payudara mengeluarkan cairan yang mengandung darah, maka perlu diwaspadai karena bisa saja merupakan gejala kanker payudara, anda bisa memeriksakan ke dokter terkait untuk memastikan kondisi tersebut.

5. Perubahan Posisi Puting Payudara

Apabila puting payudara tertarik masuk ke dalam, maka perlu dicurigai sebagai gejalq kanker payudara tahap awal. Untuk memastikan kondisi tersebut, anda bisa memerikakan ke dokter terkait yang ahli di bidangnya.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Bagaimana cara mencegah kanker payudara? Dalam berbagai penelitian, bahwa gaya hidup bisa menurunkan risiko. Berikut langkah-langkah pencegahannya.

1. Tidak Merokok

Apabila anda seorang perokok, maka sebaiknya mulai berhenti atau hindari rokok merupakan cara terbaik dalam menjaga kesehatan, karena merokok bisa berkaitan dengan risiko kanker payudara.

2. Batasi Alkohol

Risiko konsumsi minuman beralkohol bisa memicu perkembangan kanker payudara, berdasarkan riset efek alkohol dapat meningkatkan risiko tersebut. Maka batasi minum alkohol, atau hindari untuk tidak konsumsi alkohol untuk kesehatan organ tubuh.

3. Kontrol Berat Badan

Obesitas bisa meningkatkan risiko kanker payudara, terutama bagi yang berusia lanjut atau setelah menopause. Maka sebaiknya kontol berat badan dengan berolahraga dan makan makanan yang sehat.

4. Obat Herbal

Dalam upaya mencegah bibit kanker payudara bertumbuh, bisa konsumsi herbal alami seperti Sarang Semut Papua, sebagaimana di rekomendasikna oleh deherba.com

Deherba.com merupakan layanan penyedia informasi dan produk herbal yang sudah ada hampir 10 tahun, bisa dijadikan referensi dan pengalaman untuk mendapatkan herbal yang tepat. Semoga beamfaat.